Akses Transjakarta Gratis dengan Kartu Jakcard Combo dan TJ Card: Siapa yang Berhak?

Transjakarta, sebagai salah satu moda transportasi umum yang paling populer di Jakarta, terus berusaha untuk memberikan kemudahan akses bagi warga Jakarta. Salah satu upaya dalam memberikan kemudahan akses adalah melalui program Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta, yang lebih dikenal dengan TJ Card. TJ Card adalah fasilitas gratis yang diberikan kepada sejumlah golongan tertentu agar mereka dapat mengakses layanan Transjakarta tanpa biaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih lanjut tentang siapa saja yang berhak mendapatkan akses Transjakarta gratis dengan Kartu Jakcard Combo dan TJ Card.

Tujuan Program Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta

Program Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta memiliki tujuan utama untuk memberikan kemudahan akses kepada sejumlah golongan warga Jakarta agar mereka dapat mengakses layanan Transjakarta tanpa harus membayar biaya perjalanan.

Ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan transportasi umum bagi warganya.

Melalui program ini, Transjakarta ingin mengurangi hambatan finansial yang mungkin dihadapi oleh sejumlah golongan masyarakat yang memerlukan akses transportasi umum.

Dengan memberikan akses gratis, diharapkan mereka dapat lebih mudah mengakses berbagai fasilitas dan layanan yang ada di Jakarta, termasuk kebutuhan sehari-hari seperti bepergian ke tempat kerja, bersekolah, atau mengunjungi fasilitas kesehatan.

Siapa yang Berhak Mendapatkan Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta?

Akses Transjakarta Gratis dengan Kartu Jakcard Combo dan TJ Card: Siapa yang Berhak?

Sesuai dengan Pergub Nomor 133 Tahun 2018, ada beberapa kategori penerima yang berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta atau yang lebih dikenal dengan TJ Card.

Berikut adalah kategori penerima yang memiliki hak untuk mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pensiunan PNS Daerah: Kategori ini mencakup PNS dan mantan PNS yang bertugas di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.
  2. Tenaga Kontrak yang Bekerja di Pemerintah Daerah (Pemda): Tenaga kontrak yang bekerja di instansi Pemerintah Daerah DKI Jakarta juga memiliki hak untuk mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  3. Peserta Didik Penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP): Para siswa dan siswi yang menjadi penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) juga termasuk dalam golongan yang berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  4. Karyawan Swasta Tertentu: Beberapa karyawan swasta yang telah ditentukan oleh aturan tertentu juga bisa mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta. Persyaratan dan ketentuan khusus berlaku untuk golongan ini.
  5. Penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa: Warga yang tinggal di rumah susun sederhana sewa yang ditunjuk oleh Pemerintah DKI Jakarta juga termasuk dalam kategori penerima Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  6. Penduduk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu: Warga yang tinggal di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan memenuhi persyaratan tertentu dapat mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  7. Penerima Beras Keluarga Sejahtera di Jabodetabek: Golongan ini mencakup penerima beras keluarga sejahtera yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
  8. Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Kepolisian Republik Indonesia (POLRI): Anggota TNI dan POLRI yang berdinas di DKI Jakarta berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  9. Veteran Republik Indonesia: Para veteran Republik Indonesia juga memiliki hak untuk mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  10. Penyandang Disabilitas: Penyandang disabilitas yang memerlukan akses transportasi umum untuk berpergian juga berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  11. Penduduk Lanjut Usia (Lansia): Warga yang termasuk dalam kategori lansia atau usia lanjut juga berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  12. Marbot atau Pengurus Masjid: Para marbot atau pengurus masjid yang bertugas di masjid-masjid di DKI Jakarta juga berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  13. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Pendidik dan tenaga kependidikan yang bekerja di PAUD di DKI Jakarta memiliki hak untuk mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  14. Juru Pemantau Jentik (Jumantik): Para juru pemantau jentik yang bertugas dalam program pencegahan penyakit demam berdarah juga berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
  15. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga: Anggota tim penggerak yang bertugas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga juga memiliki hak untuk mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.
BACA JUGA :  Sahabat TiJe, mulai Senin, 14 Maret 2022, layanan Transjakarta kembali menyesuai...

Baca Juga: Apakah Bisa Naik Transjakarta Busway 1 Kartu Untuk 2 Orang?

Persyaratan Pendaftaran Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta

Untuk dapat mendaftar dan mendapatkan Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta, warga yang termasuk dalam salah satu dari kategori penerima di atas perlu memenuhi persyaratan tertentu sesuai dengan jenis pendaftaran yang dilakukan.

Berikut adalah persyaratan untuk setiap jenis pendaftaran:

1. Pendaftaran Baru

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Pas foto
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Dokumen pendukung sesuai dengan kategori penerima masing-masing.

2. Penggantian Kartu Hilang

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Pas foto
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat kehilangan dari pihak kepolisian
  • Dokumen pendukung sesuai dengan kategori penerima masing-masing.

3. Penggantian Kartu Rusak

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Pas foto
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Unggah kartu rusak dari kategori penerima masing-masing
  • Dokumen pendukung sesuai dengan kategori penerima masing-masing.

Pastikan bahwa dokumen pendukung yang dibutuhkan telah lengkap sesuai dengan kategori penerima yang Anda masukkan pada formulir pendaftaran.

Kegagalan dalam melengkapi dokumen-dokumen tersebut dapat menghambat proses pendaftaran Anda.

Baca Juga: Peta Rute Royaltrans Transjakarta Terbaru

Proses Pendaftaran Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta

Pendaftaran Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta dapat dilakukan secara online melalui laman resmi klg.transjakarta.co.id. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Buka laman klg.transjakarta.co.id.
  2. Pilih opsi “Pembuatan Kartu Baru,” “Penggantian Kartu Rusak,” atau “Penggantian Kartu Hilang.”
  3. Unggah dokumen atau berkas yang diminta.
  4. Klik ‘verifikasi dokumen’.
  5. Isi data pada form pendaftaran.
  6. Klik ‘selanjutnya’.
  7. Periksa kembali data yang telah diisi.
  8. Jika sudah benar, klik ‘ajukan permintaan’.
  9. Transjakarta akan memverifikasi data Anda dan memberitahukan tempat pengambilan TJ Card melalui nomor handphone yang telah Anda berikan.

Baca Juga: Bus Wisata Gratis Jakarta Explorer: Rute, Jalur, Jadwal

BACA JUGA :  Sahabat TiJe, yuk bantu Transjakarta untuk meningkatkan pelayanannya dengan meng...

Kartu Jakcard Combo: Kombinasi untuk Kemudahan

 

Selain Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta atau TJ Card, ada juga Kartu Jakcard Combo yang dapat digunakan untuk akses Transjakarta.

Kartu Jakcard Combo adalah kartu pintar yang memiliki beberapa fungsi, termasuk sebagai alat pembayaran dalam sistem Transjakarta.

Kartu Jakcard Combo dapat diisi dengan saldo uang elektronik sehingga memungkinkan pengguna untuk membayar biaya perjalanan Transjakarta secara mudah dan efisien.

Selain itu, Kartu Jakcard Combo juga dapat digunakan sebagai kartu identifikasi.

Manfaat Kartu Jakcard Combo

Kartu Jakcard Combo memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  1. Menggantikan Uang Tunai: Dengan menggunakan Kartu Jakcard Combo, pengguna tidak perlu membawa uang tunai saat menggunakan layanan Transjakarta. Mereka dapat mengisi saldo kartu dan menggunakan kartu tersebut untuk membayar biaya perjalanan.
  2. Menghindari Antrian: Pengguna Kartu Jakcard Combo dapat langsung mengakses kendaraan Transjakarta tanpa harus mengantri untuk membeli tiket di mesin tiket. Ini dapat menghemat waktu dan membuat perjalanan lebih efisien.
  3. Mudah Diisi Ulang: Kartu Jakcard Combo dapat diisi ulang dengan saldo uang elektronik di berbagai lokasi yang telah ditentukan, termasuk minimarket, stasiun, dan lokasi-lokasi lainnya.
  4. Identifikasi Pengguna: Kartu Jakcard Combo juga dapat digunakan sebagai kartu identifikasi yang menampilkan foto pengguna. Ini dapat membantu petugas Transjakarta dalam memverifikasi identitas penumpang.

Kombinasi TJ Card dan Kartu Jakcard Combo

Beberapa kategori penerima Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta dapat menggunakan Kartu Jakcard Combo sebagai sarana pembayaran mereka.

Dengan begitu, mereka dapat mengakses layanan Transjakarta secara gratis sesuai dengan program KLG dan menggunakan Kartu Jakcard Combo untuk membayar perjalanan mereka.

Kombinasi ini memberikan fleksibilitas bagi para penerima KLG untuk memanfaatkan fasilitas Transjakarta dengan lebih nyaman.

BACA JUGA :  Sahabat TiJe, mulai Selasa, 17 Mei 2022 terdapat perubahan Layanan Rute di Halte...

Mereka dapat mengisi saldo Kartu Jakcard Combo mereka dan menggunakan kartu tersebut sesuai kebutuhan, sementara akses gratis Transjakarta tetap terjaga.

Kesimpulan

Program Kartu Layanan Gratis (KLG) Transjakarta adalah inisiatif yang penting dalam upaya meningkatkan akses transportasi umum bagi warga Jakarta.

Dengan memberikan akses gratis kepada sejumlah golongan masyarakat, Transjakarta berusaha untuk mengurangi hambatan finansial dalam menggunakan transportasi umum.

Saat ini, terdapat 15 kategori penerima yang berhak mendapatkan Kartu Layanan Gratis Transjakarta.

Persyaratan pendaftaran meliputi dokumen-dokumen seperti KTP, pas foto, Kartu Keluarga (KK), serta dokumen pendukung sesuai dengan kategori masing-masing.

Selain itu, ada juga Kartu Jakcard Combo yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam sistem Transjakarta.

Kartu Jakcard Combo memiliki berbagai manfaat, termasuk menggantikan uang tunai, menghindari antrian, mudah diisi ulang, dan berfungsi sebagai kartu identifikasi.

Kombinasi antara TJ Card dari program KLG dan Kartu Jakcard Combo memberikan fleksibilitas kepada para penerima KLG untuk mengakses layanan Transjakarta dengan lebih nyaman.

Mereka dapat menggunakan Kartu Jakcard Combo untuk membayar perjalanan mereka sementara tetap dapat mengakses Transjakarta secara gratis sesuai dengan program KLG.

Ini adalah salah satu upaya konkret Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung penggunaan transportasi umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi demi menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi kemacetan di ibu kota.

Dengan program seperti ini, diharapkan warga Jakarta akan semakin tertarik untuk menggunakan layanan Transjakarta dalam kegiatan sehari-hari mereka.