Bangunan Kantor Pusat NISM #Railfriends tahukah kalian bahwa Gedung Lawang Sewu…


   

Bangunan Kantor Pusat NISM

#Railfriends tahukah kalian bahwa Gedung Lawang Sewu yg menjadi salah satu bangunan berserjarah ikonik di Kota Semarang, dulunya adalah kantor pusat Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Proses perancangan Hoofdkantoor (kantor pusat) NISM dipercayakan kepada Prof. Jakob F. Klinkhamer di Delft dan B. J. Oundag, seorang arsitek di Amsterdam. Menariknya, desain bangunan dilakukan di Amsterdam, baru kemudian gambar dibawa ke Semarang.

Pelaksanaan pembangunan dimulai pada 27 Februari 1904 dan rampung pada 1 Juli 1907. Bangunan awal yang didirikan adalah rumah penjaga, ruang percetakan serta bangunan utama. Pembangunan menggunakan bahan baku bermutu prima yang banyak dipesan khusus dari Eropa. Selain itu digunakan beberapa bahan baku lokal.

Salah satu material ikonik ialah kaca patri bergambar. Kaca tersebut ialah mahakarya yang dibuat di studi ‘t Prinsenhof di Delft, Belanda oleh seorang seniman yang bernama J. L. Schouten.

#TentangNISM
#SepurUAP
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan bagi Teman MRT yang menunaikan....