Bersama Tim Ahli JR East Jepang, MRT Jakarta Laksanakan Overhaul Jakarta. PT MR…


     

Bersama Tim Ahli JR East Jepang, MRT Jakarta Laksanakan Overhaul Jakarta.

PT MRT Jakarta (Perseroda) melaksanakan perawatan akhir (overhaul) kereta yang terdiri dari pemeriksaan dan perawatan menyeluruh sesuai dengan manual dan panduan dari Nippon Sharyo dan Sistem Prosedur Perawatan Sarana yang disahkan oleh Kementerian Perhubungan RI.

Perawatan akhir yang dilaksanakan secara rutin setiap empat tahun sekali ini meliputi pemeriksaan kondisi kereta seperti pembersihan dan pencucian serta pengetesan dan penggantian pelumas bogie, perawatan dan pengetesan sistem kelistrikan, serta pengecekan sistem pengereman. Ibaratnya, overhaul itu pekerjaan turun mesin yang membongkar dan memeriksa secara saksama.

Dalam melakukan perawatan akhir ini, tim pemeliharaan kereta mengikuti manual perawatan Nippon Sharyo yang terdiri dari 8.000 halaman dan dianalisis lalu disederhanakan oleh Tenaga Ahli dari operator JR East, Jepang menjadi dokumen 17 halaman yang menggambarkan jenis komponen kereta dan lebih dari 400 jenis pekerjaan yang harus dilakukan. Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), ini merupakan kegiatan overhaulpertama sekaligus transfer pengetahuan dan keterampilan bagi SDM PT MRT Jakarta (Perseroda).
 
Target tinggi hasil pekerjaan yang merujuk kepada kualitas standar JR East, Jepang, menjadi tantangan tersendiri bagi SDM PT MRT Jakarta (Perseroda) yang baru pertama kali mengerjakan pekerjaan overhaul kereta otomatis. Sistem mekanikal dan propulsi kereta otomatis ratangga secara umum mengacu kepada kereta di Jepang. Peralatan yang digunakan oleh tim perawatan kereta MRT Jakarta juga mengadopsi jenis peralatan workshop Moriya Depot Tsukuba Express. Penggunaannya, termasuk peralatan persinyalan otomatis, akan ada alih pengetahuan dan keterampilan dari tim JR East, Jepang.


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Teman MRT, yuk, kita kulineran malam di sekitar Stasiun MRT Jakarta. Kulineran m...