Double-double track (DDT) marupakan program strategis pemerintah untuk membangun…


 

Double-double track (DDT) marupakan program strategis pemerintah untuk membangun prasarana perkeretaapian lebih baik. Saat ini pekerjaan DDT masih terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan @kemenhub151 dan DJKA @ditjenperkeretaapian termasuk salah satunya dengan pembangunan Stasiun Manggarai.

Pembangunan Stasiun Manggarai yang kedepannya akan menjadi Stasiun Sentral ini telah berlangsung dari Switch Over (SO) Pertama pada tahun 2017 hingga SO Kelima di bulan Mei 2022. Pembangunan ini masih akan terus dilanjutkan hingga tahap akhir yang rencananya akan selesai pada tahun 2023.

Pembangunan DDT dan Stasiun Manggarai ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas angkut kereta dengan mengutamakan keselamatan perjalanan kereta. Kapasitas angkut bisa meningkat dengan menambah kecepatan KRL sehingga mempersingkat headway antar kereta. Selain itu dengan adanya modernisasi prasarana dan persinyalan kereta api yang lebih baik, masyarakat bisa lebih banyak menggunakan transportasi publik khususnya KRL.

Hal ini juga selaras dengan yang dilakukan oleh KAI Commuter dengan selalu menambah jumlah perjalanan. Pada tahun 2017 jumlah perjalanan KRL masih 926 per hari sedangkan saat ini mencapai 1.081 pada hari Senin-Jumat dan 1.051 pada hari Sabtu/Minggu/Hari Libur. Semakin bertambahnya jumlah perjalanan sebanding dengan meningkatnya volume pelayanan pengguna KRL mulai awal masa pandemi hingga bulan Juni 2022 ini yang sudah mencapai 615 ribu – 670 ribu lebih pengguna tiap harinya.

SO Kelima merubah pola pelayanan operasi KRL di Stasiun Manggarai, dimana KRL Lin Bogor hanya menuju Jakarta Kota sedangkan Lin Bekasi memiliki dua pola operasi yaitu half racket dan full racket.

Perlahan #RekanCommuters dapat beradaptasi dengan perubahan pola tersebut dan membentuk budaya baru yaitu transit. Sesuai dengan infografis diatas perbandingan volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai meningkat setelah adanya SO Kelima.

BACA JUGA :  Perubahan Masa Berlaku Hasil Negatif Tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen untuk Nai...

KAI Commuter akan selalu melakukan evaluasi layanan menjadi lebih baik dan berharap #RekanCommuters dapat bersabar karena yang dilakukan oleh pemerintah dengan pembangunan DDT dan Stasiun Manggarai ini untuk tujuan yang lebih besar kedepannya.

#KAICommuter


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source