Gema proklamasi turut mempengaruhi para insan perkeretaapian. Salah satunya B.S …


 

Gema proklamasi turut mempengaruhi para insan perkeretaapian. Salah satunya B.S Anwir seorang siswa angkatan pertama Chuo Kyo Shu Sho (sekolah tinggi kereta api yang didirikan jepang dibandung) ia kemudian ditugaskan untuk mengabarkan berita kesuksesan pengambilan perkeretaapian di
Jakarta.

Dimulai dari Jakarta 4 September 1945

Kantor Seibu Kyoku (Eksploitasi Barat) yang terletak di Stasiun Jakarta Kota dapat dikuasai tanpa ada perlawanan. Selanjutnya dilakukan pengambilalihan di semua stasiun, dipo lokomotif, dipo kereta, dan kantor-kantor di sekitaran Jakarta.

Kemudian Semarang 10 September 1945

Lawang Sewu sebagai Kantor Eksploitasi Tengah (Chubu Kyoku) berhasil diambil alih pemuda kereta api bersama Komite Perjuangan yang dipimpin oleh Prawitokoesoemo. Tanggal 10 September 1945 bendera merah putih dapat berkibar di Lawangq Sewu. Dengan teriakan “Merdeka!!” bendera merah putih dijaga siang dan malam.

Diakhiri disurabaya 30 september 1945

Peristiwa Penyobekan bendera di hotel Yamato tanggal 19 Septer 1945 menyulutkan semangat pengambilalihan Kantor Eksploitasi Timur. Tanggal 30 September 1945 pemerintah daerah dan pemuda kereta api yang dipimpin Roeslan Abdul Gani dan Moeljono berhasil mengambil alih kantor inspeksi, stasiun, bengkel, gudang, dipo lokomotif, dan dipo bengkel.

#HUT77KAI
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2024.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  LRT JABODEBEKRailfriends sudah tahukah kalian apakah itu LRT? Ya betul LRT me...