Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bojonggede

Berikut ini adalah informasi jadwal kereta KRL Commuterline dari Stasiun Bojonggede terbaru hari ini di May 2024 beserta info penting lainnya.

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bojonggede Terbaru Hari Ini May 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bojonggede

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Duri Tangerang Hari Ini Terbaru

Stasiun Bojonggede: Mengenal Lebih Dekat

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bojonggede Terbaru Hari Ini May 2024

Stasiun Bojonggede (BJD) merupakan salah satu stasiun kereta api yang memiliki peran penting dalam sistem transportasi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang informasi, jadwal KRL Commuter Line, tata letak, antarmoda pendukung, serta insiden-insiden yang pernah terjadi di Stasiun Bojonggede.

Informasi Umum

Stasiun Bojonggede terletak di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan ketinggian 140 meter di atas permukaan laut, stasiun ini merupakan salah satu stasiun kereta api kelas besar tipe C. Stasiun ini melayani layanan kereta api komuter Commuter Line dengan jarak 42,8 km arah selatan dari Jakarta Kota. Sebagai catatan, Stasiun Bojonggede menjadi salah satu stasiun yang paling padat saat pagi maupun sore hari dikarenakan banyaknya penglaju yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Hal ini sering kali menyebabkan KRL menjadi penuh sesak saat berhenti di stasiun ini.

Pembangunan Skybridge

Pada tanggal 19 April 2022, Kementerian Perhubungan melaksanakan pekerjaan fisik proyek pembangunan skybridge. Skybridge ini bertujuan untuk menghubungkan Stasiun Bojonggede dengan terminal tipe C Bojong Gede yang berada 400 meter di barat laut stasiun ini. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara stasiun kereta api dengan terminal angkutan umum, sehingga memudahkan akses bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lainnya.

Tata Letak Stasiun Bojonggede

Tata Letak Stasiun Bojonggede

Stasiun Bojonggede memiliki dua jalur kereta api. Sejak tahun 2015, peron stasiun ini diperpanjang agar dapat memuat rangkaian KRL 12 kereta. Perpanjangan peron ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas pelayanan stasiun dan menyesuaikan dengan kebutuhan penumpang yang semakin meningkat.

Peran Stasiun Sebelumnya

Sebelum menjadi Stasiun Bojonggede, stasiun ini adalah bagian dari jalur Commuter Line Bogor yang terletak antara Stasiun Citayam dan Stasiun Cilebut. Dengan demikian, Stasiun Bojonggede memiliki sejarah yang panjang sebagai bagian dari sistem transportasi kereta api di wilayah Bogor.

BACA JUGA :  Jadwal KRL Bekasi Cikarang Commuterline Hari Ini Terbaru!

Antarmoda Pendukung

Stasiun Bojonggede didukung oleh berbagai jenis angkutan umum yang membantu menghubungkan stasiun dengan berbagai tujuan di sekitarnya. Beberapa trayek angkutan kota yang beroperasi di sekitar Stasiun Bojonggede antara lain:

  • Angkutan kota D-05: Trayek Depok–Bojonggede
  • Angkutan kota F-07: Trayek Bojonggede–Pasar Anyar
  • Angkutan kota F-12: Trayek Bojonggede–Ciampea
  • Angkutan kota F-31: Trayek Bojonggede–Ciluar
  • Angkutan kota F-117: Trayek Bojonggede–Inkopad–Parung

Antarmoda pendukung ini memberikan pilihan transportasi yang lebih fleksibel bagi masyarakat yang menggunakan stasiun ini sebagai titik awal atau akhir perjalanan mereka.

Insiden yang Pernah Terjadi

Pada tanggal 21 November 2012, terjadi tanah longsor yang mengakibatkan jalur kereta api terputus di antara Stasiun Bojonggede dan Stasiun Cilebut. Akibatnya, Stasiun Bojonggede menjadi stasiun terakhir untuk perjalanan KRL tujuan Bogor. Jalur kereta api yang terkena longsor ini berhasil diperbaiki dalam waktu 8 hari, sehingga aktivitas perjalanan kereta api dapat kembali normal.

Kesimpulan

Stasiun Bojonggede merupakan salah satu stasiun kereta api yang memiliki peran strategis dalam sistem transportasi di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan layanan KRL Commuter Line dan infrastruktur yang terus dikembangkan, Stasiun Bojonggede terus menjadi pusat aktivitas transportasi bagi masyarakat setempat. Dengan dukungan antarmoda pendukung dan perhatian terhadap keamanan dan keselamatan, Stasiun Bojonggede siap melayani kebutuhan mobilitas masyarakat dengan lebih baik di masa mendatang.