Jenis Masker Aman Dipakai Naik Kereta Api Pada Masa Pandemi

Mau tahu nggak jenis masker aman dipakai naik Kereta Api pada masa pandemi? Yuk, pakai maskermu dengan benar selama naik kereta api Indonesia!

Karena masker menjadi alat pelindung diri atau APD yang paling penting dan paling murah di tengah wabah virus corona Covid-19. Menggunakan masker ketika naik kereta api jarak jauh juga bisa mencegah penyebaran virus Covid19.

Namun jika masker tidak digunakan secara benar tentu hal ini akan menjadi boomerang bagi kita nih Railfriends. Oleh karenanya ayo gunakan masker secara benar yakni menutup hidung hingga dagu serta pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.

Selain menggunakan masker dengan benar, WHO juga merekomendasikan jenis-jenis masker menurut efektivitasnya nih Railfriends. Yuk lanjut bacanya supaya kita tahu jenis masker apa saja bisa kita gunakan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Mau Tahu Jenis Masker Aman Dipakai Naik Kereta Api Pada Masa Pandemi? Simak!

Jenis Masker Aman Dipakai Naik Kereta Api Pada Masa Pandemi.

Inilah jenis-jenis masker berdasarkan tingkat efektivitasnya. Silahkan disimak dengan baik, agar kamu tidak salah memakai masker ketika bepergian, khususnya ketika naik kereta api Indonesia:

  • Masker N95 : Jenis Masker N95 ini memiliki tingkat efektivitas 95%-100%. Masker jenis ini merupakan jenis respirator, yang dinilai memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan masker bedah karena dapat menyaring partikel besar dan kecil saat digunakan.
  • Masker Bedah : Jenis Masker Bedah ini memiliki tingkat efektivitas 80%-95%, dan ini adalah salah satu jenis jenis masker aman dipakai naik Kereta Api. Masker bedah, adalah masker yang sering disebut sebagai masker medis. Masker ini umumnya hanya digunakan untuk sekali pakai, setelah dipakai langsung dibuang. Penggunaan masker bedah adalah untuk melindungi hidung dan mulut pemakainya dari kontak dengan tetesan, percikan, dan semprotan yang mungkin terpapar kuman.
  • Masker FFPI : Jenis Masker FFPI ini memiliki tingkat efektivitas 80%-95%. Dikenal juga sebagai masker bedah.
  • Masker Bahan 3 Lapis : Jenis Masker Bahan 3 Lapis ini memiliki tingkat efektivitas 50%-70%. Makser dengan bahan tiga lapis ini biasanya dibuat dari kain. Dibuat dengan menumpuk kain sampai sebanyak tiga lapisan. Meskipun penyaringannya tak sebagus masker kesehatan yang ada, namun ini adalah jenis masker aman dipakai naik Kereta Api. Dengan bahan yang relatif mudah ditemukan, efektivitas masker ini sampai 50-70 persen untuk menahan droplet cairan dari dalam mulut.
  • Masker Scuba/ Buff : Jenis Masker Scuba/ Buff ini memiliki tingkat efektivitas 0%-5%. Dibandingkan dengan beberapa masker jenis lainnya, ternyata masker scuba atau buff ini malah yang paling rendah efektivitasnya. Apalagi kalau hanya menggunakan satu lapis saja. Beberapa menyarankan kalau kamu menggunakan masker jenis ini, sebaiknya gunakan minimal 3 lapis. Atau sebaiknya menggunakan masker jenis lainnya.
BACA JUGA :  Mengenal PPJ, Sang Penjaga Keselamatan Perjalanan KA

Sekarang sudah tahu kan jenis masker aman dipakai naik Kereta Api pada masa pandemi? Yuk gunakan masker dengan benar dan hindari menggunakan masker yang efektifitasnya rendah dalam menangkal debu, virus, dan bakteri!