Kondektur Setelah minggu sebelumnya kita membahas Masinis dan Asisten Masinis,…


 

Kondektur

Setelah minggu sebelumnya kita membahas Masinis dan Asisten Masinis, kali ini kita akan membahas tentang Kondektur.

Kondektur adalah Awak Sarana Perkeretaapian yang ditugasi membantu masinis selama dalam perjalanan Kereta Api dan langsir serta melaksanakan pelayanan dan penertiban penumpang.

Selama bertugas pada perjalanan kereta api, Kondektur bertindak sebagai koordinator TKA, Petugas Pengamanan dan Petugas Lainnya.

Kondektur harus memiliki beberapa keterampilan diantaranya melakukan tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), mengoperasikan dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), melakukan anouncement dan keterampilan lainnya yang digunakan untuk berdinas.

Sebelum berdinas, Kondektur wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan asessment singkat untuk menerima surat keterangan kesehatan yang harus ditunjukkan kepada penyelia Kondektur atau KUPT Service On Train(SOT). Apabila hasilnya tidak memenuhi persyaratan maka akan diganti dengan Kondektur Cadangan.

Didalam perjalanan Kondektur wajib memeriksa kondisi, fungsi dan kelengkapan fasilitas KA. Kondektur juga wajib memastikan ketersediaan menu makanan diatas KA berdasarkan laporan Petugas Restorasi kereta yang didinasi.

Siapa yang mau jadi kondektur? tulis di kolom komentar ya #Railfriends!

#KeretaIlmu
#AwakSaranaPerkeretaapian
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan acara Festival...