Masinis dan Asisten Masinis Nah pada #KeretaIlmu edisi awak sarana perkeretaapi…


 

Masinis dan Asisten Masinis

Nah pada #KeretaIlmu edisi awak sarana perkeretaapian kali ini kita akan membahas tentang Masinis dan Asisten Masinis.

Masinis adalah Awak Sarana Perkeretaapian yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsir serta bertanggung jawab sebagai pemimpin dalam perjalanan kereta api.

Sedangkan Asisten Masinis adalah Awak Sarana Perkeretaapian yang ditugaskan untuk membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsir.

Nah masinis dan asisten masinis ini harus memiliki keterangan kecakapan yang dikeluarkan oleh pusdiklat KAI dan juga Sertifikat Kecakapan yang dikeluarkan oleh Dirjenka.

Sebelum berdinas, masinis dan asisten masinis diwajibkan mengisi daftar hadir, kemudian akan dites oleh penyelia masinis untuk melihat, membaca, memahami pengumuman dan instruksi. Tahap tersebut bukan sekadar formalitas, jika dinilai tak siap maka masinis akan diganti.

Selain itu diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan, asesmen pra dinas, pengecekan kondisi lokomotif dan mematuhi Standar Operasional Prosedur dalam pekerjaan.

Masinis dan Asmas diwajibkan mematuhi protokol kesehatan terlebih saat pandemi COVID-19 dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Suhu tubuh, tekanan darah sampai tes alkohol akan dilakukan oleh tim kesehatan. Tim kesehatan akan memberikan alat tiup yang bisa mengukur kadar alkohol dalam tubuh, presentasinya harus 0 (nol) kalau tidak maka tidak boleh berdinas.

Setelah dinyatakan aman, tim kesehatan akan memberikan surat keterangan sehat yang sudah dicap kepada masinis dan asisten masinis. Mereka harus kembali ke Penyelia Dinas untuk menunjukkannya. Para awak kabin KA harus menunjukkan kecakapan dengan penilaian singkat.

Ada perlengkapan yang harus dicek dan diberikan oleh Penyelia Dinas kepada masinis, yaitu arloji, suling mulut, serta senter. Setelah itu mereka menerima surat perintah perjalanan dinas dan O.100 atau tabel KA.

BACA JUGA :  Emang boleh ambil foto/video di MRT Jakarta?#MRTJakarta#UbahJakarta#Jelajahi...

Kemudian mereka harus ke dipo untuk mengambil lokomotif untuk melakukan pengecekan selanjutnya mesin lokomotif dihidupkan, atau melakukan pergantian masinis jika mereka adalah masinis pengganti. Setelah itu perjalanan pun dimulai.

#KeretaIlmu
#AwakSaranaPerkeretaapian


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source