Mengapa Surabaya-Pasuruan-Malang ? Minggu lalu #SepurUAP telah menceritakan sed…


   

Mengapa Surabaya-Pasuruan-Malang ?

Minggu lalu #SepurUAP telah menceritakan sedikit tentang Staatsspoorwegen, kali ini kita akan menceritakan kenapa Staatsspoorwegen memilih Surabaya-Pasuruan-Malang untuk dibangun jalur kereta api.

Pemilihan jalur Surabaya-Pasuruan-Malang bukan tanpa sebab. Wilayah tersebut merupakan daerah subur, banyak tersebar industri gula yang mulai berkembang pada paruh kedua abad ke-19. Selain itu di Surabaya terdapat pelabuhan potensial sebagai gerbang masuk Indonesia di wilayah timur Jawa.

Bahkan, awal tahun 1870-an terdapat beberapa pihak swasta yang berhasrat membangun jalur kereta api di Surabaya. Namun keinginan tersebut ditolak pemerintah.

Sejatinya, pemilihan Surabaya sudah direncanakan sejak tahun 1863. Lebih lanjut, akhir tahun 1874 rencana jalur ini diajukan dalam sidang Parlemen Belanda.

Pembangunan jalur Surabaya-Pasuruan-Malang yang kemudian dikenal dengan Oosterlijn (Lintas Timur) terbagi menjadi tiga seksi yakni: Surabaya-Gempol, Gempol-Bangil-Pasuruan, dan Bangil-Malang.

Foto oleh @dnsassy

#keretailmu
#Staatsspoorwegen
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

Originally posted 2020-11-18 23:30:56.

BACA JUGA :  InstaKAI: Ngobrol Bareng Railfans Cilik Sumatera Barat#Railfriends, siapa nih ...