Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menjadikan Jakarta ramah disabili…


 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menjadikan Jakarta ramah disabilitas, salah satunya dengan mendorong aksesibilitas fasilitas yang dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

MRT Jakarta didesain dengan konsep universal design, yang berarti dapat dengan mudah digunakan oleh siapapun, termasuk penumpang prioritas.

Sebelum memasuki stasiun, akses elevator/lift dapat menjadi pilihan bagi penyandang disabilitas. Blok taktil telah disediakan untuk memandu tuna netra menuju pintu masuk. Petugas pun sudah tersedia di setiap pintu masuk untuk memberikan bantuan apabila dibutuhkan.

Di area beranda peron (concourse), pintu penumpang berukuran lebar 90 sentimeter juga tersedia bagi pengguna kursi roda atau penumpang dengan kereta bayi. Pintu ini juga dapat digunakan oleh pesepeda. Toilet khusus juga telah disediakan bagi pengguna kursi roda.

Segala kemudahan bagi disabilitas ini, sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas. Dalam peraturan tersebut, Pemprov DKI Jakarta meminta para pemilik maupun pengembang untuk menyediakan fasilitas dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Aturan ini berlaku bagi setiap gedung yang diperuntukkan untuk kepentingan umum.

Dengan begitu, diharapkan penyandang disabilitas mendapatkan haknya dalam menggunakan sarana transportasi di Provinsi DKI Jakarta, sehingga impian Jakarta sebagai Kota Ramah Disabilitas, bukanlah isapan jempol belaka.

@aniesbaswedan
@arizapatria
@marullamatali.real
@dkijakarta

#dinsosdki #dkijakarta #jaki

 


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Terima kasih atas partisipasi Travelers dalam program Uji Coba KAI Bandara Premi...