Platform screen doors (PSD) atau pintu tepi peron adalah partisi pembatas antara…


       

Platform screen doors (PSD) atau pintu tepi peron adalah partisi pembatas antara area peron penumpang dan jalur rel kereta. Pemasangan pintu tepi peron bertujuan agar mencegah penumpang terjatuh ke area rel kereta, mencegah kereta terlambat akibat insiden keselamatan, mengurangi biaya penggunaan energi yang disebabkan oleh proses mendinginkan terowongan bawah tanah, dan mengurangi kebutuhan staf stasiun serta awak kereta yang lebih banyak.

MRT Jakarta menggunakan dua jenis pintu tepi peron, yaitu full height untuk stasiun bawah tanah dan half height untuk stasiun layang. Di partisi pembatas ini, terdapat pintu geser otomatis (automatic sliding door) yang digunakan sebagai akses masuk dan keluar penumpang dari kereta, pintu darurat (emergency door), dan pintu keluar masuk masinis (driver swing doors).

Terdapat tiga jenis pemeliharaan pintu tepi peron ini, yaitu predictive maintenance yang dilakukan secara visual oleh petugas terkait dan dilaksanakan pada saat waktu operasional, preventive maintenance yang bersifat dua mingguan meliputi pembersihan (cleaning), pengencangan (tightening), penyesuaian (adjusting), dan tes fungsi (functional test) yang dilakukan di luar waktu operasional kereta, serta corrective maintenanceyang merupakan kegiatan perbaikan alat maupun sistem dengan kegiatan seperti penyesuaian perangkat lunak maupun mekanik atau penggantian suku cadang apabila diperlukan.

Sebagai teknologi baru di Indonesia, tim perawatan MRT Jakarta mendapatkan sejumlah pelatihan dan benchmarking ke operator kereta otomatis lainnya di luar negeri, yaitu JR East Jepang, serta pelatihan teori dan praktik oleh penyedia teknologi ini. Penggunaan sistem pintu tepi peron di MRT Jakarta ini telah mendapatkan penghargaan dari International Innovation Awards 2019 di Singapura dalam kategori service and solution karena dianggap mampu mendorong budaya disiplin antre, tertib, menjaga keamanan penumpang, dan mendorong efisiensi energi di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

BACA JUGA :  Sepekan Terapkan Aturan Baru, Pelanggan KAI Patuhi Protokol KesehatanSelama se...

#MRTJakarta
#UbahJakarta


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source