Puncak pengambilalihan sendiri terjadi di Bandung pada tanggal 28 September 1945…


 

Puncak pengambilalihan sendiri terjadi di Bandung pada tanggal 28 September 1945. Ditandai dengan direbutnya Gedung Hoofdbureau Staatssporwegen Bandung dari pendudukan jepang oleh ribuan pegawai kereta api. Gedung tersebut merupakan pusat perkeretaapian di Indonesia. Kini tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Jadi Kereta Api dan Gedung yang direbut itu kini menjadi kantor pusat KAI.

Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) adalah nama pertama PT Kereta Api Indonesia setelah pengambilalihan kekuasaan dari Pemerintahan Jepang.

Dua hari berselang pemimpin pegawai kereta api di Bandung mengadakan pertemuan, salah satu hasilnya adalah menetapkan nama perusahaan, yakni Djawatan Kereta Api Republik Indonesia. Mr. Suwahyo Sumodilogo diangkat sebagai ketua sementara. Melalui Maklumat Kementerian Perhubungan No. 1/KA tanggal 23 Januari 1946 ditetepakan struktur DKARI secara resmi oleh pemerintah dengan Ir. Juanda sebagai Kepala pertama DKARI.

#HUT77KAI
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2024.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Proses Hukum Pelaku Pelemparan Batu ke Kereta Api#Railfriends, KAI sangat meny...