Rel Kereta Api di Semarang Sejarah perkeretaapian di Semarang adalah contoh ny…


   

Rel Kereta Api di Semarang

Sejarah perkeretaapian di Semarang adalah contoh nyata bahwa swasta bisa berbisnis kereta api dengan meraih keuntungan besar. Nederlandsch Indische Spoorweg-Maatschappij (NIS) sebagai perusahaan kereta api yang terbentuk paling awal (1863) sudah membuktikannya. Meski tekor pada awal operasi, konsorsium perusahaan itu sudah meraup keuntungan mulai 1875, dua tahun sejak jalur kereta api Semarang-Solo-Yogyakarta tuntas tersambung. Cerita sukses NIS itulah yang membuat para pengusaha lain yang mulanya sempat ragu kini jadi bersemangat menginvestasikan modalnya pada usaha perkeretaapian di Jawa.

Seperti yang telah disampaikan dalam edisi sebelumnya, ada 3 perusahaan kereta api dan trem yang beroperasi di Semarang, yaitu NIS, SJS (Samarang Joana Stoomtram-Maatschappij), dan SCS (Semarang Cheribon Stoomtram-Maatschappij). Baik NIS, SJS, maupun SCS selain memiliki kereta-kereta uap juga mengoperasikan armada pengumpan/ feeder seperti gerobak sapi dan truk (sejak 1927) untuk menghubungkan kawasan perkebunan yang tidak terjangkau jalur rel. Angkutan pengumpan ini pun turut menghasilkan pemasukan tambahan yang lumayan banyak.

Adapun pembangunan jalur kereta api di Semarang masa kolonial terbagi dalam beberapa tahap, yaitu:
– Pembangunan jalur kereta api pertama 1864-1867 (Samarang–Tanggung);
– Pemasangan rel ke pelabuhan pada 1868 dan 1913;
– Perpanjangan rel dari stasiun lama Samarang ke Tawang beserta pembangunan stasiun baru Semarang NIS pada 1911-1914;
– Peningkatan jalur trem SCS dari arah barat Semarang menjadi jalur kereta api termasuk pemindahan stasiun utama dari Pendrian ke Semarang West (Poncol) pada 1914-1921;
– Peningkatan jalur trem NIS Semarang–Brumbung–Surabaya (Pasar Turi) menjadi jalur kereta api pada 1928;
– Penyambungan rel antara Stasiun Poncol dengan Semarang Tawang pada 1941.

#SepurUAP
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Surabaya-Pasuruan Terhubung Jalur Kereta ApiJuli 1875, seorang kolenel purnawi...