Rute Transjakarta dan KRL ke JIS saat Piala Dunia U-17 2023

Jakarta, 19 September 2023 – Piala Dunia U-17 2023 adalah salah satu acara olahraga internasional yang sangat dinantikan, dan Jakarta menjadi salah satu tuan rumahnya. Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi salah satu stadion utama untuk turnamen ini. Untuk memastikan akses yang mudah bagi para pengunjung yang akan menyaksikan pertandingan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merencanakan rute transportasi yang efisien, termasuk penggunaan Bus Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL).

Koridor 14 Bus Transjakarta untuk Akses ke JIS

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengambil inisiatif untuk membuka Koridor 14 sebagai akses transportasi ke Jakarta International Stadium (JIS) selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023.

Rute Bus Transjakarta ini akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola internasional ini.

Menurut Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, rute Bus Transjakarta ini diharapkan dapat beroperasi mulai akhir bulan ini.

Hal ini adalah bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan bahwa para pengunjung dan pendukung tim nasional yang hadir dalam Piala Dunia U-17 dapat mencapai stadion dengan mudah dan nyaman.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa terdapat 15 unit bus Transjakarta yang akan melayani penumpang di Koridor 14 selama periode Piala Dunia U-17.

Rute ini akan memudahkan warga yang ingin menuju JIS, khususnya dari Stasiun Senen.

Perjalanan dari Stasiun Senen akan melibatkan melewati Jalan Letjen Suprapto, masuk ke Jalan Benyamin Sueb, lanjut ke HBR Motik, dan akhirnya menuju JIS.

Rute Bus Transjakarta ini akan menjadi salah satu alternatif transportasi yang efisien untuk mencapai JIS selama Piala Dunia U-17.

BACA JUGA :  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus mewujudkan komitmen untuk menyediak...

Dengan adanya layanan ini, para pengunjung dapat menghindari kemacetan lalu lintas dan mencapai stadion dengan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Bus Wisata Gratis Jakarta Explorer: Rute, Jalur, Jadwal

Akses ke JIS melalui KRL

Selain Bus Transjakarta, warga dan pengunjung yang akan ke JIS juga memiliki opsi untuk menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) sebagai sarana transportasi.

Menurut Syafrin Liputo, pengguna KRL dapat naik ke stasiun terdekat seperti Kota atau Kampung Badan, dan kemudian turun di Stasiun Tanjung Priok.

Dari Stasiun Tanjung Priok, tersedia layanan bus pengantar atau shuttle bus yang akan membawa pengunjung menuju JIS.

Opsi ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi para pengunjung untuk mencapai stadion.

Namun, Syafrin menyarankan agar penonton yang ingin menuju JIS tidak menggunakan kendaraan pribadi. Alasan utamanya adalah bahwa area parkir di JIS akan dikhususkan bagi tim dan pemain. Untuk petugas, area parkir berada di seberang JIS, yaitu di sisi barat ITF (Sunter).

Sementara itu, area parkir untuk pengunjung akan tersedia di beberapa lokasi seperti Ancol Timur, Karnaval, Kemayoran, dan Jakarta International Expo.

Untuk pengunjung yang parkir di lokasi-lokasi tersebut, shuttle bus akan tersedia untuk memudahkan perjalanan mereka ke JIS.

Syafrin menegaskan bahwa semua pengunjung diarahkan untuk menggunakan transportasi umum seperti KRL dan Bus Transjakarta, serta menggunakan shuttle bus yang telah disediakan.

Hal ini akan membantu mengurangi kemacetan di sekitar stadion dan memastikan pengalaman menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 berjalan lancar.

Baca Juga: Jadwal KRL Bekasi Cikarang Commuterline Hari Ini Terbaru!

Persiapan Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, dan Jakarta akan menjadi tuan rumah salah satu stadion utamanya, yaitu Jakarta International Stadium (JIS).

BACA JUGA :  Sahabat TiJe, Uji coba bus listrik berpelanggan yang sebelumnya beroperasi di ru...

Menurut Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, proses pembangunan stadion ini telah berjalan dengan baik.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Kalau ini mah udah hampir 90 sampai 95 persen,” ujarnya setelah melakukan peninjauan di JIS pada tanggal 19 September 2023.

Hal ini menunjukkan kesiapan Jakarta untuk menyambut turnamen sepak bola internasional yang prestisius ini.

Piala Dunia U-17 adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk menampilkan bakat-bakat sepak bola muda dan mendapatkan pengakuan di tingkat dunia.

Dengan fasilitas transportasi yang memadai dan rapi seperti Bus Transjakarta dan KRL, serta shuttle bus yang tersedia untuk pengunjung, diharapkan Piala Dunia U-17 2023 dapat berjalan dengan sukses dan meriah di Jakarta.