Sejak 2009, layanan PT Kereta Api Indonesia (persero) @keretaapikita terus ditin…


 

Sejak 2009, layanan PT Kereta Api Indonesia (persero) @keretaapikita terus ditingkatkan melalui sejumlah inovasi dan kebijakan. KAI bertransformasi menjalankan program perubahan :
dari product oriented menjadi customer oriented,
dari operation centric menjadi customer centric,
dari ‘Take it or leave it’ menjadi providing the service,
dan dari traditional method menjadi digital.

Dalam transformasi ini, sistem tiket Kereta Rel Listrik juga berproses menuju kemajuan. Diawali dari tiket manual kertas, tiket berlangganan, hingga menjadi tiket elektronik yang mendorong transaksi non-tunai. Perubahan ini membuktikan layanan e-ticketing KRL berkembang mengikuti kebutuhan pengguna dan kemajuan teknologi.

Membangun karya yang mengubah budaya tentu membutuhkan waktu tidak sebentar. Sistem e-ticketing dibangun sejak 2012. Selanjutnya penggunaan kartu tiket elektronik dimulai pada Juli 2013 dengan implementasi sistem e-ticketing serentak di seluruh stasiun KRL.

E-ticketing dilengkapi dengan mesin point of sales (POS), 840 unit gate, 276 unit vending machine, dan dukungan network operation control (NOC) serta teknisi untuk pemeliharaan, pengendalian,dan pemantauan sistem.

Kini di era digitalisasi, bentuk tiket juga kami kembangkan. Dari kartu elektronik, kini sistem kami dapat melayani tiket dengan kode QR. Nantinya pelanggan akan menikmati customer experience semakin seamless dalam bertransaksi tiket.

Selanjutnya kami mengembangkan teknologi cek dan top up saldo melalui aplikasi KRL Access dengan memanfaatkan fitur NFC pada ponsel. Yang terbaru, penjualan KMT langsung pada vending machine juga kami kembangkan di KRL Yogya-Solo.

Dengan perkembangan teknologi dan layanan yang semakin mudah, lebih banyak pengguna beralih dari transaksi tunai menggunakan tiket harian ke KMT yang minim transaksi tunai. Tahun lalu, lebih dari 2,1 juta unit KMT dibeli oleh pengguna KRL. Dengan meningkatnya transaksi non-tunai, antrean di loket dan vending machine dapat diminimalisir. #rekancommuters pun bisa mengurangi resiko terpapar Covid-19 dari uang tunai yang sering berpindah tangan. Inilah bentuk dukungan kita terhadap pemerintah untuk mewujudkan cashless society.

BACA JUGA :  Selamat pagi Teman MRT, olahraga apa kamu hari ini?Bersepeda atau lari? apapun...


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source