Semarang Basis Perkeretaapian Swasta Sejak Sistem Tanam Paksa dimulai, Semaran…


   

Semarang Basis Perkeretaapian Swasta

Sejak Sistem Tanam Paksa dimulai, Semarang sudah memiliki peran penting. Pelabuhannya menjadi lokasi utama pengiriman komoditas Tanam Paksa ke Eropa. Kantor-kantor perwakilan industri perdagangan, pabrik gula, dan perkebunan banyak didirikan di pusat kota lama. Semarang pun pun berubah menjadi kota niaga yang strategis di Jawa. Sepanjang Abad Ke-19, swasta tidak hanya menguasai perekonomian, tetapi juga menjadi pionir dalam pembangunan perkeretaapian di Jawa. Tercatat jalur kereta api pertama berhasil dioperasikan oleh konsorsium swasta Nederlandsch Indische Spoorweg-Maatschappij (NIS) mulai 1867. Dari Semarang inilah NIS sukses membangun kerajaan bisnis kereta apinya yang tersebar antara Semarang-Solo-Yogyakarta, dan Semarang-Surabaya.

Selain sebagai basis utama NIS, Semarang juga menjadi kedudukan penting bagi dua perusahaan kereta api dan trem swasta lainnya, yaitu Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS) dan Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS). Total ada 5 stasiun sentral penumpang dan barang yang dikelola tiga perusahaan kereta api swasta di kota ini. Stasiun itu meliputi Stasiun Samarang (stasiun gudang NIS), Semarang Tawang (NIS), Semarang Jurnatan (SJS), Semarang Poncol (SCS), dan stasiun akhir Pendrian (SCS). Dari lima ibukota propinsi di Jawa yang memiliki jaringan kereta api, hanya Semarang yang tidak masuk dalam eksploitasi kereta api negara, Staatspoorwegen.

#SepurUap
#keretaapikita


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 HDi hari yang fitri ini marilah kita buka ha...