Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ancol

Berikut ini adalah informasi jadwal kereta KRL Commuterline dari Stasiun Ancol terbaru hari ini di June 2024 beserta info penting lainnya.

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ancol Terbaru Hari Ini June 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ancol

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Ketapang Banyuwangi Terbaru

Stasiun Ancol: Pusat Transportasi Vital di Jakarta Utara

Stasiun Ancol (AC) merupakan salah satu stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara. Meskipun merupakan stasiun kecil, Stasiun Ancol memiliki peran yang penting dalam sistem transportasi Jakarta Utara. Dengan lokasinya yang strategis, stasiun ini menjadi titik penting bagi para pengguna transportasi umum, terutama bagi pengguna KRL Commuter Line.

Tatal Letak, Lokasi dan Fasilitas Stasiun Ancol

Tatal Letak, Lokasi dan Fasilitas Stasiun Ancol

Stasiun Ancol terletak pada jalur KRL Commuter Line jalur Tanjung Priuk yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota hingga Stasiun Tanjung Priuk. Lokasinya yang strategis, hanya beberapa meter dari Seaworld dan Taman Impian Jaya Ancol, membuat stasiun ini menjadi akses utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api tanpa memiliki sepur belok, yang terdiri dari jalur dwiganda dengan jalur ganda di sisi utara yang mengarah dari Jakarta Kota-Kampung Bandan dan jalur ganda di sisi selatan yang mengarah dari Rajawali.

Sejarah dan Pembangunan

Stasiun Ancol telah beroperasi sejak lama, namun pada tahun 1990-an, jalur yang menuju Depot Pertamina telah ditutup. Namun, pada tanggal 25 Juni 2016, Stasiun Ancol diaktifkan kembali untuk melayani perjalanan KRL relasi Jakarta Kota-Tanjung Priuk PP. Hal ini menunjukkan pentingnya stasiun ini dalam mendukung mobilitas penduduk Jakarta Utara.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengusulkan pembangunan stasiun baru, yaitu stasiun JIS, di antara Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priuk. Usulan ini sedang dalam pembahasan bersama dengan Ditjen Perkeretaapian. Stasiun baru tersebut direncanakan untuk menunjang akses menuju Jakarta International Stadium dan akan terintegrasi dengan perpanjangan Lin 1 LRT Jakarta.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Tugu Jogja Yogyakarta

Transportasi Umum Dari Dan Ke Stasiun Ancol

Berikut ini adalah informasi jadwal kereta KRL Commuterline dari Stasiun Ancol terbaru hari ini di June 2024 beserta info penting lainnya. 

Stasiun Ancol juga dilengkapi dengan berbagai antarmoda pendukung yang memudahkan akses bagi para pengguna transportasi umum. Berikut adalah beberapa jenis angkutan umum yang tersedia di sekitar Stasiun Ancol:

  • Bus Kota Transjakarta: Trayek 14B (Non BRT) yang menghubungkan Tanjung Priok dengan Senen via JIS.
  • Mikrotrans Transjakarta: Trayek JAK 88 yang menghubungkan Terminal Tanjung Priok dengan Ancol via Budi Mulya, Gunung Sahari, dan Lodan Raya.
  • Mikrolet: Trayek M15 yang menghubungkan Terminal Tanjung Priok dengan Stasiun Jakarta Kota via Lodan Raya dan Cengkeh, serta trayek M15A yang juga menghubungkan Terminal Tanjung Priok dengan Stasiun Jakarta Kota, namun melalui Gunung Sahari dan Mangga Dua Raya.

Akses Jalan Tol

Tidak hanya dilayani oleh transportasi umum, Stasiun Ancol juga mudah diakses melalui jalan tol. Beberapa gerbang tol yang terdekat dengan stasiun ini adalah:

  • Gerbang Tol Ancol Barat: Berjarak sekitar 19 kilometer dari stasiun.
  • Gerbang Tol Ancol Timur: Berjarak sekitar 17 kilometer dari stasiun.

Peran dalam Mobilitas Jakarta Utara

Stasiun Ancol memainkan peran penting dalam mendukung mobilitas penduduk Jakarta Utara. Sebagai akses utama menuju kawasan wisata Ancol dan sekitarnya, stasiun ini menjadi pilihan transportasi yang nyaman dan efisien bagi para pengunjung. Selain itu, dengan adanya rencana pembangunan stasiun baru dan integrasi dengan LRT Jakarta, diharapkan stasiun ini dapat menjadi pusat transportasi yang lebih modern dan efektif di masa mendatang.

Kesimpulan

Stasiun Ancol merupakan salah satu pusat transportasi vital di Jakarta Utara. Dengan lokasi yang strategis dan berbagai fasilitas antarmoda pendukung, stasiun ini menjadi titik penting bagi para pengguna transportasi umum, terutama KRL Commuter Line. Dengan pembangunan stasiun baru dan integrasi dengan sistem transportasi lainnya, diharapkan Stasiun Ancol dapat terus berperan dalam mendukung mobilitas penduduk dan pengembangan wilayah Jakarta Utara.