Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Buaran

Stasiun Buaran (BUA) adalah stasiun kereta api kelas III yang terletak di Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Berlokasi pada ketinggian 11 meter di atas permukaan laut, stasiun ini khusus melayani rute KRL Commuter Line. Stasiun Buaran merupakan bagian dari lintasan KRL Commuter Line jalur Bekasi/Cikarang yang dimulai dari Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Bekasi atau Stasiun Cikarang.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Buaran Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Buaran

BACA JUGA :  Peta Lokasi Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Buaran

Bangunan dan tata letak Stasiun Buaran

Stasiun Buaran memiliki empat jalur kereta api yang semuanya digunakan untuk melayani penumpang KRL. Pada 9 November 2018, stasiun ini mulai menggunakan bangunan baru yang dirancang dengan arsitektur modern minimalis futuristik. Lokasi bangunan baru ini berada di sebelah barat bangunan lama, tepatnya di sebelah barat flyover Jalan dr. Radjiman Wedyodiningrat. Stasiun baru ini terintegrasi dengan Halte Simpang Buaran, sehingga memudahkan penumpang untuk berganti moda transportasi.

Perubahan ini juga membawa modifikasi pada tata letak jalur kereta api. Sebelumnya, jalur kereta diapit oleh dua peron sisi, namun kini berubah menjadi satu peron pulau yang berada di antara kedua jalur. Perubahan ini dilakukan sebagai persiapan untuk pembangunan jalur dwiganda Manggarai–Cikarang, yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan efisiensi layanan KRL.

Layanan Kereta Api di Stasiun Buaran

Stasiun Buaran melayani dua jenis rute KRL Commuter Line utama, yaitu:

Commuter Line Cikarang (half racket)

  • Relasi Perjalanan: Kampung Bandan/Angke (sebagian jadwal krl) – Cikarang/Bekasi/Tambun (sebagian jadwal)
  • Keterangan: Rute ini melalui Manggarai dan Kampung Bandan, dengan beberapa jadwal khusus untuk perjalanan menuju Jakarta Kota via Pasar Senen pada malam dan dini hari.

Commuter Line Cikarang (full racket)

  • Relasi Perjalanan: Kampung Bandan – Cikarang/Bekasi/Tambun (sebagian jadwal)
  • Keterangan: Rute ini menyediakan perjalanan searah jarum jam melalui Pasar Senen dan berlawanan arah jarum jam melalui Manggarai.

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Buaran

Stasiun Buaran terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan. Berikut adalah beberapa moda transportasi yang tersedia:

BRT Transjakarta

  • Trayek 11: Kampung Melayu – Pulogebang (berhenti di Halte Simpang Buaran)
BACA JUGA :  Stasiun Bangil – Info Jadwal Kereta Api, Layanan

Bus Kota Transjakarta

  • Trayek 11M (Non BRT): Rusun Rawa Bebek – Bukit Duri (berhenti di Halte Simpang Buaran)
  • Trayek 11P (Non BRT): Rusun Pondok Bambu – Walikota Jakarta Timur
  • Trayek 11Q (Non BRT): Kampung Melayu – Pulogebang (via BKT)

Mikrotrans

  • JAK 39: Duren Sawit – Rusun Klapa Village
  • JAK 99: Terminal Pulo Gadung – Jatibening, Bekasi (350 meter dari pintu utara)

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan KRL di Stasiun Buaran Paling Pagi dan Malam Di 2024

Untuk memastikan perjalanan yang lancar, penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Buaran harus memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta. Berikut adalah contoh jadwal KRL dari dan ke Stasiun Buaran:

Jadwal Keberangkatan KRL dari Stasiun Buaran menuju Jakarta Kota

  • Keberangkatan pertama: pukul 05:00 pagi
  • Keberangkatan terakhir: pukul 23:00 malam

Jadwal Kedatangan KRL dari Jakarta Kota ke Stasiun Buaran

  • Kedatangan pertama: pukul 05:30 pagi
  • Kedatangan terakhir: pukul 23:30 malam

Fasilitas di Stasiun Buaran

Stasiun Buaran dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Fasilitas yang tersedia meliputi ruang tunggu yang nyaman, toilet yang bersih, dan area parkir yang memadai. Selain itu, terdapat juga kios-kios makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan penumpang selama menunggu kereta.

Stasiun ini juga dilengkapi dengan mesin tiket otomatis untuk memudahkan penumpang dalam membeli tiket perjalanan. Sistem pembayaran menggunakan kartu elektronik membuat proses transaksi lebih cepat dan efisien.

Kesimpulan

Stasiun Buaran adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta Timur. Dengan bangunan modern dan fasilitas lengkap, stasiun ini menyediakan layanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang yang bepergian menuju dan dari Jakarta. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Jakarta. Memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta secara rutin akan membantu penumpang merencanakan perjalanan dengan lebih baik.