Stasiun Bundaran HI dan Thamrin Telah Tersambung Pada 15 Agustus 2022, mesin b…


 

Stasiun Bundaran HI dan Thamrin Telah Tersambung

Pada 15 Agustus 2022, mesin bor terowongan (tunnel boring machine) nomor 1 telah berhasil menembus dinding sisi selatan Stasiun Thamrin. TBM-1 membangun terowongan southbound sepanjang 560 meter dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Thamrin. Pekerjaan pembangunan ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sejak Bulan Februari 2022 hingga Bulan Agustus 2022. Selanjutnya, TBM-1 ini akan melakukan putar balik di titik shaft selatan Stasiun Thamrin untuk melanjukan konstruksi terowongan northbound kembali ke arah Stasiun Bundaran HI.

Sejauh ini, pekerjaan CP 201 telah mencapai 42,31 persen dengan sejumlah pekerjaan seperti penggalian dan pengecoran base slab Stasiun Monas, pengecoran kolom dan struktur dinding gardu induk (receiving substation/RSS) Monas, dan perbaikan kualitas tanah (jet grout) di Stasiun Thamrin, pemasangan traffic decking di sisi selatan Stasiun Thamrin, dan lainnya.

Pada 29 Juli 2022 lalu, TBM-2 yang membangun terowongan dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin telah berhasil menembus dinding shaft utara Stasiun Thamrin dan sedang proses u-turn untuk berpindah ke sisi northbound untuk membangun terowongan kembali ke Stasiun Monas sepanjang 385 meter. Rencananya, terowongan tersebut akan dikerjakan dalam waktu 4 bulan.

Untuk membangun 2 jalur terowongan yang menjadi bagian dalam konstruksi CP 201, digunakan dua mesin bor, yaitu TBM-1 dan TBM-2. TBM-1 akan membangun terowongan yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Thamrin; dan TBM-2 akan membangun terowongan yang menghubungkan Stasiun Monas dan Thamrin. Setelah itu, kedua TBM masing-masing akan membangun 1 jalur terowongan yang menghubungkan Stasiun Monas dan Stasiun Harmoni.

#MRTJakarta
#UbahJakarta


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2023.

Sumber berita kereta api terbaru : Source

BACA JUGA :  Manfaatkan harga promosi pada booth terminal kedatangan 2D dan 2E Soekarno Hatta...