Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cawang

Stasiun Cawang, yang berlokasi di Jalan Tebet Timur Dalam 11, Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, adalah stasiun kereta api kelas II yang berfungsi sebagai salah satu titik penting dalam jaringan KRL Commuter Line. Stasiun ini berdiri pada ketinggian 13 meter dan melayani ribuan penumpang setiap harinya yang bepergian ke berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya. Nama Stasiun Cawang diambil dari letaknya yang dekat dengan jembatan layang Cawang di Jalan M.T. Haryono. Meskipun demikian, stasiun ini sebenarnya tidak berada di Kelurahan Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, melainkan di wilayah Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan. Lokasi stasiun yang strategis, dekat dengan berbagai akses tol dan jembatan layang, menjadikannya pilihan utama bagi banyak penumpang komuter.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cawang Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cawang

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Tanjung Priok Hari Ini

Tata Letak dan Fasilitas Stasiun Cawang

Tata letak Bangunan Stasiun Cawang

Stasiun Cawang memiliki dua jalur kereta api yang keduanya merupakan sepur lurus. Fasilitas di stasiun ini termasuk dua peron sisi yang memudahkan penumpang untuk naik dan turun dari kereta api. Selain itu, terdapat tangga yang menghubungkan stasiun ini dengan Halte Cikoko, yang terletak di Jalan Tol M.T. Haryono, membuat akses ke berbagai moda transportasi lain menjadi lebih mudah.

Berikut adalah rincian tata letak Stasiun Cawang:

  • Jumlah Peron: 2 peron sisi
  • Jumlah Jalur: 2 jalur
    • Jalur 1: Sepur lurus jalur ganda arah Manggarai-Jakarta Kota
    • Jalur 2: Sepur lurus jalur ganda arah Pasar Minggu-Bogor

Layanan Kereta Api di Stasiun Cawang

Stasiun Cawang melayani jalur KRL Commuter Line yang menghubungkan berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya. Berikut adalah layanan kereta api yang tersedia di Stasiun Cawang:

  • Commuter Line Bogor: Melayani relasi perjalanan dari Bogor, Depok, dan Nambo (sebagian jadwal) menuju Jakarta Kota.

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Cawang

Stasiun Cawang juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum yang mendukung mobilitas penumpang ke berbagai tujuan di Jakarta dan sekitarnya. Berikut adalah rincian antarmoda pendukung yang tersedia di sekitar Stasiun Cawang:

LRT Jabodebek:

  • CB: Dukuh Atas – Harjamukti (di Stasiun LRT Cikoko)
  • BK: Dukuh Atas – Jatimulya (di Stasiun LRT Cikoko)

BRT Transjakarta:

  • 9: Pinang Ranti – Pluit (di Halte Cikoko)
  • 9A: PGC – Pluit (di Halte Cikoko)
  • 9C: Pinang Ranti – Bundaran Senayan (di Halte Cikoko)

Bus Kota Transjakarta:

  • 7D (Non BRT): Taman Mini Indonesia Indah – Tegal Parang (di Halte Cikoko)
  • 7R (Non BRT): Cibubur Junction – Pluit (di Halte Cikoko)
BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Bogor Jakarta Hari Ini Terbaru

Mikrotrans:

  • JAK 43B: Pusat Grosir Cililitan – Bukit Duri
  • JAK 43C: Stasiun Cawang – Tebet Eco Park

Pentingnya Stasiun Cawang dalam Jaringan KRL

Stasiun Cawang memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai, stasiun ini menjadi salah satu titik transit utama bagi penumpang yang bekerja atau beraktivitas di pusat kota. Stasiun ini juga berfungsi sebagai penghubung antara berbagai moda transportasi umum, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Selain itu, dengan adanya jalur ganda yang menghubungkan stasiun ini dengan berbagai stasiun lain di Jakarta dan sekitarnya, Stasiun Cawang mampu mengurangi kepadatan penumpang dan meningkatkan efisiensi perjalanan. Hal ini sangat penting mengingat tingginya mobilitas penduduk di kawasan Jabodetabek yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kesimpulan

Stasiun Cawang adalah salah satu stasiun kunci dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan berbagai fasilitas modern dan layanan kereta api yang efisien, stasiun ini mampu melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Dengan peran pentingnya dalam mendukung mobilitas masyarakat di kawasan Jabodetabek, Stasiun Cawang terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan penumpang saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan diri menghadapi peningkatan jumlah penumpang di masa depan. Stasiun Cawang adalah contoh nyata dari upaya PT KAI dan KAI Commuter dalam meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia.