Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibinong

Stasiun Cibinong (CBN) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Pabuaran, Cibinong, Bogor. Stasiun ini berada pada ketinggian 155 meter di atas permukaan laut dan khusus melayani KRL Commuter Line. Meskipun kecil, stasiun ini memainkan peran penting dalam jaringan transportasi kereta api di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibinong Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibinong

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Serpong Tanah Abang Hari Ini

Sejarah dan Asal Usul Pembangunan Stasiun Cibinong

Pembangunan Stasiun Cibinong dapat dilacak dari masterplan pembangunan jalur kereta api lingkar luar Jakarta yang disusun oleh Departemen Perhubungan Republik Indonesia pada awal dekade 1990-an. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk mengurangi lalu lintas kereta api barang yang masuk ke wilayah DKI Jakarta. Rute yang direncanakan menghubungkan Parungpanjang ke Sungai Lagoa melalui Citayam dan Cikarang.

Namun, krisis finansial Asia pada tahun 1997 menyebabkan proyek ini terhenti di tengah jalan, dan jalur kereta api hanya selesai hingga Stasiun Nambo. Untuk mengisi kekosongan rute tersebut, dioperasikanlah KRD Nambo pada tahun 1999 hingga 2006. Pada tahun 2006, KRD ini berhenti beroperasi karena usianya yang sudah tua dan tidak layak untuk dioperasikan lagi. Akibatnya, stasiun dan jalur tersebut juga dinonaktifkan.

Pengaktifan Kembali dan Modernisasi

Setelah beberapa tahun nonaktif, PT KAI memutuskan untuk mengaktifkan kembali jalur ini karena potensinya yang strategis, terutama berdekatan dengan kawasan industri besar di Bogor, seperti Cibinong dan Gunung Putri. Jalur ini juga dipasangi kabel listrik aliran atas agar dapat dilayani oleh KRL Commuter Line jika diaktifkan kembali. Pada tanggal 4 Desember 2013, jalur ini mulai dilalui oleh kereta api barang. Kemudian, mulai 1 April 2015, stasiun ini resmi melayani KRL Commuter Line dengan rute Nambo–Angke.

Tata Letak Bangunan Stasiun Cibinong

Tata Letak Bangunan Stasiun Cibinong

Stasiun Cibinong memiliki tata letak yang sederhana dengan hanya dua jalur kereta api. Jalur 1 berfungsi sebagai sepur lurus, yang berarti kereta api dapat melintas langsung tanpa perlu berpindah jalur. Struktur bangunan stasiun juga mengikuti desain minimalis yang memadai untuk melayani kebutuhan penumpang sehari-hari.

Layanan Kereta Api di Stasiun Cibinong

Stasiun Cibinong saat ini melayani rute KRL Commuter Line dengan tujuan akhir sebagai berikut:

BACA JUGA :  Stasiun Wonokromo – Informasi Jadwal Kereta Api

Commuter Line Bogor

  • Tujuan Akhir: Jakarta Kota
  • Keterangan: Layanan ini memungkinkan penumpang untuk bepergian langsung ke pusat kota Jakarta, menawarkan kemudahan akses bagi para komuter dari wilayah Bogor dan sekitarnya.

Commuter Line Nambo

  • Tujuan Akhir: Nambo
  • Keterangan: Layanan ini memberikan akses transportasi yang penting bagi penduduk di sekitar Nambo dan sekitarnya.

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan KRL di Stasiun Cibinong Paling Pagi dan Malam Di 2024

Berikut adalah contoh jadwal KRL keberangkatan dan kedatangan KRL di Stasiun Cibinong:

Jadwal Keberangkatan dari Cibinong ke Jakarta Kota

  • Keberangkatan pertama: pukul 05:00 pagi
  • Keberangkatan terakhir: pukul 23:00 malam

Jadwal Kedatangan dari Jakarta Kota ke Cibinong

  • Kedatangan pertama: pukul 05:30 pagi
  • Kedatangan terakhir: pukul 23:30 malam

Fasilitas di Stasiun Cibinong

Meskipun berstatus sebagai stasiun kelas III/kecil, Stasiun Cibinong dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Beberapa fasilitas yang tersedia di stasiun ini antara lain:

  • Ruang Tunggu: Ruang tunggu yang nyaman dan cukup luas untuk menampung penumpang yang menunggu keberangkatan kereta.
  • Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat.
  • Loket Tiket: Loket tiket yang melayani pembelian tiket perjalanan KRL secara manual.
  • Mesin Tiket Otomatis: Mesin tiket otomatis untuk memudahkan penumpang dalam membeli tiket perjalanan.
  • Mushola: Tempat ibadah bagi penumpang yang ingin menunaikan sholat.
  • Parkir: Area parkir yang memadai untuk kendaraan pribadi penumpang.
  • Kios Makanan dan Minuman: Kios yang menjual makanan dan minuman ringan untuk penumpang yang membutuhkan.

Antarmoda Transportasi Pendukung

Stasiun Cibinong juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum lainnya yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Bogor dan Jakarta. Beberapa moda transportasi pendukung yang tersedia di stasiun ini antara lain:

  • Angkutan Kota (Angkot): Angkutan kota yang menghubungkan Stasiun Cibinong dengan berbagai wilayah di Bogor dan sekitarnya.
  • Bus: Layanan bus yang menghubungkan stasiun dengan terminal bus terdekat, memberikan akses transportasi yang lebih luas bagi penumpang.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Surabaya Pasarturi Terbaru

Kesimpulan

Stasiun Cibinong adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Bogor. Dengan bangunan yang sederhana namun fungsional, stasiun ini menyediakan layanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang yang bepergian menuju dan dari Jakarta. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di sekitar Bogor dan Jakarta. Memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta secara rutin akan membantu penumpang merencanakan perjalanan dengan lebih baik.