Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilebut

Stasiun Cilebut (CLT) adalah stasiun kereta api yang berlokasi di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stasiun ini berada pada ketinggian 171 meter di atas permukaan laut dan hanya melayani kereta api komuter Commuter Line, dengan jarak sekitar 47,1 km ke arah selatan dari Jakarta Kota. Stasiun ini terletak di dua desa, yakni Desa Cilebut Barat dan Desa Cilebut Timur.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilebut Hari Ini Di June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilebut

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Solo Purwosari Terbaru

Tata Letak dan Bangunan Stasiun Cilebut

Tata Letak dan Bangunan Stasiun Cilebut

Stasiun Cilebut memiliki dua jalur kereta api yang memfasilitasi layanan kereta komuter. Struktur bangunan stasiun ini didesain sederhana namun fungsional, dengan fasilitas dasar yang memadai untuk kenyamanan penumpang. Bangunan stasiun ini didirikan di atas tanah yang luas, memungkinkan penumpang untuk menunggu dengan nyaman.

Dua jalur kereta api yang ada di stasiun ini memungkinkan pengoperasian kereta dengan lebih efisien, mengakomodasi lalu lintas kereta yang tinggi terutama pada jam sibuk. Jalur ini memungkinkan penumpang untuk berpindah antar kereta dengan mudah dan cepat, menjadikan Stasiun Cilebut sebagai salah satu stasiun yang penting di jalur Bogor-Jakarta.

Layanan Kereta Api di Stasiun Cilebut

Stasiun Cilebut hanya melayani satu rute utama KRL Commuter Line, yaitu rute Bogor-Jakarta Kota. Berikut adalah rincian layanan kereta api di Stasiun Cilebut:

  • Commuter Line Bogor: Relasi perjalanan dari Bogor ke Jakarta Kota. Layanan ini merupakan salah satu rute tersibuk di jaringan KRL Commuter Line, menghubungkan wilayah Bogor dengan pusat kota Jakarta.

Layanan KRL Commuter Line ini sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah sekitar stasiun, khususnya bagi mereka yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta. Dengan frekuensi kereta yang tinggi, penumpang dapat menikmati perjalanan yang cepat dan nyaman tanpa harus khawatir tentang kemacetan lalu lintas.

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung di Stasiun Cilebut

Stasiun Cilebut juga terhubung dengan berbagai moda transportasi umum lainnya, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan. Berikut adalah beberapa layanan angkutan umum yang tersedia di sekitar Stasiun Cilebut:

Angkutan Kota:

  • Trayek F-07: Bojonggede-Pasar Anyar
  • Trayek F-22: Bubulak-Cilebut

Layanan angkutan kota ini memungkinkan penumpang untuk mencapai stasiun dengan mudah dari berbagai lokasi di sekitar Kabupaten Bogor. Selain itu, adanya trayek angkutan kota ini juga memudahkan penumpang yang tiba di Stasiun Cilebut untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan akhir.

BACA JUGA :  Stasiun Rangkasbitung - Jadwal Kereta Api, Jadwal KRL, Informasi Terbaru

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan KRL Commuter Line

Menggunakan KRL Commuter Line memiliki berbagai manfaat dan keuntungan bagi penumpang. Selain menawarkan perjalanan yang cepat dan bebas dari kemacetan, layanan KRL Commuter Line juga menyediakan kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Kereta api yang digunakan dalam layanan ini dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pendingin udara, tempat duduk yang nyaman, dan kebersihan yang terjaga.

Selain itu, frekuensi keberangkatan yang tinggi memungkinkan penumpang untuk memiliki fleksibilitas dalam memilih waktu keberangkatan. Hal ini sangat penting bagi mereka yang memiliki jadwal yang ketat atau yang sering berpergian pada jam-jam sibuk. Dengan adanya KRL Commuter Line, mobilitas penduduk di kawasan Bogor dan sekitarnya menjadi lebih mudah dan efisien.

Kesimpulan

Stasiun Cilebut adalah stasiun kereta api yang penting di Kabupaten Bogor. Meskipun ukurannya kecil, stasiun ini memainkan peran besar dalam menyediakan akses transportasi yang nyaman dan efisien bagi masyarakat sekitar. Dengan bangunan yang telah direnovasi dan fasilitas yang memadai, Stasiun Cilebut terus berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas penumpang di wilayah tersebut. Akses yang baik ke berbagai moda transportasi lainnya juga membuat stasiun ini menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang.