Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gang Sentiong

Stasiun Gang Sentiong (GST), yang lebih dikenal masyarakat sebagai Stasiun Sentiong, merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Senen dan Johar Baru, Jakarta Pusat. Tepatnya, stasiun ini berada di Jalan Kramat Pulo Dalam 1, Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Berada pada ketinggian 7 meter, stasiun ini hanya melayani rute KRL Commuter Line.

Nama “Gang Sentiong” diambil dari jalan yang berada di dekat stasiun ini, yaitu Jalan Kramat Sentiong yang bermuara ke Jalan Kramat Raya. Kata “Sentiong” dalam dialek Betawi berarti “kuburan Tionghoa.” Stasiun ini dikenal sebagai stasiun dengan bangunan terkecil di Provinsi DKI Jakarta, dengan hanya memiliki dua gerbang tiket, loket kecil, dan atap kanopi yang tidak menaungi seluruh peron stasiun.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gang Sentiong Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gang Sentiong

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cisauk

Lokasi dan Aksesibilitas

Stasiun Gang Sentiong terletak di lokasi yang strategis, berdekatan dengan kawasan perumahan dan perkantoran di Jakarta Pusat. Lokasinya yang berada di Jalan Kramat Pulo Dalam 1 membuatnya mudah diakses oleh warga sekitar yang membutuhkan transportasi cepat dan efisien menuju pusat kota atau ke arah luar kota melalui jaringan KRL Commuter Line.

Fasilitas dan Infrastruktur Tata letak Bangunan Stasiun Gang Sentiong

Tata letak Bangunan Stasiun Gang Sentiong

Meskipun merupakan stasiun kecil, Stasiun Gang Sentiong memiliki fasilitas yang memadai untuk melayani kebutuhan penumpang. Dua jalur kereta api yang tersedia di stasiun ini dirancang untuk mengakomodasi arus penumpang yang cukup padat, terutama pada jam-jam sibuk. Fasilitas dasar seperti gerbang tiket dan loket juga tersedia, meskipun dalam ukuran yang kecil.

Layanan Kereta Api

Stasiun Gang Sentiong melayani dua rute utama KRL Commuter Line, yaitu rute Cikarang (half racket) dan Cikarang (full racket). Kedua rute ini memberikan fleksibilitas bagi penumpang dalam memilih waktu dan arah perjalanan mereka. Berikut adalah rincian lebih lanjut mengenai layanan kereta api di stasiun ini:

  • Commuter Line Cikarang (half racket): Layanan ini menghubungkan Cikarang dengan Jakarta Kota melalui rute Jatinegara – Pasar Senen. Layanan ini tersedia terutama pada malam dan dini hari, memberikan opsi tambahan bagi penumpang yang melakukan perjalanan pada jam-jam tersebut.
  • Commuter Line Cikarang (full racket): Layanan ini menyediakan perjalanan searah jarum jam melalui Jatinegara dan perjalanan berlawanan arah jarum jam melalui Pasar Senen. Rute ini memberikan fleksibilitas bagi penumpang untuk memilih rute yang paling sesuai dengan tujuan mereka.

Integrasi dengan Moda Transportasi Lain

Salah satu keunggulan Stasiun Gang Sentiong adalah integrasinya dengan berbagai moda transportasi umum. Hal ini memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan mudah setelah turun dari KRL Commuter Line. Berikut adalah rincian angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun:

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini

Mikrotrans

  • JAK 17: Trayek ini menghubungkan Terminal Pulo Gadung dengan Terminal Senen melalui Pemuda, memberikan akses yang mudah bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke terminal-terminal utama di Jakarta.
  • JAK 23: Trayek ini melayani rute antara Terminal Senen dan Perguruan Nurul Iman, memberikan opsi transportasi tambahan bagi penumpang yang tinggal atau bekerja di sepanjang rute tersebut.

Manfaat dan Keuntungan bagi Penumpang

Stasiun Gang Sentiong memberikan berbagai manfaat dan keuntungan bagi penumpang, terutama dalam hal aksesibilitas dan efisiensi. Lokasinya yang strategis memudahkan penumpang untuk mengakses berbagai fasilitas di sekitar stasiun, termasuk pusat perbelanjaan dan perkantoran. Selain itu, integrasi dengan moda transportasi umum lainnya menambah kenyamanan bagi penumpang dalam melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan di Jakarta dan sekitarnya.

FAQ tentang Stasiun Gang Sentiong

  1. Kenapa disebut Gang Sentiong? Stasiun ini mendapatkan namanya dari jalan yang terletak di dekatnya, yaitu Jalan Kramat Sentiong yang bermuara ke Jalan Kramat Raya. “Sentiong” dalam dialek Betawi berarti “kuburan Tionghoa.”

Kesimpulan

Stasiun Gang Sentiong memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan lokasinya yang strategis dan fasilitas yang memadai, stasiun ini melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum menambah nilai lebih bagi stasiun ini, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan efisien dan nyaman. Sejarah panjang dan perkembangan stasiun ini menunjukkan komitmen PT Kereta Api Indonesia dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih baik dan lebih efisien bagi masyarakat.