Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Grogol

Stasiun Grogol (GGL, sebelumnya GRG) adalah sebuah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Berada pada ketinggian 4 meter, stasiun ini hanya melayani rute KRL Commuter Line. Lokasinya yang strategis dekat dengan Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara menjadikannya titik penting bagi para mahasiswa dan pekerja di sekitar area tersebut. Selain itu, Stasiun Grogol terhubung langsung dengan Transjakarta Koridor 9 (Pinang Ranti-Grogol-Pluit) melalui Halte Kali Grogol, memudahkan akses transportasi bagi penumpang.

Stasiun Grogol diaktifkan kembali pada tanggal 16 Juni 2015 bersama dengan Stasiun Taman Kota dan Stasiun Tanah Tinggi, setelah sebelumnya direncanakan beroperasi pada tanggal 28 Mei 2015. Sebelum kembali diaktifkan, stasiun ini sempat tidak beroperasi seiring dengan pembangunan jalur ganda dari arah Duri menuju Tangerang.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Grogol Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Grogol

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cicayur

Lokasi dan Aksesibilitas

Stasiun Grogol terletak di daerah yang strategis, dikelilingi oleh institusi pendidikan seperti Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara. Hal ini menjadikan stasiun ini sangat penting bagi para mahasiswa yang sering melakukan perjalanan antara kampus dan tempat tinggal mereka. Selain itu, stasiun ini juga berfungsi sebagai titik transit yang nyaman bagi mereka yang bekerja di sekitar kawasan Grogol Petamburan.

Akses ke stasiun ini juga sangat mudah berkat integrasinya dengan TransJakarta Koridor 9. Penumpang dapat dengan mudah berpindah dari kereta api ke bus TransJakarta untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan di Jakarta Barat dan sekitarnya. Halte Kali Grogol yang terhubung langsung dengan stasiun ini memberikan kemudahan tambahan bagi penumpang yang ingin menggunakan transportasi umum.

Fasilitas dan Infrastruktur Tata letak Bangunan Stasiun Grogol

Tata letak Bangunan Stasiun Grogol

Meskipun Stasiun Grogol merupakan stasiun kecil, fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Stasiun ini memiliki dua jalur kereta api dengan kedua-duanya merupakan sepur lurus, yang dirancang untuk memfasilitasi pergerakan kereta api dengan efisien. Stasiun ini juga dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti ruang tunggu yang nyaman, loket penjualan tiket, dan papan informasi jadwal kereta api.

Selain itu, stasiun ini juga memiliki fasilitas penyeberangan untuk pejalan kaki, yang memungkinkan penumpang untuk berpindah jalur dengan aman dan nyaman. Fasilitas ini sangat penting mengingat stasiun ini sering digunakan oleh mahasiswa dan pekerja yang memiliki mobilitas tinggi.

Sejarah dan Perkembangan

Stasiun Grogol memiliki sejarah yang cukup panjang dalam jaringan kereta api di Jakarta. Awalnya, stasiun ini hanya melayani KRD Tangerang dan sempat tidak aktif selama beberapa waktu seiring dengan pembangunan jalur ganda Duri-Tangerang. Namun, pada tahun 2015, stasiun ini diaktifkan kembali sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas dan efisiensi transportasi umum di Jakarta Barat.

BACA JUGA :  Stasiun Rangkasbitung - Jadwal Kereta Api, Jadwal KRL, Informasi Terbaru

Aktivasi kembali stasiun ini menunjukkan komitmen PT Kereta Api Indonesia dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih baik dan lebih efisien bagi masyarakat. Stasiun Grogol kini berfungsi sebagai salah satu titik penting dalam jaringan KRL Commuter Line, melayani rute Tangerang dan menjadi bagian integral dari sistem transportasi di Jakarta.

Layanan Kereta Api

Stasiun Grogol melayani rute KRL Commuter Line Tangerang dengan tujuan akhir Stasiun Duri dan Stasiun Tangerang. Berikut adalah rincian layanan kereta api yang tersedia:

T Commuter Line Tangerang

  • Relasi: Duri – Tangerang
  • Keterangan: Rute ini melayani penumpang yang melakukan perjalanan antara Jakarta Barat dan Tangerang, memberikan akses mudah dan cepat bagi mereka yang bekerja atau belajar di kedua wilayah tersebut.

Integrasi dengan Moda Transportasi Lain

Salah satu keunggulan Stasiun Grogol adalah integrasinya dengan berbagai moda transportasi umum. Penumpang dapat dengan mudah berpindah dari KRL Commuter Line ke bus TransJakarta atau angkutan umum lainnya. Berikut adalah rincian angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun:

BRT Transjakarta

  • Koridor 9: Pinang Ranti – Pluit (di halte Kali Grogol)
  • Koridor 9A: PGC – Pluit (di halte Kali Grogol)

Bus Kota Transjakarta

  • 9F (Non BRT): Rusun Tambora – Pluit

Mikrotrans

  • JAK 4: Terminal Grogol – Angke

Manfaat dan Keuntungan Bagi Penumpang

Stasiun Grogol memberikan berbagai manfaat dan keuntungan bagi penumpang, terutama dalam hal aksesibilitas dan efisiensi. Lokasinya yang strategis dekat dengan universitas-universitas besar dan pusat-pusat perbelanjaan membuatnya sangat berguna bagi mahasiswa dan pekerja. Selain itu, integrasi dengan TransJakarta dan angkutan umum lainnya memudahkan penumpang dalam melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan di Jakarta dan sekitarnya.

FAQ tentang Stasiun Grogol

Apakah di Grogol ada stasiun kereta api?

Ya, Stasiun Grogol adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Stasiun ini hanya melayani rute KRL Commuter Line.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir Jakarta Terbaru

Setelah stasiun Grogol, stasiun apa berikutnya?

Setelah Stasiun Grogol, rute KRL Commuter Line berlanjut ke Stasiun Pesing, Stasiun Taman Kota, Stasiun Bojong Indah, Stasiun Rawa Buaya, Stasiun Kali Deres, Stasiun Poris, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Tanah Tinggi, dan Stasiun Tangerang.

Dari Stasiun Grogol ke Neo SOHO naik apa?

Dari Stasiun Grogol, penumpang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus TransJakarta Busway Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) dan turun di halte Transjakarta Central Park / Podomoro City / Mal Taman Anggrek. Dari sana, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyeberang ke Jakarta Aquarium, Neo Soho.

Kesimpulan

Stasiun Grogol memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan lokasinya yang strategis dan fasilitas yang memadai, stasiun ini melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum menambah nilai lebih bagi stasiun ini, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan efisien dan nyaman. Sejarah panjang dan perkembangan stasiun ini menunjukkan komitmen PT Kereta Api Indonesia dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih baik dan lebih efisien bagi masyarakat.