Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jenar

Stasiun Jenar (JN) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Bragolan, Purwodadi, Purworejo. Walaupun namanya Stasiun Jenar, stasiun ini tidak terletak di Desa Jenarwetan melainkan di sebelah utara desa tersebut. Setelah tidak beroperasinya Stasiun Montelan yang berada di antara Stasiun Jenar dan Stasiun Kutoarjo, Stasiun Jenar menjadi stasiun aktif paling barat di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini berada pada ketinggian 18 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 150 meter ke arah barat jalan raya Purworejo-Wates.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jenar Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jenar

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Jenar

Bangunan dan tata letak Stasiun Jenar

Pada awalnya, Stasiun Jenar memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 yang lama merupakan sepur lurus. Namun, sejak beroperasinya jalur ganda di segmen Kutoarjo–Yogyakarta pada tahun 2006-2007, tata letak stasiun ini mengalami perubahan signifikan. Jumlah jalurnya bertambah menjadi empat dengan jalur 1 yang lama diubah menjadi jalur 2 yang baru sebagai sepur lurus untuk arah Yogyakarta. Jalur 2 yang lama diubah menjadi jalur 3 sebagai sepur lurus untuk arah Kutoarjo, dan jalur 3 yang lama diubah menjadi jalur 4.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Rajawali

Selain perubahan tata letak jalur, bangunan stasiun juga mengalami renovasi besar. Bangunan lama, yang merupakan peninggalan dari era DKA atau mungkin Staatsspoorwegen, harus dirobohkan karena terkena dampak pembangunan jalur baru. Sebagai gantinya, dibangun bangunan baru oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan arsitektur modern yang serupa dengan Stasiun Patukan.

Stasiun Jenar kini dikelilingi oleh hamparan sawah dan jajaran pegunungan, memberikan pemandangan yang indah bagi penumpang yang menunggu kereta. Setelah serangkaian perombakan, stasiun ini telah dilengkapi dengan atap overcapping di peron untuk melindungi penumpang dari panas matahari dan hujan. Pemasangan atap peron ini juga dilakukan di Stasiun Wates, memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpang.

Layanan Kereta Api di Stasiun Jenar

Stasiun Jenar melayani rute KRL Commuter Line, khususnya rute Commuter Line Prameks yang menghubungkan Yogyakarta dan Kutoarjo. Layanan ini sangat membantu masyarakat Kecamatan Purwodadi dan sekitarnya yang membutuhkan akses cepat dan nyaman ke kota-kota tersebut.

Komuter (Commuter Line)

  • Commuter Line Prameks: Rute perjalanan dari Yogyakarta ke Kutoarjo.

FAQ tentang Stasiun Jenar

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jenar Paling Pagi Jam Berapa?

Jadwal kereta KRL Commuterline paling pagi yang berangkat dari Stasiun Jenar biasanya dimulai sekitar pukul 05.41 WIB. Namun, untuk jadwal yang lebih akurat, penumpang disarankan untuk memeriksa jadwal terbaru yang tersedia di aplikasi resmi KAI Commuter atau melalui situs web resmi PT KAI.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jenar Paling Malam Jam Berapa?

Jadwal kereta KRL Commuterline paling malam yang berhenti di Stasiun Jenar biasanya sekitar pukul 18.44 WIB. Untuk memastikan jadwal yang tepat, penumpang sebaiknya memeriksa jadwal terbaru yang tersedia di aplikasi resmi KAI Commuter atau situs web resmi PT KAI.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gang Sentiong

Penutup

Stasiun Jenar adalah salah satu stasiun penting di Kabupaten Purworejo yang memainkan peran vital dalam menghubungkan daerah tersebut dengan kota-kota besar lainnya melalui jalur KRL Commuter Line. Dengan sejarah panjang yang dimulai sejak zaman kolonial Belanda, stasiun ini telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Bangunan stasiun yang dilengkapi dengan sistem persinyalan elektrik modern memastikan efisiensi dan keamanan operasional kereta api yang lebih baik. Selain melayani penumpang KRL Commuter Line, stasiun ini juga berfungsi sebagai jalur distribusi barang dari dan ke berbagai pabrik di wilayah sekitarnya.

Dengan layanan yang semakin baik dan fasilitas yang terus ditingkatkan, Stasiun Jenar siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat setempat dan berkontribusi dalam mendukung mobilitas dan perekonomian daerah. Bagi penumpang yang sering bepergian menggunakan KRL, mengetahui jadwal kereta dan layanan yang tersedia di stasiun ini sangatlah penting untuk memastikan perjalanan yang lancar dan nyaman.