Stasiun Manggarai Di balik fasilitas modern stasiun 3 lantai yang saat ini te…


   

Stasiun Manggarai

Di balik fasilitas modern stasiun 3 lantai yang saat ini tengah dibangun, kawasan Stasiun Manggarai dan sekitarnya memiliki banyak cerita sejarah. Empat ratus tahun lalu, Manggarai mulai dikenal orang tatkala pendiri Batavia, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen mulai mendatangkan orang-orang dari daerah taklukan VOC untuk dijadikan budak. Adapun daerah yang kini bernama Manggarai ketika itu dijadikan sebagai salah satu lokasi penampungan budak terbesar di luar kota Batavia. Walau terletak 10 kilometer dari Tembok Batavia (Kota Tua Jakarta), tempat tersebut terus berkembang menjadi Kampung Manggarai.

Meski demikian, dalam pembangunan jalur KA Batavia–Buitenzorg (Bogor) 1869-1873, Manggarai tidak masuk dalam rencana pembangunan stasiun/ halte. Baru pada 1908 dibuka Stasiun Boekitdoeri yang lokasinya 400 meter di selatan Stasiun Manggarai saat ini. Stasiun Manggarai sendiri mulai dibangun pada 1914 untuk menggantikan stasiun lama Boekitdoeri (bukan depo KRL Bukit Duri). Pembangunannya dipimpin oleh arsitek Belanda bernama Ir. J. Van Gendt. Selain stasiun, Van Gendt juga membangun sekolah pendidikan perkeretaapian dan rumah-rumah dinas untuk para pegawai KA di sekitar stasiun baru. Empat tahun kemudian Stasiun Manggarai selesai dibangun dan resmi dibuka untuk umum pada 1 Mei 1918.

Ada keunikan pada bangunan cagar budaya stasiun di persimpangan jalur menuju Bekasi dan Bogor ini yaitu keberadaan kanopi kayu di peron lama stasiun. Dulu kanopi tersebut pernah ada kembarannya yaitu di Stasiun Kroya. Baik pembangunan Stasiun Manggarai dan renovasi Stasiun Kroya dilakukan pada periode yang sama. Sejatinya desain asli kanopi kedua stasiun itu berupa kanopi baja cor yang diimpor langsung dari Eropa. Tetapi karena material baja kanopi tidak tersedia di pabriknya akibat Perang Dunia I (1914-1918), pesanan dibatalkan. Kini kanopi peron hasil desain ‘dadakan’ itu masih berdiri dan terawat baik di tengah modernisasi Stasiun Manggarai. Stasiun Manggarai merupakan 1 dari 4 bangunan cagar budaya penanda sejarah di kawasan Manggarai selain Balai Yasa, Menara Air Balai Yasa, dan Viaduk Pintu Air Manggarai.

BACA JUGA :  Teman MRT, mari kita bersama-sama jangan kendor di masa pandemi ini, tetap jalan...

Foto oleh @asalmotret.doang

#SepurUAP


****

Ikuti terus website informasi seputar kereta api jadwalkeretaapi.com. Disini anda akan menemukan informasi jadwal kereta api, jadwal krl, rute krl terbaru tahun 2022.

Sumber berita kereta api terbaru : Source