Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Matraman

Stasiun Matraman (MTR) merupakan stasiun kereta api KRL Commuter Line yang terletak di perbatasan antara Kebon Manggis, Matraman dengan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Stasiun ini strategis karena dekat dengan kawasan lokalisasi Gunung Antang dan dibangun sebagai bagian dari program jalur dwiganda lintas Manggarai–Cikarang.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Matraman Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Matraman

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Karet

Sejarah Stasiun Matraman

Pembangunan Stasiun Matraman diwacanakan sejak 2011 bersama dengan beberapa stasiun lain seperti Mampang Baru, Roxy, Tomang, dan Bandengan. Wacana ini kembali diungkap pada 2014 saat proyek jalur dwiganda Manggarai–Cikarang masih dalam tahap pembebasan lahan.

Stasiun Matraman dibangun di dekat eks-Perhentian Kebon Pala (km 1 471). Alasan utama pembangunan stasiun ini adalah untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara. Dengan adanya Stasiun Matraman, para pekerja yang bekerja di dekat stasiun ini dapat naik dan turun dari Matraman, sehingga mengurangi jumlah penumpang di Manggarai dan Jatinegara.

Pada 17 Juni 2022, Direktorat Jenderal Perkeretaapian melakukan uji coba layanan penumpang di Stasiun Matraman. Uji coba ini awalnya direncanakan mulai pada 16 Juni 2022 tetapi diundur. Uji coba berlangsung selama sepekan. Dua hari kemudian, pada 19 Juni 2022, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, didampingi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, meresmikan Stasiun Matraman. Peluncuran soft launching ini juga dihadiri oleh Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari, perwakilan disabilitas, dan sejumlah pejabat terkait.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Matraman

Bangunan dan tata letak Stasiun Matraman

Stasiun Matraman dibangun dengan konsep shelter (perhentian) karena hanya melayani penumpang naik-turun dan tidak melakukan pengaturan perjalanan kereta api seperti Stasiun Jatinegara dan Manggarai. Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api. Ke arah barat, sebelum Stasiun Manggarai, terdapat Sungai Ciliwung yang memisahkan Stasiun Manggarai di Kota Jakarta Selatan dengan Stasiun Matraman di Kota Jakarta Timur.

Stasiun ini memiliki dua lantai. Lantai 1 mengakomodasi semua fasilitas dan pertokoan, sementara lantai 2 adalah peron stasiun. Stasiun Matraman juga terintegrasi dengan bus Transjakarta di Halte Matraman Baru, memudahkan penumpang untuk berpindah moda transportasi.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Tanah Abang Manggarai KRL Hari Ini Terbaru

Layanan Kereta Api

Stasiun Matraman melayani dua jenis rute KRL Commuter Line Cikarang:

Commuter Line Cikarang (half racket):

  • Relasi perjalanan: Angke (sebagian jadwal) – Cikarang, Bekasi, Tambun (sebagian jadwal) via Manggarai.

Commuter Line Cikarang (full racket):

  • Relasi perjalanan: Kampung Bandan – Cikarang, Bekasi, Tambun (sebagian jadwal). Perjalanan ini dilakukan searah jarum jam via Jatinegara dan berlawanan arah jarum jam via Manggarai.

Antarmoda Pendukung

Stasiun Matraman terhubung dengan berbagai moda transportasi umum, khususnya bus Transjakarta yang berhenti di Halte Matraman Baru. Berikut adalah beberapa rute bus yang tersedia:

BRT Transjakarta

  • 5: Ancol–Kampung Melayu
  • 5C: Juanda–Cililitan
  • 5D: Ancol–Cililitan
  • PRJ2: JIExpo Kemayoran–Matraman Baru (musiman/pada hajatan khusus tertentu)

Bus Kota Transjakarta

  • 5M (MetroTrans): Terminal Kampung Melayu—Stasiun Tanah Abang via Cikini–Balai Kota
  • 7U (Non BRT): Cibubur Junction–Ancol

Transjabodetabek Reguler

  • P9A (Mayasari Bakti): Terminal Senen–Terminal Bekasi (via Jl. H. Moeljadi Djojomartono)

FAQ

Kapan Stasiun Matraman dibuka?

Stasiun Matraman resmi beroperasi pada 19 Juni 2022. Pengoperasian stasiun ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan di dua stasiun besar, yaitu Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

Apa yang membuat Stasiun Matraman berbeda dari stasiun lainnya?

Stasiun Matraman dirancang sebagai shelter perhentian yang hanya melayani penumpang naik dan turun tanpa pengaturan perjalanan kereta api, berbeda dengan stasiun besar lainnya seperti Jatinegara dan Manggarai. Stasiun ini juga memiliki dua lantai dengan lantai 1 untuk fasilitas dan pertokoan serta lantai 2 untuk peron stasiun.

Bagaimana integrasi transportasi di Stasiun Matraman?

Stasiun Matraman terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum, terutama bus Transjakarta yang berhenti di Halte Matraman Baru, memungkinkan penumpang untuk berpindah moda transportasi dengan mudah.

Apa saja rute KRL Commuter Line yang dilayani oleh Stasiun Matraman?

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Maja

Stasiun Matraman melayani dua jenis rute KRL Commuter Line Cikarang, yaitu Commuter Line Cikarang (half racket) dan Commuter Line Cikarang (full racket).

Kesimpulan

Stasiun Matraman merupakan salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta Timur. Dibangun untuk mengatasi kepadatan di Stasiun Manggarai dan Jatinegara, stasiun ini dirancang dengan konsep shelter dan memiliki dua lantai yang mengakomodasi berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum, terutama bus Transjakarta, Stasiun Matraman menawarkan kemudahan bagi penumpang untuk berpindah moda transportasi. Dengan layanan KRL Commuter Line yang meliputi rute Cikarang, stasiun ini memainkan peran vital dalam sistem transportasi kereta api di Jakarta. Keberadaannya membantu mengurai kepadatan penumpang di stasiun-stasiun besar lainnya dan memberikan alternatif yang nyaman dan efisien bagi para komuter di wilayah Jakarta Timur.