Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudirman Baru

Stasiun Sudirman Baru (SUDB), yang juga dikenal sebagai Stasiun BNI City karena hak penamaannya oleh Bank Negara Indonesia (BNI), adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Tanjung Karang nomor 1, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Stasiun ini melayani pemberhentian KRL Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta serta KRL Commuter Line tujuan Cikarang. Awalnya, stasiun ini dikelola oleh PT Railink (KAI Bandara) untuk mengoperasikan KRL Bandara Soekarno-Hatta dan juga menjadi kantor pusat perusahaan tersebut. Namun, per 1 Januari 2023, KAI Commuter resmi mengakuisisi layanan KRL Bandara Soekarno-Hatta dari KAI Bandara, setelah ditekennya dokumen peralihan operator pelayanan operasional dan akta jual beli pada 30 Desember 2022.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudirman Baru Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudirman Baru

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibinong

Sejarah Stasiun Sudirman Baru

Pada awalnya, stasiun ini diberi nama Sudirman Baru karena lokasinya yang berada di pinggir Jalan Jenderal Sudirman. Nama ini dibuat untuk membedakan dengan Stasiun Sudirman Lama yang hanya melayani rute KRL Commuter Line. Bank Negara Indonesia (BNI), Kereta Api Indonesia (KAI), dan Railink menyetujui penamaan stasiun ini sebagai BNI City sebagai strategi dalam mewujudkan sinergi antar badan usaha milik negara, menjadikannya stasiun pertama di Indonesia yang menggunakan hak penamaan. BNI juga turut serta mengelola stasiun ini bersama PT Railink dan PT KAI, dengan menyediakan fasilitas penunjang seperti ATM dan mesin tiket.

Stasiun Sudirman Baru mulai melayani penumpang pada 26 Desember 2017 dan diresmikan pada 2 Januari 2018. Keberadaan stasiun ini mempermudah mobilitas penumpang bandara, baik dari Bandara Soekarno-Hatta maupun dari Jakarta dan Tangerang.

Pada 30 Juli 2022, Stasiun Sudirman Baru (BNI City) mulai melayani penumpang KRL Commuter Line Lin Lingkar Cikarang. Pengoperasian KRL di stasiun ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Sudirman Lama hingga 40%. Pengoperasian ini dilakukan dengan memisahkan gate dan alur penumpang masuk/keluar antara KRL Commuter Line dan KRL Bandara, meskipun peron untuk kedua layanan tersebut belum sepenuhnya dipisahkan. Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter, membantah kabar bahwa Stasiun Karet akan ditutup akibat pengoperasian KRL di Sudirman Baru.

Tata Letak Bangunan Stasiun Sudirman Baru

Tata letak bangunan Stasiun Sudirman Baru

Stasiun Sudirman Baru memiliki dua jalur kereta api dengan keduanya merupakan sepur lurus. Stasiun ini didesain untuk melayani penumpang dengan efisien dan nyaman, dengan fasilitas modern yang memadai. Terdapat dua lantai di stasiun ini; lantai 1 mengakomodasi berbagai fasilitas dan pertokoan, sementara lantai 2 adalah peron stasiun.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Tanjung Priok Hari Ini

Layanan Kereta Api

Kereta Bandara

Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta

  • Relasi perjalanan: Bandara Soekarno-Hatta – Manggarai

Komuter

Commuter Line Cikarang (half racket)

  • Relasi perjalanan: Cikarang – Bekasi – Tambun (sebagian jadwal) – Angke via Tanah Abang – Manggarai

Commuter Line Cikarang (full racket)

  • Relasi perjalanan: Kampung Bandan – Cikarang – Bekasi – Tambun (sebagian jadwal) via Tanah Abang dan Manggarai

FAQ

Apakah Sudirman dan BNI City sama?

Ya, Stasiun Sudirman Baru (SUDB) yang juga dikenal sebagai Stasiun BNI City adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Tanjung Karang nomor 1, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kenapa dinamakan Stasiun BNI City?

Nama Stasiun BNI City berasal dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), yang menyediakan berbagai fasilitas transaksi keuangan bagi pengguna kereta bandara. Penamaan ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan loyalitas nasabah BNI.

Apakah KRL berhenti di Stasiun BNI City?

Ya, mulai 30 Juli 2022, Stasiun KA Bandara BNI City juga melayani pemberhentian KRL Commuter Line. Sebelumnya, stasiun ini hanya melayani penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta.

Berapa lama perjalanan dari Stasiun BNI City ke bandara?

Perjalanan dari Stasiun BNI City ke Bandara Soekarno-Hatta memakan waktu sekitar 40 menit.

Di mana lokasi Stasiun BNI City?

Stasiun BNI City terletak di kawasan perkantoran dan perbelanjaan Jakarta Pusat, tepatnya di Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Peron mana yang melayani kereta bandara di Stasiun BNI City?

Peron 1 di Stasiun KA Bandara BNI City melayani pelanggan dengan tujuan Stasiun Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta. Pelanggan diharapkan memasuki peron minimal 15 menit sebelum keberangkatan kereta bandara.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duren Kalibata

Stasiun terdekat dengan Sudirman Baru (BNI City)?

Stasiun terdekat dengan Sudirman Baru (BNI City) adalah:

  • Tosari berjarak 26 meter (1 menit berjalan kaki)
  • Tosari 2 berjarak 42 meter (1 menit berjalan kaki)
  • Tosari 1 berjarak 280 meter (4 menit berjalan kaki)
  • Stasiun Sudirman 2 – MRT Dukuh Atas BNI berjarak 391 meter (6 menit berjalan kaki)
  • Stasiun Sudirman berjarak 563 meter (8 menit berjalan kaki)
  • Galunggung berjarak 849 meter (11 menit berjalan kaki)
  • Sudirman berjarak 1036 meter (14 menit berjalan kaki)
  • Stasiun BNI City berjarak 1102 meter (14 menit berjalan kaki)
  • Dukuh Atas BNI berjarak 1163 meter (15 menit berjalan kaki)
  • London School berjarak 1261 meter (17 menit berjalan kaki)
  • Stasiun Karet berjarak 1491 meter (19 menit berjalan kaki)
  • Dukuh Atas berjarak 1703 meter (22 menit berjalan kaki)

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City)?

Jalur Bis yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City) adalah:

  • Feeder Kereta Bandara
  • Transjabodetabek Ciawi – Tanah Abang

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City)?

Jalur Kereta yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City) adalah Lingkar Cikarang Line.

Jalur MRT mana yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City)?

Jalur MRT yang berhenti dekat Sudirman Baru (BNI City) adalah M Line.

Stasiun LRT terdekat ke Sudirman Baru (BNI City)?

Stasiun LRT terdekat ke Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Dukuh Atas, dengan jarak 22 menit berjalan kaki.

Stasiun MRT terdekat ke Sudirman Baru (BNI City)?

Stasiun MRT terdekat ke Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Dukuh Atas BNI, dengan jarak 15 menit berjalan kaki.

Stasiun kereta terdekat ke Sudirman Baru (BNI City)?

Stasiun kereta terdekat ke Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Stasiun Sudirman dan Stasiun BNI City, keduanya berjarak 14 menit berjalan kaki.

Perhentian bis terdekat ke Sudirman Baru (BNI City)?

Perhentian bis terdekat ke Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Tosari dan Tosari 2, keduanya berjarak 1 menit berjalan kaki.

Pukul berapa LRT pertama menuju Sudirman Baru (BNI City)?

LRT pertama yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah LRT BK, yang berhenti di dekat sini pada pukul 06.21.

Pukul berapa LRT terakhir menuju Sudirman Baru (BNI City)?

LRT terakhir yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah LRT CB, yang berhenti di dekat sini pada pukul 22.15.

Pukul berapa MRT pertama menuju Sudirman Baru (BNI City)?

MRT pertama yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah MRT M, yang berhenti di dekat sini pada pukul 05.09.

Pukul berapa MRT terakhir menuju Sudirman Baru (BNI City)?

MRT terakhir yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah MRT M, yang berhenti di dekat sini pada pukul 00.14.

Pukul berapa Kereta pertama menuju Sudirman Baru (BNI City)?

Kereta pertama yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Lingkar Cikarang Line, yang berhenti di dekat sini pada pukul 04.16.

Pukul berapa Kereta terakhir menuju Sudirman Baru (BNI City)?

Kereta terakhir yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Lingkar Cikarang Line, yang berhenti di dekat sini pada pukul 00.20.

Pukul berapa Bis pertama menuju Sudirman Baru (BNI City)?

Bis pertama yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Bis M6, yang berhenti di dekat sini pada pukul 03.00.

Pukul berapa Bis terakhir menuju Sudirman Baru (BNI City)?

Bis terakhir yang menuju Sudirman Baru (BNI City) di Jakarta Pusat adalah Bis M6, yang berhenti di dekat sini pada pukul 03.23.

Berapa tarif MRT ke Sudirman Baru (BNI City)?

Tarif MRT ke Sudirman Baru (BNI City) berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp14.000,00.

Berapa tarif Kereta ke Sudirman Baru (BNI City)?

Tarif Kereta ke Sudirman Baru (BNI City) berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp7.000,00.

Kesimpulan

Stasiun Sudirman Baru, yang juga dikenal sebagai Stasiun BNI City, adalah salah satu stasiun kereta api yang penting di Jakarta Pusat. Dengan layanan kereta bandara dan KRL Commuter Line, stasiun ini menjadi titik vital bagi penumpang yang ingin menuju atau datang dari Bandara Soekarno-Hatta. Berlokasi strategis di kawasan perkantoran dan perbelanjaan, serta terhubung dengan berbagai moda transportasi umum seperti bus Transjakarta dan MRT, Stasiun Sudirman Baru menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang. Melalui pengembangan infrastruktur dan pelayanan yang terus ditingkatkan, stasiun ini diharapkan dapat terus berperan penting dalam sistem transportasi di Jakarta.