Panduan Lengkap Cara Naik TransJakarta Busway

Navigasi Efisien di Jakarta: Panduan Lengkap Cara Naik TransJakarta Busway, Mulai Dari Cara Bayar, Mencari Informasi Rute, Jam Operasi, Hingga Harga Tiketnya di July 2024!

Ketika Anda baru pertama kali pindah ke Jakarta untuk bekerja atau jika Anda ingin mulai berhemat dengan menggunakan transportasi umum, penting untuk memahami cara naik TransJakarta dengan efisien.

TransJakarta adalah sistem transportasi massal berbasis Bus Rapid Transit (BRT) dan non-BRT yang beroperasi di Jakarta.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah detail untuk membantu Anda menggunakan TransJakarta dengan mudah dan sampai di kantor tepat waktu.

TransJakarta: Solusi Transportasi Massal Terbaik di Jakarta

Sebelum kita memasuki langkah-langkah cara naik TransJakarta, mari kita pahami lebih dulu apa itu TransJakarta dan mengapa ini bisa menjadi pilihan yang efisien untuk mobilitas Anda di Jakarta.

TransJakarta adalah sistem transportasi massal yang dirancang untuk membantu mengatasi kemacetan lalu lintas yang sering kali terjadi di Jakarta.

Ini adalah bentuk Bus Rapid Transit (BRT) yang memiliki jalur khusus, terpisah dari kendaraan pribadi.

Ada juga layanan non-BRT yang menggunakan jalur umum bersama dengan kendaraan lain, memungkinkan pengguna untuk menjangkau area yang lebih luas di Jakarta.

Bagi Anda yang bekerja di Jakarta, TransJakarta adalah pilihan yang efisien, cepat, dan terjangkau untuk bergerak di kota ini.

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah praktis cara naik TransJakarta.

Langkah 1: Cari Informasi Rute dan Halte yang Tersedia

Langkah pertama dalam menggunakan TransJakarta adalah mencari tahu informasi tentang rute dan halte yang tersedia dari tempat tinggal atau lokasi Anda.

BACA JUGA :  [BERTRANSPORTASI ANTI RIBET]Halo Millenials Sahabat Tije!Sebagai generasi an...

Misalnya, Anda bisa mengunjungi laman peta rute tranjsakarta lengkap di jadwalkeretaapi.com ini.

Anda dapat mengakses informasi ini melalui beberapa sumber, seperti:

  1. Laman Resmi TransJakarta: Buka laman resmi TransJakarta di transjakarta.co.id untuk mencari informasi tentang rute dan halte.
  2. Di laman ini, Anda akan menemukan alat pencarian rute dan peta yang memudahkan Anda menentukan jalur perjalanan Anda.
  3. Aplikasi Tije: Anda juga dapat mengunduh aplikasi Tije yang menyediakan informasi tentang transportasi umum, termasuk TransJakarta. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasukkan alamat lengkap awal dan tujuan Anda, dan akan memberikan rincian tentang rute, jenis transportasi, halte terdekat, jam keberangkatan, dan estimasi perjalanan.
  4. Aplikasi Lain: Selain Tije, ada aplikasi lain seperti Moovit dan Google Maps yang juga dapat membantu Anda mencari rute dan informasi transportasi umum di Jakarta.

Langkah 2: Persiapkan Pembayaran Tiket secara Elektronik

Sistem pembayaran di halte TransJakarta menggunakan kartu uang elektronik sebagai pengganti uang tunai. Ada beberapa cara untuk mempersiapkan pembayaran tiket Anda:

  1. Beli Kartu JakLingko: Anda dapat membeli kartu JakLingko di halte TransJakarta. Kartu ini juga dapat digunakan di MRT, LRT, dan commuter line. Kartu ini memiliki banyak manfaat, termasuk pengisian saldo yang mudah.
  2. Gunakan Kartu Prabayar dari Bank: Bank-bank seperti BRI, BCA, BNI, Bank Mandiri, Bank DKI, dan Bank Mega mengeluarkan kartu prabayar seperti BRIZZI, Flazz, Tapcash, dan lainnya. Kartu-kartu ini dapat digunakan sebagai tiket TransJakarta, dan Anda dapat membelinya di bank penyedia atau loket halte TransJakarta.
  3. Penggunaan Aplikasi Tije: Aplikasi Tije juga memungkinkan Anda untuk membayar tiket dengan menggunakan fitur QRIS lewat aplikasi ini. Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan dompet digital pilihan Anda.
BACA JUGA :  Peta Jalur Rute Transjakarta Koridor 7 Kampung Melayu ↔ Kampung Rambutan

Langkah 3: Tap-In Kartu

Setelah Anda telah mencari tahu informasi rute dan halte, serta mempersiapkan pembayaran tiket Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan “tap-in.”

Ini adalah proses yang berbeda antara TransJakarta BRT dan non-BRT.

  • TransJakarta Non-BRT: Untuk layanan non-BRT, Anda dapat menempelkan kartu elektronik Anda langsung pada pintu masuk bus. Ini akan membuka pintu dan memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam bus.
  • TransJakarta BRT: Untuk layanan BRT, Anda harus menempelkan kartu Anda pada pembaca (reader) yang disediakan di gate masuk menuju koridor busway. Ini akan membuka pintu gate dan memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam koridor.

Tarif: Biaya perjalanan dengan TransJakarta berbeda tergantung pada waktu. Dari pukul 05.00 hingga 07.00 WIB, tarifnya adalah Rp2.000. Di atas jam tersebut, tarifnya adalah Rp3.500. Biaya akan terpotong otomatis dari saldo kartu Anda ketika Anda “tap-out” untuk keluar dari halte. Jadi, jika Anda ingin berhemat, pastikan untuk “tap-out” sebelum pukul 07.00.

Langkah 4: Pilih Jalur Busway Sesuai Rute Tujuan (Khusus TransJakarta BRT)

Jika Anda menggunakan layanan TransJakarta BRT, sangat penting untuk memilih jalur busway yang sesuai dengan rute tujuan Anda.

TransJakarta memiliki berbagai rute tetap yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mengetahui nomor koridor yang sesuai dengan tujuan Anda.

Caranya:

  • Masukkan tujuan Anda di aplikasi.
  • Pilih ikon angkutan umum berwarna biru yang melambangkan angkutan umum (kereta atau bus).
  • Akan muncul pilihan rute dengan logo TransJakarta berwarna biru, beserta nomor koridor, waktu tempuh, dan biaya.

Pada setiap kode bus TransJakarta BRT, terdapat informasi A-B-C atau K-L-M Platform untuk menandai jalur busway di halte.

Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk meminta bantuan dari petugas yang ada di halte.

BACA JUGA :  Bus Royal Transjakarta Kini Dilengkapi Radio, Permudah Informasikan Perubahan Rute Pada Penumpang!

Langkah 5: Mengikuti Aturan di Dalam Bus TransJakarta

Ketika bus TransJakarta tiba, berikan kesempatan bagi penumpang yang turun terlebih dahulu, lalu masuk dengan tenang dan duduklah dengan nyaman.

Pastikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku selama perjalanan.

Misalnya, dalam bus TransJakarta terdapat tempat duduk prioritas yang diperuntukkan bagi ibu dan balita, ibu hamil, lansia, dan disabilitas.

Kursi ini biasanya berwarna merah. Ingatlah untuk selalu menerapkan pengetahuan dan kesadaran sebagai penumpang transportasi yang baik.

Selain itu, perhatikan juga informasi pemberhentian di dalam bus agar Anda tidak melewatkan halte tujuan Anda.

Langkah 6: Turun & Tap-Out di Halte TransJakarta Tujuan

Untuk pengguna TransJakarta non-BRT, Anda dapat melakukan “tap-out” di mesin yang sama ketika Anda masuk ke dalam bus.

Pastikan untuk selalu “tap-out,” karena jika Anda tidak melakukannya, kartu Anda akan otomatis terblokir.

Sementara itu, untuk pengguna TransJakarta BRT, Anda harus turun di halte tujuan Anda terlebih dahulu.

Setelah turun, carilah gate keluar dan tempelkan kartu Anda untuk “tap-out.” Saldo kartu e-money akan terpotong otomatis sesuai dengan tarif yang berlaku.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah memahami cara naik TransJakarta dengan efisien dan tepat waktu.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan TransJakarta dengan lebih percaya diri dan memanfaatkannya sebagai salah satu solusi transportasi terbaik di Jakarta.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku dan menjaga kesopanan selama perjalanan.

Semoga panduan ini membantu perjalanan Anda menjadi lebih lancar, hemat, dan efisien saat menuju kantor atau tujuan Anda di Jakarta.

Pilihan Transportasi Lain

Selain TransJakarta, Jakarta juga memiliki pilihan transportasi lain yang baru-baru ini menjadi populer.

Salah satunya adalah LRT (Light Rail Transit) dan MRT, yang terutama cocok bagi mereka yang tinggal di Bekasi dan Depok.

Dengan beragam pilihan transportasi ini, Anda dapat memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perjalanan Anda.