Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini

Stasiun Cikini, yang dikenal dengan kode CKI, merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di jantung Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Cikini Raya, Cikini, Menteng. Stasiun ini beroperasi pada ketinggian 20 meter dan secara eksklusif melayani rute KRL Commuter Line. Selain menjadi titik transit penting bagi komuter, stasiun ini memiliki sejarah yang kaya dan terus berkembang seiring waktu.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini Terbaru June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Sejarah Singkat Stasiun Cikini

Awalnya, Stasiun Cikini adalah sebuah halte kecil yang dibangun sebagai pengganti Halte Dierentuin. Pada masa itu, Dewan Kota Batavia menilai bahwa lokasi Halte Dierentuin tidak strategis untuk perkembangan kawasan Gondangdia dan Menteng. Oleh karena itu, mereka memerintahkan Staatsspoorwegen (SS) untuk membangun halte baru yang lebih praktis. SS kemudian mendirikan dua halte kecil di Gondangdia dan Menteng, yang diresmikan pada tahun 1926 dengan nama Tjikini.

Hingga akhir 1980-an, terdapat halte kereta api Pegangsaan di arah selatan Stasiun Cikini, sebelum Stasiun Manggarai. Halte ini terletak di sisi utara Jalan Diponegoro dan dibongkar pada penghujung 1980-an saat pembangunan rel kereta api layang antara Manggarai dan Jakarta Kota. Dari halte Pegangsaan, terdapat percabangan yang mengarah ke Stasiun Salemba.

Pada 5 Juni 1992, jalur layang Manggarai-Jakarta Kota diresmikan oleh Presiden Soeharto bersama Ibu Tien dan jajaran pemerintah dengan menaiki KRL dari Gambir menuju Stasiun Jakarta Kota. Sejak 1 Agustus 2019, stasiun ini, bersama beberapa stasiun lainnya, menghapus penjualan kartu single trip (Tiket Harian Berjaminan/THB) untuk KRL Commuter Line. Kebijakan ini diberlakukan karena mayoritas penumpang sudah terbiasa menggunakan kartu multi trip atau uang elektronik, yang membantu mengurangi antrean panjang pembelian tiket.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cikini

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cikini

Bangunan Stasiun Cikini memiliki desain modern dengan sentuhan panel berwarna cokelat yang dipertahankan hingga kini, sementara tiang peronnya dicat ulang menjadi krem. Proyek pembangunan yang dimulai pada Februari 1988 menghabiskan dana sebesar Rp432,5 miliar dan diresmikan meskipun belum sepenuhnya selesai. Stasiun ini baru beroperasi penuh setahun kemudian.

Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api. Di sisi selatan stasiun ini terdapat percabangan menuju jalur atas Stasiun Manggarai, yang merupakan bagian dari proyek renovasi Stasiun Manggarai. Fasilitas modern yang tersedia di stasiun ini mencakup musala, toilet, dan area komersial untuk kenyamanan penumpang.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Surabaya Kota Hari Ini Terbaru

Layanan Kereta Api di Stasiun Cikini

Stasiun Cikini melayani rute KRL Commuter Line dengan relasi perjalanan sebagai berikut:

  • Commuter Line Bogor: Relasi perjalanan dari Jakarta Kota menuju Bogor, dengan beberapa jadwal yang berhenti di Depok dan Nambo. Layanan ini sangat membantu penumpang yang bepergian antara pusat kota dan daerah penyangga.

Antarmoda Transportasi Pendukung

Stasiun Cikini memiliki akses yang baik ke berbagai moda transportasi umum yang mendukung mobilitas penumpang di sekitar stasiun. Berikut beberapa jenis angkutan umum yang tersedia:

Bus Kota Transjakarta

  • 4C (MetroTrans): Melayani rute Pemuda Merdeka – Bundaran Senayan.
  • 5M (MetroTrans): Melayani rute Terminal Kampung Melayu – Stasiun Tanah Abang (via RP Soeroso – Medan Merdeka Selatan).
  • 6H (Non BRT): Melayani rute Terminal Pasar Senen – Lebak Bulus (via Cikini Raya – Pegangsaan Timur).

Mikrotrans

  • JAK 10A: Melayani rute Stasiun Cikini – Stasiun Gondangdia (via Salemba Raya).
  • JAK 10B: Melayani rute Stasiun Cikini – Stasiun Gondangdia (via Kramat Raya).

Kesimpulan

Stasiun Cikini merupakan salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan fasilitas modern dan layanan yang lengkap, stasiun ini menjadi titik transit yang nyaman bagi ribuan penumpang setiap harinya. Sejarah panjang dan renovasi yang terus dilakukan memastikan bahwa stasiun ini dapat terus memenuhi kebutuhan penumpang dengan baik. Akses yang mudah ke berbagai moda transportasi umum juga membuat Stasiun Cikini menjadi pilihan utama bagi banyak komuter di Jakarta.