Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota (JAKK) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Dengan luas mencapai 325 hektare (3.250.000 m²), stasiun ini terletak pada ketinggian 4 meter dan termasuk dalam pengelolaan Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun Jakarta Kota merupakan salah satu dari lima stasiun utama di DKI Jakarta dan berfungsi sebagai stasiun terminus yang tidak memiliki jalur lanjutan. Stasiun ini melayani kereta api antarkota lintas tengah Pulau Jawa serta kereta komuter yang menghubungkan wilayah selatan dan utara Jabodetabek seperti Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Kota Depok, Kabupaten, dan Kota Bogor, Jawa Barat.

Dikenal juga dengan sebutan Stasiun Beos atau Stasiun Kota, nama asli stasiun ini adalah Stasiun Batavia-benedenstad. Nama “Stasiun Kota” juga dapat merujuk pada Stasiun Surabaya Kota. Stasiun Jakarta Kota merupakan salah satu stasiun tertua dan bersejarah di Jakarta, menjadikannya sebagai bagian penting dari warisan budaya kota.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Grogol

Sejarah Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Nama “Beos” memiliki beberapa versi, salah satunya mengacu pada nama stasiun Batavia BOS (Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij), sebuah perusahaan kereta api swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Versi lain menyebutkan bahwa “Beos” berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang berarti Batavia dan Sekitarnya, menggambarkan fungsi stasiun sebagai pusat transportasi yang menghubungkan Batavia dengan kota-kota lain seperti Bekasi, Bogor, Bandung, dan Karawang.

Pada akhir abad ke-19, Batavia memiliki lebih dari dua stasiun kereta api, salah satunya adalah Stasiun Batavia Noord (Batavia Utara) yang terletak di sebelah selatan Museum Sejarah Jakarta sekarang. Stasiun Jakarta Kota yang kita kenal saat ini dibangun sekitar tahun 1887 dan diresmikan pada 8 Oktober 1929. Acara peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Jenderal jhr. A.C.D. de Graeff, dan dihadiri oleh banyak pejabat tinggi Hindia Belanda.

Masa Kini Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota telah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Meskipun masih berfungsi, beberapa bagian stasiun terlihat kurang terawat. Namun, PT KAI melalui Unit Pelestarian Benda dan Bangunan Bersejarah telah melakukan berbagai upaya untuk menata dan merawat stasiun bersejarah ini. Renovasi dan penambahan fasilitas baru terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Jakarta Kota

Bangunan dan tata letak Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan gaya art deco yang kental. Bangunan peronnya memiliki kanopi memanjang dengan atap berbentuk huruf V yang disangga oleh struktur kantilever kolom tunggal dari baja. Awalnya, stasiun ini memiliki dua belas jalur kereta api, namun saat ini jumlah jalurnya berkurang menjadi sebelas. Jalur 1 yang lama sudah ditutup dan diubah menjadi ruang tunggu penumpang.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Nambo Duri Hari Ini Terbaru

Pada Februari 2022, sistem persinyalan elektrik lama produksi Siemens tipe SSI telah digantikan dengan yang terbaru produksi PT Len Industri. Penomoran jalur di stasiun ini diubah dengan mengurangi semua nomor jalurnya dengan angka satu. Sebelum menggunakan sinyal elektrik, stasiun Jakarta Kota menggunakan sinyal mekanik yang unik dengan dua lengan sinyal dalam satu tiang.

Stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat istirahat sementara bagi beberapa kereta api jarak jauh sebelum dipersiapkan pemberangkatannya di Gambir dan Pasar Senen. Selain itu, stasiun ini memiliki depo kereta yang terhubung langsung dengan jalur 9.

Layanan Kereta Api di Stasiun Jakarta Kota

Sejak sekitar tahun 2013-2014, semua kereta api penumpang jarak jauh dan menengah yang dahulu memiliki terminus di Stasiun Jakarta Kota dialihkan ke Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Kereta api yang dipindahkan ke Pasar Senen antara lain KA Gumarang, KA Gaya Baru Malam Selatan, dan KA Serayu, sedangkan KA Argo Parahyangan dan KA Gajayana dipindahkan ke Gambir. Namun, pada tanggal 29 Mei 2019, tiga perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah kelas ekonomi (KA Jayakarta, Menoreh, dan Kutojaya Utara) kembali berakhir di Stasiun Jakarta Kota. Mulai 1 Juni 2023, keberangkatan KA Menoreh dikembalikan ke Stasiun Pasar Senen karena okupansi yang minim di Stasiun Jakarta Kota.

Berikut adalah layanan kereta api yang berhenti di Stasiun Jakarta Kota sesuai Gapeka 2023:

Antarkota

Lintas Tengah Jawa

  • Kutojaya Utara: Kelas Ekonomi Premium, relasi perjalanan Jakarta Kota-Kutoarjo via Cirebon Prujakan dan Purwokerto.

Komuter (Commuter Line)

  • Commuter Line Bogor: Relasi perjalanan Jakarta Kota-Bogor, Depok, dan Nambo (sebagian jadwal).
  • Commuter Line Tanjung Priuk: Relasi perjalanan Tanjung Priuk-Jakarta Kota.
  • Commuter Line Cikarang (half racket via Pasar Senen): Relasi perjalanan Cikarang, Bekasi, Tambun (sebagian jadwal), Jakarta Kota (hanya pada jadwal malam dan dini hari).
BACA JUGA :  Daftar Stasiun Kereta Api Di Jakarta Lengkap

Antarmoda Transportasi Umum Dari dan Ke Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka. Berikut adalah rincian angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun:

Jenis Angkutan Umum
Trayek/Koridor
Tujuan
BRT Transjakarta
1
Blok M–Kota (di halte Kota)
BRT Transjakarta
3H
Stasiun Pesing–Kota (di halte Kota) (selama mitigasi proyek MRT CP202)
BRT Transjakarta
12
Tanjung Priok-Pluit (di halte Kota)
Bus Kota Transjakarta
1A
Pantai Maju PIK–Balai Kota (di halte Kota)
Bus Kota Transjakarta
12A
Stasiun Jakarta Kota–Pelabuhan Kaliadem (di halte Kota)
Bus Kota Transjakarta
12B
Pluit–Senen via Pasar Ikan–Muara Karang (di halte Kota)
Mikrotrans Transjakarta
JAK 10
Stasiun Jakarta Kota-Stasiun Tanah Abang (integrasi ke 122A2D35C 5K7F 8 8A9B10H12 12M)
Mikrotrans Transjakarta
JAK 13
Stasiun Jakarta Kota-Stasiun Tanah Abang (integrasi ke 1 2A 2D3 5K 89B12)
Mikrotrans Transjakarta
JAK 33
Stasiun Jakarta Kota–Terminal Pulo Gadung (integrasi ke 122A2D4 4D 4H 4K 4M 55D5E 5H 5K 7F 7M9B 10 10D 10H 12)
Mikrotrans Transjakarta
JAK 118
Terminal Kota Intan-Taman Waduk Papanggo
Mikrotrans Transjakarta
JAK 120
Terminal Muara Angke-Jakarta International Stadium

FAQ tentang Stasiun Jakarta Kota

  1. Berapa jalur yang ada di Stasiun Jakarta Kota? Stasiun Jakarta Kota memiliki tiga rute utama: Jakarta Kota-Bogor, Jakarta Kota-Nambo, dan Jakarta Kota-Tanjung Priok.
  2. Apakah Stasiun Jakarta Kota dekat dengan Kota Tua? Ya, Stasiun Jakarta Kota terletak cukup dekat dengan kawasan Kota Tua. Pengunjung dapat berjalan kaki sejauh kurang lebih 650 meter dengan waktu perjalanan sekitar 9 menit.
  3. Apakah Stasiun Jakarta Kota melayani kereta jarak jauh? Stasiun Jakarta Kota kembali melayani kereta api jarak jauh per 1 September 2020 setelah sempat berhenti sementara karena pandemi COVID-19.
  4. Di jalan apa Stasiun Jakarta Kota berada? Stasiun Jakarta Kota berlokasi di Jalan Stasiun Kota No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, 11110, Indonesia.
  5. Sampai jam berapa KRL Jakarta Kota beroperasi? Jam operasional KRL di Stasiun Jakarta Kota mulai pukul 03.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, sesuai dengan informasi yang disediakan di laman resmi KRL, commuterline.id.

Stasiun Jakarta Kota tidak hanya merupakan stasiun yang berfungsi sebagai pusat transportasi, tetapi juga merupakan bagian penting dari sejarah dan budaya Jakarta. Dengan berbagai layanan kereta api dan antarmoda yang tersedia, stasiun ini terus berperan dalam menghubungkan berbagai wilayah dan memfasilitasi mobilitas penduduk serta wisatawan.