Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kalideres

Stasiun Kalideres (KDS) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Stasiun ini berada pada ketinggian 7 meter dan hanya melayani rute KRL Commuter Line. Stasiun Kalideres adalah stasiun kereta api yang lokasinya paling barat di DKI Jakarta, sehingga sering menjadi pilihan bagi penumpang yang berada di wilayah tersebut.

Stasiun Kalideres memainkan peran penting dalam mendukung mobilitas warga Jakarta Barat dan sekitarnya. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi salah satu titik transit penting bagi komuter yang hendak menuju pusat kota atau daerah lain di Jabodetabek.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kalideres Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kalideres

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Bogor Jakarta Hari Ini Terbaru

Sejarah Stasiun Kalideres

Stasiun Kalideres telah mengalami berbagai perubahan sejak didirikan. Dahulu, stasiun ini dikelilingi oleh lapak-lapak pedagang kaki lima yang semrawut, menyebabkan ketidaknyamanan bagi penumpang. Namun, sejak 2013, pedagang-pedagang tersebut telah direlokasi untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para penumpang. Langkah ini merupakan bagian dari upaya PT KAI untuk meningkatkan kualitas layanan di stasiun-stasiun yang dikelolanya.

Stasiun Kalideres juga merupakan saksi bisu dari perkembangan transportasi di Jakarta Barat. Sebagai salah satu stasiun yang berada di jalur KRL Lin Tangerang, stasiun ini membantu memudahkan akses transportasi bagi warga yang tinggal di wilayah barat Jakarta, termasuk Kalideres dan sekitarnya.

Tata Letak Bangunan Stasiun Kalideres

Tata letak Bangunan Stasiun Kalideres

Stasiun Kalideres memiliki dua jalur kereta api yang keduanya merupakan sepur lurus. Tata letak bangunan stasiun ini dirancang untuk memudahkan penumpang dalam mengakses layanan kereta api dengan cepat dan efisien. Peron yang luas dan teratur membantu penumpang untuk naik dan turun kereta dengan aman.

Stasiun ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar yang memadai untuk mendukung kenyamanan penumpang. Meskipun tergolong kecil, Stasiun Kalideres tetap berfungsi optimal dalam melayani ribuan penumpang setiap harinya. Fasilitas yang tersedia meliputi loket tiket, ruang tunggu, dan toilet umum yang bersih.

Layanan Kereta Api

Stasiun Kalideres hanya melayani satu jenis layanan kereta api, yaitu KRL Commuter Line Lin Tangerang. Berikut adalah rincian layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini:

Komuter

Nama kereta api: Commuter Line Tangerang

  • Tujuan akhir: Duri – Tangerang
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan stasiun-stasiun di jalur Tangerang dengan pusat kota Jakarta melalui Stasiun Duri.

Antarmoda Pendukung

Untuk mendukung mobilitas penumpang, Stasiun Kalideres terhubung dengan berbagai moda transportasi lainnya. Berikut adalah beberapa angkutan umum yang dapat digunakan oleh penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka dari atau menuju Stasiun Kalideres:

BACA JUGA :  Info Jadwal KRL - KA - Kereta Api Di Indonesia Terbaru

Mikrotrans Transjakarta

  • JAK 50: Terminal Kalideres – Puri Indah Mall

Jalur Bis

  • C15 CILEDUG – SEMANAN
  • JAK50

Penumpang dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan mereka menggunakan bus kota atau mikrotrans yang tersedia di sekitar stasiun. Koneksi ini memastikan penumpang memiliki banyak opsi untuk mencapai tujuan mereka dengan nyaman.

FAQ

Apakah di Kalideres ada stasiun kereta api?

Ya, Stasiun Kalideres (KDS) adalah stasiun kereta api kecil yang terletak di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Stasiun ini melayani rute KRL Commuter Line dan merupakan stasiun paling barat di DKI Jakarta.

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Kalideres?

Stasiun terdekat dengan Stasiun Kalideres adalah:

  • SMAN 94 berjarak 86 meter, dengan berjalan kaki selama 2 menit.
  • Stasiun Kalideres berjarak 192 meter, dengan berjalan kaki selama 4 menit.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Kalideres?

Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Kalideres meliputi:

  • C15 CILEDUG – SEMANAN
  • JAK50

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Kalideres?

Jalur kereta yang berhenti dekat Stasiun Kalideres adalah Tangerang Line.

Di mana perhentian bis terdekat ke Stasiun Kalideres di Jakarta Barat?

Perhentian bis terdekat ke Stasiun Kalideres di Jakarta Barat adalah SMAN 94. Jaraknya 2 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Bis pertama ke Stasiun Kalideres di Jakarta Barat?

Bis pertama yang menuju Stasiun Kalideres di Jakarta Barat adalah C15 CILEDUG – SEMANAN, yang berhenti di dekat stasiun pada pukul 05.01.

Pukul berapa Bis terakhir ke Stasiun Kalideres di Jakarta Barat?

Bis terakhir yang menuju Stasiun Kalideres di Jakarta Barat adalah JAK50, yang berhenti di dekat stasiun pada pukul 22.51.

Berapa tarif Bis ke Stasiun Kalideres?

BACA JUGA :  Daftar Stasiun Kereta Api di Jawa Lengkap Terbaru

Tarif bis ke Stasiun Kalideres berkisar antara Rp3.500 hingga Rp6.000.

Dengan segala fasilitas dan layanan yang tersedia, Stasiun Kalideres terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi para penumpangnya. Stasiun ini tidak hanya menjadi titik transit penting, tetapi juga bagian integral dari sistem transportasi yang menghubungkan berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Renovasi dan peningkatan fasilitas yang terus dilakukan memastikan bahwa stasiun ini tetap nyaman dan aman bagi semua pengguna jasa kereta api.