Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Citayam

Stasiun Citayam (CTA) merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di perbatasan antara Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, dengan Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stasiun ini berada pada ketinggian 120 meter dan hanya melayani rute KRL Commuter Line, dengan jarak 37,6 km arah selatan dari Jakarta Kota. Dari stasiun ini, terdapat percabangan menuju Stasiun Nambo, yang awalnya direncanakan untuk membentuk jalur loopline dari Stasiun Parung Panjang hingga Stasiun Sungai Lagoa via Stasiun Cikarang. Namun, krisis ekonomi pada tahun 1998 dan jatuhnya pemerintahan Soeharto menyebabkan proyek ini tertunda selama dua tahun.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Citayam Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Citayam

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Malang Terbaru

Sejarah dan Perkembangan Stasiun Citayam

Stasiun Citayam adalah salah satu stasiun penting di jalur KRL Commuter Line Bogor yang telah mengalami beberapa kali renovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang. Awalnya, stasiun ini hanya melayani kereta api lokal dengan fasilitas yang terbatas. Namun, seiring dengan meningkatnya kebutuhan transportasi di wilayah Jabodetabek, stasiun ini diperluas dan ditingkatkan menjadi stasiun kelas II dengan dua jalur kereta api.

Pada awalnya, stasiun ini juga memiliki percabangan menuju Stasiun Nambo, yang awalnya direncanakan untuk membentuk jalur loopline dari Stasiun Parung Panjang hingga Stasiun Sungai Lagoa via Stasiun Cikarang. Namun, krisis ekonomi pada tahun 1998 dan jatuhnya pemerintahan Soeharto menyebabkan proyek ini tertunda selama dua tahun. Setelah itu, PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan KRD Manggarai-Nambo pp, namun jalur ini ditutup pada tahun 2006 karena kondisi kereta yang sudah tua dan okupansi penumpang yang rendah. Pada 1 April 2015, jalur cabang ke Nambo mulai melayani KRL Commuter Line Bogor, memberikan akses yang lebih baik bagi penumpang dari Citayam menuju berbagai tujuan di Jabodetabek.

Sejak 25 Maret 2021, stasiun ini bersama dengan beberapa stasiun lainnya di Jabodetabek menghapus penjualan kartu single-trip untuk KRL Commuter Line. Langkah ini diambil untuk mengurangi antrian dan meningkatkan efisiensi penjualan tiket.

Tata Letak Bangunan dan Fasilitas Stasiun Citayam

Tata Letak Bangunan Stasiun Citayam

Stasiun Citayam memiliki dua jalur kereta api utama, dengan jalur 1 mengarah ke Manggarai dan jalur 2 mengarah ke Bogor. Percabangan ke arah Nambo dimulai dari jalur 1 stasiun. Fasilitas yang tersedia di stasiun ini cukup memadai untuk kenyamanan penumpang, termasuk ruang tunggu yang nyaman, toilet, dan area parkir yang luas.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KA Prameks Prambanan Ekspres Hari Ini

Stasiun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang. Beberapa di antaranya adalah CCTV yang terpasang di beberapa titik strategis, serta petugas keamanan yang selalu siap siaga untuk membantu penumpang jika terjadi kendala.

Layanan Kereta Api di Stasiun Citayam

Stasiun Citayam melayani beberapa rute KRL Commuter Line yang sangat penting bagi mobilitas penumpang di wilayah Jabodetabek. Berikut adalah rincian layanan kereta api yang tersedia di stasiun ini:

  • Commuter Line Bogor: Relasi perjalanan dari Bogor atau Nambo (sebagian jadwal) menuju Jakarta Kota. Layanan ini sangat populer di kalangan penumpang yang tinggal di Bogor dan Depok yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta. Kereta ini menawarkan kenyamanan dan kecepatan dalam perjalanan, serta frekuensi keberangkatan yang tinggi sehingga penumpang dapat memilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Rute ini sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Bogor dan Depok yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta. KRL Commuter Line menawarkan perjalanan yang cepat dan nyaman, dengan frekuensi keberangkatan yang tinggi sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama.

Antarmoda Pendukung di Stasiun Citayam

Stasiun Citayam juga terhubung dengan berbagai moda transportasi umum lainnya, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan. Beberapa layanan angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun antara lain:

Angkutan Kota:

  • D-05: Trayek Depok–Bojonggede
  • D-07: Trayek Depok–Citayam
  • D-26: Trayek Citayam–Sawangan
  • F-111: Trayek Citayam–Sasakpanjang–Parung

Layanan angkutan umum ini memberikan kemudahan bagi penumpang untuk mencapai stasiun dari berbagai lokasi di sekitar Depok dan Bogor. Selain itu, angkutan umum ini juga memudahkan penumpang yang tiba di Stasiun Citayam untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan akhir dengan mudah.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon Kejaksaan Terbaru

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan KRL Commuter Line

Menggunakan KRL Commuter Line memiliki berbagai manfaat dan keuntungan bagi penumpang. Selain menawarkan perjalanan yang cepat dan bebas dari kemacetan, layanan KRL Commuter Line juga menyediakan kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Kereta api yang digunakan dalam layanan ini dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pendingin udara, tempat duduk yang nyaman, dan kebersihan yang terjaga.

Selain itu, frekuensi keberangkatan yang tinggi memungkinkan penumpang untuk memiliki fleksibilitas dalam memilih waktu keberangkatan. Hal ini sangat penting bagi mereka yang memiliki jadwal yang ketat atau yang sering berpergian pada jam-jam sibuk. Dengan adanya KRL Commuter Line, mobilitas penduduk di kawasan Bogor, Depok, dan sekitarnya menjadi lebih mudah dan efisien.

Kesimpulan

Stasiun Citayam adalah salah satu stasiun penting di jalur KRL Commuter Line Bogor. Dengan fasilitas yang memadai dan layanan kereta api yang andal, stasiun ini menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang di wilayah Depok dan Bogor. Akses yang baik ke berbagai moda transportasi umum lainnya juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan. Dengan demikian, Stasiun Citayam terus berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas masyarakat di wilayah Jabodetabek.