Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Mangga Besar

Stasiun Mangga Besar (MGB) adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Karang Anyar, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Meski dinamakan Mangga Besar, secara administratif stasiun ini tidak terletak di Kelurahan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, tetapi berada agak jauh di tenggara kelurahan tersebut. Nama Mangga Besar diambil dari jalan yang melintas di utara stasiun ini.

Stasiun ini berfungsi sebagai salah satu hub penting bagi para komuter yang menggunakan layanan KRL Commuter Line. Stasiun ini tidak hanya melayani warga sekitar, tetapi juga para pekerja yang bergerak menuju pusat bisnis dan perkantoran di Jakarta.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Mangga Besar Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Mangga Besar

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Malang Kotalama

Sejarah Stasiun Mangga Besar

Stasiun Mangga Besar merupakan bagian dari jalur layang Manggarai-Jakarta Kota yang diresmikan pada 5 Juni 1992 oleh Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Proyek ini dimulai pada Februari 1988 dengan anggaran sebesar Rp432,5 miliar rupiah dan selesai setahun setelah peresmian jalur layang tersebut.

Dibangun sebagai stasiun layang, Mangga Besar menjadi salah satu stasiun modern dengan infrastruktur yang lebih baik dibandingkan stasiun-stasiun lain yang lebih tua. Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan fasilitas transportasi publik di Jakarta, mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang setiap tahunnya.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Mangga Besar

Bangunan dan tata letak Stasiun Mangga Besar

Stasiun Mangga Besar memiliki desain modern dengan sentuhan panel berwarna oranye yang khas. Sejak pertama kali dibangun, cat dan desain eksteriornya tidak pernah diubah, menjaga ciri khas visualnya.

Stasiun ini memiliki dua jalur kereta api yang keduanya merupakan sepur lurus, memastikan kelancaran arus kereta yang melintas dan berhenti. Stasiun ini juga dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti loket tiket, ruang tunggu, dan beberapa toko kecil yang menyediakan kebutuhan penumpang.

Layanan Kereta Api

Stasiun Mangga Besar melayani beberapa rute KRL Commuter Line, terutama yang menghubungkan pusat kota dengan wilayah Bogor dan sekitarnya. Berikut adalah rincian layanan kereta api di stasiun ini:

Commuter Line Bogor

  • Tujuan Akhir: Jakarta Kota
  • Keterangan: Rute ini melayani perjalanan dari Bogor hingga Jakarta Kota dengan frekuensi perjalanan yang tinggi.

Commuter Line Bogor

  • Tujuan Akhir: Bogor
  • Keterangan: Melayani perjalanan dari Jakarta Kota hingga Bogor, mengakomodasi penumpang yang bekerja atau bersekolah di Jakarta.

Commuter Line Nambo

  • Tujuan Akhir: Nambo
  • Keterangan: Rute ini melayani beberapa perjalanan dari Jakarta Kota hingga Nambo, khususnya pada jam-jam tertentu.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Klender Baru

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Untuk mendukung mobilitas penumpang, Stasiun Mangga Besar terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum lainnya. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai stasiun ini:

Mikrotrans Transjakarta

JAK 10

Trayek: Stasiun Jakarta Kota–Stasiun Tanah Abang

Integrasi dengan layanan Mikrotrans Transjakarta ini memudahkan penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah lain di Jakarta tanpa harus berganti moda transportasi yang berbeda-beda.

FAQ Stasiun Mangga Besar

Halte apa yang paling dekat dengan Stasiun Mangga Besar?

  • St. Sawah Besar 1: Berjarak 46 meter, dengan berjalan kaki selama 1 menit.
  • Krekot: Berjarak 331 meter, dengan berjalan kaki selama 5 menit.
  • Luminor: Berjarak 517 meter, dengan berjalan kaki selama 7 menit.
  • Juanda: Berjarak 1017 meter, dengan berjalan kaki selama 14 menit.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Mangga Besar? Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Mangga Besar meliputi:

  • JAK10
  • M12

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Mangga Besar? Jalur kereta yang berhenti di Stasiun Mangga Besar adalah BOGOR LINE.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat? Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat adalah Juanda, berjarak 14 menit berjalan kaki.

Di mana perhentian bis terdekat ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat? Perhentian bis terdekat ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat adalah St. Sawah Besar 1, berjarak 1 menit berjalan kaki.

Pukul berapa kereta pertama ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat?

  • BOGOR LINE adalah kereta pertama yang menuju Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat, berhenti di sini pada pukul 05.05.

Pukul berapa kereta terakhir ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat?

  • BOGOR LINE adalah kereta terakhir yang menuju Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat, berhenti di sini pada pukul 00.30.
BACA JUGA :  Daftar Stasiun Kereta Api Di Jakarta Lengkap

Pukul berapa bis pertama ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat?

  • M12 adalah bis pertama yang menuju Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat, berhenti di sini pada pukul 03.05.

Pukul berapa bis terakhir ke Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat?

  • M12 adalah bis terakhir yang menuju Stasiun Mangga Besar di Jakarta Barat, berhenti di sini pada pukul 03.07.

Berapa tarif kereta ke Stasiun Mangga Besar? Tarif kereta ke Stasiun Mangga Besar berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp7.000,00.

Kesimpulan

Stasiun Mangga Besar adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta Pusat. Dengan fasilitas yang memadai dan desain modern, stasiun ini mampu melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan moda transportasi lain seperti Mikrotrans Transjakarta juga memudahkan mobilitas penumpang, menjadikannya pilihan yang nyaman bagi mereka yang bepergian di sekitar Jakarta.

Sebagai bagian dari jalur layang Manggarai-Jakarta Kota, Stasiun Mangga Besar terus berperan penting dalam mendukung sistem transportasi massal di Jakarta. Melalui berbagai peningkatan dan inovasi, stasiun ini diharapkan dapat terus memberikan layanan terbaik bagi penumpang dan berkontribusi dalam mengurangi kemacetan di ibu kota. Dengan tarif yang terjangkau dan akses mudah ke berbagai moda transportasi, Stasiun Mangga Besar tetap menjadi pilihan utama bagi banyak komuter di Jakarta.