Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai (MRI) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, pada ketinggian 13 meter. Termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta, stasiun ini memiliki luas sekitar 2,47 hektar dan merupakan stasiun terbesar di DKI Jakarta. Stasiun Manggarai melayani kereta api bandara dan KRL Commuter Line yang menghubungkan berbagai wilayah di Jabodetabek. Letaknya strategis berada di persimpangan tujuh jalur, yaitu ke Jatinegara, Jakarta Kota, Tanah Abang, Bogor, Depo KRL Bukit Duri, Pengawas Urusan Kereta, dan Balai Yasa Manggarai.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Manggarai Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Manggarai

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Bekasi Timur

Sejarah Stasiun Manggarai

Wilayah Manggarai sudah dikenal sejak abad ke-17 sebagai tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai, Flores. Jalur kereta api Batavia—Buitenzorg dibangun oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada tahun 1873, namun Stasiun Manggarai sendiri baru dibangun pada tahun 1914 dan selesai pada 1 Mei 1918. Pembangunan stasiun ini dipimpin oleh arsitek Belanda, Ir. J. van Gendt, yang juga merancang bangunan sekolah pendidikan perkeretaapian dan rumah dinas pegawai di sekitar kawasan stasiun.

Stasiun Manggarai menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada 3 Januari 1946, ketika kereta luar biasa (KLB) mengangkut rombongan Presiden Soekarno ke Kota Yogyakarta. Sejak saat itu, stasiun ini terus berkembang dan menjadi salah satu stasiun utama di Jakarta.

Pembangunan Stasiun Pusat

Pada 12 Agustus 2016, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bersama komunitas pecinta KRL Commuter Line mengadakan diskusi mengenai rencana pengembangan Stasiun Manggarai. Dengan tujuan menjawab keluhan antrean penumpang KCI yang terus meningkat setiap tahunnya, penyelesaian jalur dwiganda Cikarang—Manggarai dikebut. Selain itu, stasiun ini akan dibangun bertingkat untuk mengakomodasi kereta api jarak jauh dan KRL Commuter Line dengan jalur masing-masing. Stasiun ini diharapkan menjadi stasiun pusat bagi KRL Commuter Line dan terminus untuk KRL Bandara Soekarno-Hatta.

Renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun 2017 dengan penambahan bangunan baru berarsitektur modern minimalis futuristik menjadi tiga lantai. Lantai 1 merupakan emplasemen KRL Commuter Line dan KRL bandara, lantai 2 adalah area komersial, dan lantai 3 digunakan untuk pemberhentian KRL Commuter Line serta kereta api jarak jauh. Bangunan lama stasiun yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen tetap dipertahankan sebagai cagar budaya.

Tata Letak Bangunan dan Fasilitas Stasiun Manggarai

Bangunan dan tata letak Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan penumpang. Di sebelah stasiun terdapat Balai Yasa Manggarai, bengkel untuk perawatan rutin dan reparasi kereta penumpang, serta depo KRL Bukit Duri yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan perawatan harian aneka kereta rel listrik.

BACA JUGA :  Stasiun Tangerang : Jadwal KRL Tangerang Duri Commuterline Terbaru

Awalnya, Stasiun Manggarai memiliki sembilan jalur kereta api yang digunakan untuk pemberhentian KRL. Namun, dengan pengembangan yang selesai pada 25 September 2021, jumlah jalur stasiun bertambah menjadi tiga belas jalur. Jalur 10 hingga 13 di lantai atas digunakan untuk layanan Lin Bogor, sementara jalur di lantai bawah digunakan untuk Lin Cikarang dan KRL Bandara Soekarno-Hatta.

Layanan Kereta Api

Stasiun Manggarai melayani berbagai rute KRL Commuter Line dan kereta api bandara. Berikut adalah layanan kereta api yang tersedia:

Lantai Atas

Commuter Line Bogor

  • Relasi Perjalanan: Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota

Lantai Bawah

Commuter Line Cikarang (half racket)

  • Relasi Perjalanan: Cikarang/Bekasi/Tambun – Angke (via Tanah Abang-Manggarai) atau Jakarta Kota (via Pasar Senen)

Commuter Line Cikarang (full racket)

  • Relasi Perjalanan: Kampung Bandan – Cikarang/Bekasi/Tambun (searah jarum jam via Tanah Abang atau berlawanan arah jarum jam via Manggarai)

Kereta Api Bandara

Commuter Line Basoetta

  • Relasi Perjalanan: Manggarai – Bandara Soekarno-Hatta

Antarmoda Transportasi Umum Pendukung

Stasiun Manggarai juga dilengkapi dengan berbagai layanan antarmoda untuk memudahkan penumpang melanjutkan perjalanan mereka. Berikut adalah beberapa layanan angkutan umum yang tersedia:

BRT Transjakarta

  • Trayek 4: Pulo Gadung – Galunggung (halte Manggarai)
  • Trayek 4D: Pulo Gadung – Patra Kuningan (halte Manggarai)

Bus Kota Transjakarta

  • Trayek 4B: Stasiun Manggarai – Universitas Indonesia
  • Trayek 6M: Stasiun Manggarai – Terminal Blok M

Mikrotrans Transjakarta

  • JAK 86: Terminal Manggarai – Terminal Rawamangun

JR Connexion (Perum DAMRI)

  • x9: Stasiun Bogor – Stasiun Manggarai

FAQ

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Manggarai?

  • Stasiun terdekat dengan Stasiun Manggarai adalah Stasiun Matraman, berjarak sekitar 379 meter atau sekitar 6 menit berjalan kaki.
BACA JUGA :  Jadwal KRL Commuterline Dari Stasiun Tanah Abang Hari Ini Terbaru

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Manggarai?

  • Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Manggarai antara lain 4, 6M, dan JAK86.

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Manggarai?

  • Jalur kereta yang berhenti di Stasiun Manggarai adalah Bogor Line, KA Bandara Soekarno-Hatta, dan Lingkar Cikarang Line.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan?

  • Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan adalah Stasiun Matraman, berjarak sekitar 6 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Kereta pertama ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan?

  • Lingkar Cikarang Line adalah kereta pertama yang menuju Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan, berhenti pada pukul 04.00.

Pukul berapa Kereta terakhir ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan?

  • Lingkar Cikarang Line adalah kereta terakhir yang menuju Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan, berhenti pada pukul 00.26.

Pukul berapa Bis pertama ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan?

  • M4 adalah bis pertama yang menuju Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan, berhenti pada pukul 03.10.

Pukul berapa Bis terakhir ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan?

  • M4 adalah bis terakhir yang menuju Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan, berhenti pada pukul 02.34.

Berapa tarif Kereta ke Stasiun Manggarai?

  • Tarif kereta ke Stasiun Manggarai berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp8.000,00.

Dengan informasi ini, diharapkan penumpang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menikmati fasilitas yang tersedia di Stasiun Manggarai, yang merupakan pusat transportasi penting di Jakarta.