Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duri

Stasiun Duri (DU) adalah stasiun kereta api kelas I yang berlokasi di Jalan Duri Utara, pada perbatasan antara Duri Utara dan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat. Berada pada ketinggian 9 meter, stasiun ini melayani kereta api komuter dan bandara yang menuju wilayah barat Jabodetabek seperti Jakarta Barat dan Kota Tangerang, Banten.

Stasiun ini berada di tengah permukiman yang padat. Sebelumnya, area sekitar stasiun dipenuhi oleh gubuk liar dan pedagang kaki lima. Namun, setelah penggusuran pada Mei 2013, stasiun ini telah dibersihkan dari pedagang, meski sempat menimbulkan gangguan pada jadwal KRL akibat pemblokiran jalur oleh para pedagang tersebut. Mulai 20 Desember 2018, Stasiun Duri juga melayani penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duri Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duri

BACA JUGA :  Stasiun Rangkasbitung - Jadwal Kereta Api, Jadwal KRL, Informasi Terbaru

Sejarah dan Perkembangan

Stasiun Duri memiliki sejarah panjang yang dimulai dari masa kolonial Belanda. Didirikan pada 2 Januari 1899 oleh Staatssporwegen (SS), stasiun ini dibangun sebagai bagian dari rencana pengoperasian jalur kereta api Jakarta-Angke-Rangkasbitung. Keberadaan percabangan ke Tangerang sepanjang 23 km menandai pentingnya stasiun ini dalam menghubungkan berbagai wilayah di sekitar Jakarta. Pada 1 Oktober 1899, jalur kereta api Duri-Rangkasbitung sepanjang 76 km diresmikan dan kemudian diperluas hingga Serang dan Anyer pada tahun 1900.

Stasiun ini juga pernah memiliki percabangan ke Pabrik Gas PGN milik Nederlandsch-Indische Gasmaatschappij (NIGM). Percabangan ini dibangun untuk melayani angkutan gas dari pabrik yang didirikan pada tahun 1859. Meskipun percabangan ini sekarang tidak lagi beroperasi, jejak sejarahnya masih bisa dirasakan di area sekitar stasiun.

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duri

Bangunan dan tata letak Stasiun Duri

Stasiun Duri kini memiliki lima jalur kereta api, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Jalur 1 digunakan sebagai sepur belok untuk KRL Blue Line arah Angke dan Jatinegara. Jalur 2 adalah sepur lurus yang melayani rute ke Tanah Abang, Bekasi, Tambun, dan Cikarang. Jalur 3 dan 4 melayani KRL Railink Basoetta dengan tujuan Sudirman Baru dan Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan jalur 5 digunakan sebagai jalur terminus untuk KRL Brown Line arah Tangerang.

Perombakan besar-besaran pada 2017–2018 membuat stasiun ini kini memiliki dua lantai yang dilengkapi dengan lift dan eskalator. Pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, terutama dengan hadirnya KA Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi di stasiun ini pada 20 Desember 2018. Bangunan lama yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen dirobohkan untuk memberikan ruang bagi infrastruktur modern yang lebih memadai.

Layanan Kereta Api di Stasiun Duri

Stasiun Duri melayani berbagai rute kereta api, baik untuk komuter maupun kereta bandara. Berikut adalah rincian layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini:

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Bekasi Timur

Kereta Bandara

  • Commuter Line Basoetta: Melayani rute dari Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini memudahkan penumpang yang ingin menuju bandara dengan cepat dan nyaman.

Komuter

  • Commuter Line Tangerang: Melayani perjalanan dari Duri ke Tangerang, memberikan alternatif transportasi yang efisien bagi penumpang yang tinggal di wilayah Tangerang dan bekerja di Jakarta.
  • Commuter Line Cikarang (half racket): Melayani rute dari Cikarang, Bekasi, Tambun (sebagian jadwal), ke Angke via Tanah Abang dan Manggarai. Rute ini sangat penting bagi penumpang yang tinggal di wilayah Cikarang dan Bekasi.
  • Commuter Line Cikarang (full racket): Melayani rute dari Kampung Bandan dengan perjalanan searah jarum jam via Pasar Senen dan berlawanan arah jarum jam via Manggarai.

Antarmoda Transportasi Pendukung Dari Dan Ke Stasiun Duri

Stasiun Duri juga dilengkapi dengan berbagai moda transportasi pendukung yang memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka. Salah satu angkutan umum yang tersedia adalah TRON/Trans Mikro Bersama dengan rute Stasiun Duri ke Taman Baharia PIK II.

Penutup

Stasiun Duri memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line dan KA Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Dengan sejarah yang kaya dan berbagai fasilitas modern, stasiun ini terus berupaya meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Stasiun Duri tidak hanya menjadi titik transit penting bagi komuter, tetapi juga sebagai penghubung utama bagi mereka yang menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan berbagai perbaikan dan peningkatan layanan, Stasiun Duri siap menghadapi tantangan di masa depan, terus mendukung mobilitas penduduk Jakarta dan sekitarnya dengan efisien dan nyaman. Stasiun ini adalah contoh nyata dari bagaimana infrastruktur transportasi dapat beradaptasi dan berkembang untuk melayani kebutuhan masyarakat yang terus berubah.