Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Angke

Berikut ini adalah informasi jadwal kereta KRL Commuterline dari Stasiun Angke terbaru hari ini di June 2024 beserta info penting lainnya.

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Angke Terbaru Hari Ini June 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Angke

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wates

Stasiun Angke: Sejarah dan Perkembangan

Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Angke Terbaru Hari Ini June 2024

Stasiun Angke (AK) merupakan salah satu stasiun kereta api kelas II yang terletak di antara perbatasan Kelurahan Jembatan Lima dan Angke, Tambora, Jakarta Barat. Sebagai bagian dari jaringan KRL Commuter Line, stasiun ini memiliki peran penting dalam menyediakan akses transportasi bagi penduduk Jakarta Barat. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang sejarah, perkembangan, dan layanan yang tersedia di Stasiun Angke.

Sejarah Pendirian

Stasiun Angke didirikan oleh Staatsspoorwegen (SS) pada tanggal 2 Januari 1899, bersamaan dengan pengoperasian jalur KA Batavia-Rangkasbitung. Pada awalnya, jalur dari Stasiun Batavia Zuid menuju ke Angke melalui Jalan Pasar Asemka. Namun, kemudian jalur tersebut diputus setelah dibangunnya jalur baru yang memutar melalui daerah Kota Intan dan Kampung Bandan. Meskipun demikian, Stasiun Angke tetap berperan sebagai titik pemberangkatan awal untuk kereta api penumpang yang menuju Stasiun Tangerang.

Perkembangan dan Perubahan

Pada era 1970-an, emplasemen stasiun ini memiliki banyak jalur serta rel cabang. Terdapat jalur sepur lurus untuk lalu-lalang kereta, serta jalur sepur belok dan sepur simpan untuk menyimpan rangkaian gerbong barang. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, beberapa jalur dan fasilitas tersebut mengalami pembongkaran dan perubahan.

Pada tahun 1987, jalur kereta api di petak Manggarai-Kampung Bandan via Tanah Abang dielektrifikasi. Hingga akhir era 1990-an, Stasiun Angke menggunakan sebuah kanopi yang kemudian dipindahkan ke Stasiun Parung Panjang. Saat ini, stasiun ini hanya memiliki 3 jalur, dengan bangunan stasiun yang juga digunakan sebagai pasar dan pertokoan.

Layanan Kereta Api Di Stasiun Angke

Bangunan dan tata letak Stasiun Angke

Stasiun Angke melayani berbagai layanan KRL Commuter Line, termasuk beberapa relasi perjalanan seperti:

  • C Commuter Line Cikarang (half racket): Trayek Cikarang-Angke-Bekasi-Tambun (sebagian jadwal), melalui rute Tanah Abang-Manggarai.
  • C Commuter Line Cikarang (full racket): Trayek Cikarang-Angke-Bekasi-Tambun (sebagian jadwal), dengan perjalanan searah jarum jam via Pasar Senen dan berlawanan arah jarum jam via Manggarai.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Tebet

Layanan ini memberikan akses transportasi yang penting bagi penduduk Jakarta Barat, terutama dalam melakukan perjalanan sehari-hari ke tempat kerja atau kegiatan lainnya.

Peran Stasiun Angke dalam Mobilitas Jakarta Barat

Sebagai salah satu stasiun utama di Jakarta Barat, Stasiun Angke memiliki peran yang vital dalam mendukung mobilitas penduduk di wilayah tersebut. Dengan menyediakan akses transportasi yang mudah dan terjangkau, stasiun ini menjadi pusat aktivitas transportasi bagi masyarakat sekitar. Selain itu, dengan layanan KRL Commuter Line yang tersedia, Stasiun Angke juga membantu mengurangi kemacetan dan mempromosikan penggunaan transportasi umum.

Kesimpulan

Stasiun Angke memiliki sejarah yang panjang dan perkembangan yang signifikan sejak didirikan pada tahun 1899. Meskipun mengalami perubahan dalam fasilitas dan layanan, peran stasiun ini dalam mendukung mobilitas penduduk Jakarta Barat tetap tidak tergantikan. Dengan layanan KRL Commuter Line yang tersedia, Stasiun Angke terus menjadi titik penting bagi para pengguna transportasi umum di wilayah Jakarta Barat.