Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gondangdia

Stasiun Gondangdia (GDD) adalah stasiun kereta api kelas II yang berlokasi di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Walaupun dinamai Gondangdia, stasiun ini sebenarnya berada sedikit ke utara dari Kelurahan Gondangdia. Stasiun ini beroperasi pada ketinggian 17 meter dan melayani rute KRL Commuter Line.

Lokasinya yang strategis dekat dengan kawasan perkantoran, termasuk MNC Asia Holding, menjadikannya stasiun penting bagi para komuter. Dahulu, di lantai bawah kompleks stasiun ini terdapat kios-kios pedagang yang menyewa tempat kepada PT Kereta Api, namun kini ruang-ruang komersial tersebut telah dibongkar.

Stasiun Gondangdia juga menjadi kantor pusat bagi dua anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia. Yang pertama adalah PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), yang bergerak di bidang kurir dan kargo. Yang kedua adalah PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata), yang bergerak di bidang pariwisata.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gondangdia Hari Ini Di June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gondangdia

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Bogor Jakarta Hari Ini Terbaru

Latar Belakang dan Sejarah

Stasiun Gondangdia memiliki sejarah panjang sejak masa kolonial Belanda. Awalnya dibangun sebagai halte kecil pada tahun 1926, stasiun ini didirikan untuk menggantikan Halte Dierentuin yang dianggap tidak strategis. Keputusan Dewan Kota Batavia saat itu untuk memindahkan halte ini didasari oleh perkembangan kawasan Gondangdia dan Menteng yang pesat. Halte baru ini kemudian diresmikan dan dikenal sebagai Halte Gondangdia.

Pada tahun 1992, stasiun ini menjadi bagian dari proyek jalur layang segmen Manggarai-Jakarta Kota yang diresmikan oleh Presiden Soeharto. Pembangunan ini mengubah halte kecil menjadi stasiun layang yang modern dan strategis. Sejak saat itu, Stasiun Gondangdia telah menjadi salah satu titik penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta.

Bangunan dan tata letak Stasiun Gondangdia

Bangunan dan tata letak Stasiun Gondangdia

Stasiun Gondangdia dirancang dengan arsitektur modern dan fasilitas yang memadai untuk melayani ribuan penumpang setiap harinya. Bangunan stasiun ini dilengkapi dengan panel berwarna kuning yang khas, yang tetap dipertahankan sejak pertama kali dicat. Dengan dua jalur kereta api, stasiun ini mampu mengakomodasi berbagai rute KRL Commuter Line, memastikan kelancaran arus penumpang.

Stasiun ini juga memiliki fasilitas penunjang seperti kantor pusat PT Kereta Api Logistik dan PT Kereta Api Pariwisata. Selain itu, area sekitar stasiun sedang dalam proses renovasi untuk meningkatkan integrasi dengan moda transportasi lain seperti Transjakarta. Proyek ini juga mencakup penataan kembali pedagang kaki lima dan peningkatan akses pejalan kaki, yang diharapkan dapat selesai pada tahun 2021.

Layanan Kereta Api

Stasiun Gondangdia melayani rute KRL Commuter Line dengan tujuan utama Jakarta Kota dan Bogor. Berikut adalah layanan kereta api yang tersedia di stasiun ini:

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon Kejaksaan Terbaru

Commuter Line Bogor

  • Relasi: Jakarta Kota – Bogor
  • Depok (sebagian jadwal)
  • Nambo (sebagian jadwal)

Layanan ini memastikan penumpang dapat dengan mudah mengakses berbagai wilayah di Jabodetabek, terutama bagi mereka yang bekerja di pusat kota Jakarta.

Antarmoda Pendukung Transportasi Umum Dari Dan Ke Stasiun Gondangdia

Untuk memudahkan mobilitas penumpang, Stasiun Gondangdia terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum. Berikut adalah rincian angkutan umum yang tersedia:

Bus Kota Transjakarta

  • 1H (MetroTrans): Rute dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Tanah Abang.
  • 2P (Non BRT): Rute dari Stasiun Gondangdia ke Terminal Senen.
  • 2Q (Non BRT): Rute dari Stasiun Gondangdia ke Balai Kota DKI Jakarta.
  • 6H (Non BRT): Rute dari Terminal Senen ke Lebak Bulus.

Mikrotrans

  • 10A: Rute dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Cikini melalui Salemba Raya.
  • 10B: Rute dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Cikini melalui Kramat Raya.

Stasiun Gondangdia dalam Budaya Populer

Stasiun Gondangdia telah menjadi bagian dari budaya populer Indonesia. Pada tahun 2015, grup musik Duo Anggrek merilis lagu berjudul “Cikini ke Gondangdia,” yang terinspirasi dari nama stasiun ini dan Stasiun Cikini. Selain itu, stasiun ini juga dijadikan lokasi pengambilan video musik oleh band asal Yogyakarta, The Rain, untuk lagu mereka yang berjudul “Ujung Pertemuan” yang dirilis pada tahun 2019.

Kesimpulan

Stasiun Gondangdia memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta. Dengan sejarah yang kaya dan fasilitas modern, stasiun ini terus berupaya meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan penumpangnya.