Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duren Kalibata

Stasiun Duren Kalibata (DRN), yang dulunya dikenal sebagai Halte Tjililitan pada masa kolonial Belanda, adalah stasiun kereta api kelas II yang berlokasi di Kelurahan Rawa Jati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Stasiun ini berada pada ketinggian +26 meter di atas permukaan laut dan hanya melayani rute KRL Commuter Line. Lokasinya yang strategis menjadikannya pilihan utama bagi banyak penumpang, terutama karena dekat dengan beberapa tempat penting seperti Kompleks Perumahan DPR RI, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Apartemen Woodland Park Residence, Kalibata Plaza, dan Kalibata City.

Nama stasiun ini mungkin berasal dari sebuah sentra penjualan durian yang terletak sekitar 550 meter dari stasiun, di Jalan Raya Kalibata, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Meski demikian, masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai Stasiun Kalibata saja, tanpa embel-embel “Duren”. Penyebutan nama lengkap stasiun biasanya hanya digunakan dalam pengumuman resmi dan kepentingan formal lainnya.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duren Kalibata Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Duren Kalibata

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon Prujakan Terbaru

Sejarah dan Pembangunan

Stasiun Duren Kalibata telah mengalami berbagai perubahan sejak era kolonial Belanda. Awalnya, stasiun ini bernama Halte Tjililitan dan berfungsi sebagai halte kecil yang melayani kereta api lokal. Seiring dengan perkembangan kota Jakarta dan peningkatan jumlah penduduk, stasiun ini mengalami renovasi dan peningkatan fasilitas untuk melayani lebih banyak penumpang. Kini, Stasiun Duren Kalibata menjadi salah satu stasiun penting di jalur KRL Commuter Line.

Tata Letak dan Fasilitas Stasiun Duren Kalibata

Stasiun Duren Kalibata memiliki dua jalur kereta api, yang digunakan untuk melayani rute KRL Commuter Line. Fasilitas di stasiun ini cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan penumpang, termasuk ruang tunggu yang nyaman, toilet, dan loket tiket. Selain itu, stasiun ini juga dilengkapi dengan beberapa kios dan tempat makan yang menyediakan berbagai kebutuhan penumpang.

Layanan Kereta Api

Stasiun Duren Kalibata hanya melayani rute KRL Commuter Line dengan tujuan utama sebagai berikut:

  • Commuter Line Bogor: Melayani rute perjalanan dari Bogor menuju Jakarta Kota, dengan beberapa jadwal melayani hingga Nambo.

Layanan KRL Commuter Line di Stasiun Duren Kalibata sangat penting bagi mobilitas penduduk di wilayah Jabodetabek, khususnya bagi mereka yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Dengan jadwal yang teratur dan frekuensi tinggi, layanan ini memastikan penumpang dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan nyaman.

Integrasi dengan Antarmoda Transportasi

Stasiun Duren Kalibata juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi pendukung yang memudahkan mobilitas penumpang dari dan menuju stasiun. Beberapa angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun adalah:

Mikrotrans Transjakarta

  • JAK-18: Stasiun Duren Kalibata-Guntur
  • JAK-43B: Pusat Grosir Cililitan-Bukit Duri

Bus Kota Transjakarta

  • 7B (Non BRT): Blok M-Kampung Rambutan (via TMP Kalibata–Duren Tiga Raya), terintegrasi dengan koridor 1, 4, 6, 6A, 6B, 7, 9, 10, dan 13.
  • 7Q (Metrotrans): Blok M-PGC (via TMP Kalibata–Duren Tiga Raya), terintegrasi dengan koridor 1, 4, 6, 6A, 6B, 7, 9, 10, dan 13.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Kiaracondong Terbaru

Integrasi dengan moda transportasi lain ini sangat penting untuk memastikan perjalanan penumpang lebih efisien dan lancar.

Kesimpulan

Stasiun Duren Kalibata memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek. Dengan berbagai fasilitas modern dan layanan kereta api yang efisien, stasiun ini mampu melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Dengan peran pentingnya dalam mendukung mobilitas masyarakat di kawasan Jabodetabek, Stasiun Duren Kalibata terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan penumpang saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan diri menghadapi peningkatan jumlah penumpang di masa depan. Stasiun Duren Kalibata adalah contoh nyata dari upaya PT KAI dan KAI Commuter dalam meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia.