Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Depok Baru

Stasiun Depok Baru (DPB), yang juga dikenal dengan nama Stasiun Margonda, adalah stasiun kereta api kelas I yang berlokasi di Jalan Stasiun Depok Baru, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Stasiun ini terletak pada ketinggian 93 meter di atas permukaan laut dan melayani kereta api komuter Commuter Line. Jaraknya sekitar 30,9 kilometer arah selatan dari Jakarta Kota, menjadikannya salah satu stasiun penting di jaringan KRL Commuter Line Jabodetabek.

Lokasi stasiun ini sangat strategis, berada di belakang Kantor Wali Kota Depok, ITC Depok, dan Terminal Margonda. Stasiun Depok Baru juga berseberangan dengan Markas Besar Polres Kota Depok, sehingga aksesibilitasnya sangat mudah bagi penumpang dari berbagai arah.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Depok Baru Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Depok Baru

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Nambo Duri Hari Ini Terbaru

Sejarah Stasiun Depok Baru

Stasiun Depok Baru dibangun oleh pemerintah Orde Baru sebagai respons terhadap peningkatan jumlah penghuni di perumnas Depok 1 dan Depok 2. Sebelumnya, Stasiun Depok yang sudah ada tidak lagi mampu menampung jumlah penumpang yang semakin membludak. Oleh karena itu, dibangunlah Stasiun Depok Baru untuk mendukung kebutuhan transportasi masyarakat Depok yang terus berkembang.

Stasiun ini resmi dibuka pada tanggal 31 Mei 1983 dan diresmikan oleh Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah serta Menteri Perhubungan Roesmin Noerjadin. Sejak saat itu, Stasiun Depok Baru terus berkembang menjadi salah satu stasiun utama yang melayani penumpang komuter dari dan menuju Jakarta.

Per tanggal 25 Maret 2021, stasiun ini bersama beberapa stasiun lainnya seperti Bekasi, Tanah Abang, Kranji, Depok, Jakarta Kota, Bojonggede, Citayam, Parungpanjang, dan Angke, resmi menghapus penjualan kartu single trip (Tiket Harian Berjaminan/THB) untuk KRL Commuter Line. Kebijakan ini diambil karena mayoritas penumpang KRL Commuter Line sudah terbiasa menggunakan kartu multi trip maupun uang elektronik.

Tata Letak dan Bangunan Stasiun Depok Baru

Tata Letak dan Bangunan Stasiun Depok Baru

Stasiun Depok Baru memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 dan 3 sebagai sepur lurus. Desain bangunan stasiun ini cukup modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan penumpang. Salah satu fitur menarik dari stasiun ini adalah adanya akses penyeberangan lewat atas yang terletak di tengah-tengah peron. Namun, akses ini sudah tidak terpakai lagi karena sekarang penyeberangan dilakukan melalui jalur bawah (underpass).

Stasiun ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti ruang tunggu yang nyaman, toilet, dan loket tiket. Selain itu, terdapat juga beberapa kios dan tempat makan yang menyediakan berbagai kebutuhan penumpang.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikoya

Layanan Kereta Api di Stasiun Depok Baru

Stasiun Depok Baru melayani rute KRL Commuter Line dengan tujuan utama sebagai berikut:

  • Commuter Line Bogor: Melayani rute perjalanan dari Bogor menuju Jakarta Kota, dengan beberapa jadwal melayani hingga Nambo.

Layanan KRL Commuter Line di Stasiun Depok Baru sangat penting bagi mobilitas penduduk di wilayah Jabodetabek, khususnya bagi mereka yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Dengan jadwal yang teratur dan frekuensi tinggi, layanan ini memastikan penumpang dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan nyaman.

Integrasi dengan Antarmoda Transportasi

Stasiun Depok Baru juga terintegrasi dengan berbagai moda transportasi pendukung yang memudahkan mobilitas penumpang dari dan menuju stasiun. Angkutan umum seperti angkot dan ojek tersedia di sekitar stasiun untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan di Kota Depok dan sekitarnya. Integrasi dengan moda transportasi lain ini sangat penting untuk memastikan perjalanan penumpang lebih efisien dan lancar.

Pentingnya Stasiun Depok Baru dalam Jaringan KRL

Stasiun Depok Baru memainkan peran penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek. Dengan lokasi strategis dan fasilitas yang terus berkembang, stasiun ini menjadi salah satu titik transit utama bagi penumpang yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Stasiun ini juga berfungsi sebagai penghubung antara berbagai moda transportasi umum, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Selain itu, dengan adanya jalur ganda yang menghubungkan stasiun ini dengan berbagai stasiun lain di wilayah Jabodetabek, Stasiun Depok Baru mampu mengurangi kepadatan penumpang dan meningkatkan efisiensi perjalanan. Hal ini sangat penting mengingat tingginya mobilitas penduduk di kawasan Jabodetabek yang terus meningkat setiap tahunnya.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Surabaya Kota Hari Ini Terbaru

Kesimpulan

Stasiun Depok Baru adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek. Dengan berbagai fasilitas modern dan layanan kereta api yang efisien, stasiun ini mampu melayani ribuan penumpang setiap harinya. Integrasi dengan berbagai moda transportasi umum juga memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan.

Dengan peran pentingnya dalam mendukung mobilitas masyarakat di kawasan Jabodetabek, Stasiun Depok Baru terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan penumpang saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan diri menghadapi peningkatan jumlah penumpang di masa depan. Stasiun Depok Baru adalah contoh nyata dari upaya PT KAI dan KAI Commuter dalam meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia.