Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Maja

Stasiun Maja (MJ) adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, pada ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini secara khusus melayani rute KRL Commuter Line, yang memudahkan mobilitas masyarakat sekitar menuju pusat kota dan sekitarnya. Keberadaan stasiun ini penting dalam mendukung aktivitas komuter, terutama sejak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperpanjang rutenya hingga Stasiun Rangkasbitung pada 1 April 2017.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Maja Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Maja

BACA JUGA :  Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Bojonggede

Sejarah dan Perkembangan

Sebelum diperpanjangnya rute KRL Commuter Line ke Rangkasbitung, Stasiun Maja hanya melayani perjalanan kereta api lokal. Langkah PT Kereta Commuter Indonesia memperpanjang layanan KRL ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kereta api komuter di wilayah Kabupaten Lebak. Perpanjangan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan aksesibilitas transportasi publik yang nyaman, cepat, dan efisien.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Maja

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Maja

Pada tahun 2014, Direktorat Jenderal Perkeretaapian membangun bangunan baru untuk Stasiun Maja. Desain bangunan baru ini mengusung gaya modern minimalis, mirip dengan desain Stasiun Palmerah, Kebayoran, dan Parungpanjang. Pembangunan ini selesai pada 11 Mei 2016, menggantikan bangunan lama yang terletak di sebelah barat lautnya.

Stasiun ini awalnya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Namun, seiring dengan pengoperasian jalur ganda pada petak Maja-Parungpanjang pada 17 Desember 2015 dan petak Rangkasbitung-Maja pada 1 Desember 2019, tata letak jalur mengalami perubahan signifikan. Jalur 2 eksisting sekarang dijadikan sepur lurus arah Tanah Abang, sementara jalur 1 dijadikan sepur lurus arah Rangkasbitung. Jalur 3, yang merupakan sepur badug baru, ditambahkan untuk mengakomodasi kebutuhan operasional kereta.

Sejak 17 April 2013, Stasiun Maja sudah mulai melayani KRL Commuter Line AC dengan tujuan Stasiun Tanah Abang. Ini merupakan langkah awal sebelum dioperasikannya jalur ganda sepenuhnya pada 1 Desember 2019. Saat ini, hanya ada satu layanan KRL Commuter Line yang berhenti di stasiun ini, yaitu rute Tanah Abang-Rangkasbitung.

Layanan Kereta Api

Stasiun Maja saat ini melayani rute KRL Commuter Line sebagai berikut:

Commuter Line Rangkasbitung

  • Relasi Perjalanan: Tanah Abang – Rangkasbitung
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan penumpang dari Tanah Abang ke Rangkasbitung dengan frekuensi perjalanan yang diatur sedemikian rupa untuk mengakomodasi kebutuhan komuter.
BACA JUGA :  Stasiun Jember – Info Jadwal Kereta Api dan Layanan

Antarmoda Pendukung

Stasiun Maja didukung oleh layanan antarmoda yang membantu penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan. Meski saat ini fokus utama adalah pada layanan kereta api, keberadaan angkutan umum lokal seperti angkot dan bus kecil juga memainkan peran penting dalam mobilitas penumpang di sekitar stasiun.

FAQ

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Maja?

  • Stasiun terdekat dengan Stasiun Maja adalah Stasiun Maja sendiri, yang berjarak sekitar 1965 meter dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 26 menit.

Jalur Kereta mana yang berhenti di dekat Stasiun Maja?

  • Jalur Kereta yang berhenti di dekat Stasiun Maja adalah Rangkasbitung Line.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Maja di Serang?

  • Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Maja di Serang adalah Stasiun Maja sendiri, yang berjarak sekitar 26 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Kereta pertama ke Stasiun Maja di Serang?

  • Rangkasbitung Line adalah kereta pertama yang menuju Stasiun Maja di Serang, berhenti di sini pada pukul 04.26.

Pukul berapa Kereta terakhir ke Stasiun Maja di Serang?

  • Rangkasbitung Line adalah kereta terakhir yang menuju Stasiun Maja di Serang, berhenti di sini pada pukul 01.00.

Berapa tarif Kereta ke Stasiun Maja?

  • Tarif Kereta ke Stasiun Maja berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp8.000,00.

Berapa tarif Bis ke Stasiun Maja?

  • Tarif Bis ke Stasiun Maja sekitar Rp50.000,00.

Kesimpulan

Stasiun Maja memainkan peran vital dalam jaringan transportasi KRL Commuter Line, terutama dalam melayani wilayah Kabupaten Lebak dan sekitarnya. Dengan peningkatan infrastruktur dan perpanjangan rute yang dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, stasiun ini kini mampu memberikan layanan yang lebih baik dan efisien kepada penumpang.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Cikarang Hari Ini Terbaru

Desain modern dan fasilitas yang memadai menjadikan Stasiun Maja sebagai salah satu stasiun yang nyaman untuk digunakan oleh komuter harian. Dengan terus berkembangnya layanan KRL dan peningkatan fasilitas, stasiun ini diharapkan dapat terus mendukung mobilitas masyarakat dan berkontribusi dalam mengurangi kemacetan di jalan raya.

Melalui artikel ini, diharapkan pembaca mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap mengenai Stasiun Maja, termasuk jadwal kereta, fasilitas, serta layanan yang tersedia. Dengan demikian, penumpang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menikmati layanan transportasi publik yang disediakan.