Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Lenteng Agung

Stasiun Lenteng Agung, sering disebut sebagai Stasiun Lenteng (LNA), merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Stasiun ini berada pada ketinggian 57 meter di atas permukaan laut dan secara eksklusif melayani rute KRL Commuter Line. Uniknya, lintasan rel di stasiun ini melengkung seperti kurva berbentuk huruf S, mirip dengan lintasan di Stasiun Lebak Jero.

Stasiun ini menjadi salah satu titik penting dalam jaringan KRL Commuter Line, menghubungkan wilayah selatan Jakarta dengan pusat kota. Dengan arus penumpang yang cukup padat setiap harinya, stasiun ini berperan penting dalam mendukung mobilitas warga yang bekerja dan beraktivitas di pusat kota Jakarta.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Lenteng Agung Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Lenteng Agung

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Jogja Solo ( Yogyakarta ) Hari Ini Terbaru!

Sejarah Stasiun Lenteng Agung

Stasiun Lenteng Agung memiliki sejarah panjang dalam melayani masyarakat sekitar. Sebagai salah satu stasiun yang terletak di jalur utama menuju pusat kota Jakarta, stasiun ini telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan fasilitas dari waktu ke waktu. Dahulu, area parkir di stasiun ini sering digunakan sebagai lokasi pasar malam komidi putar. Namun, sejak tahun 2007, aktivitas tersebut telah dihentikan demi kenyamanan penumpang dan keamanan stasiun.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Lenteng Agung

Tata letak Bangunan Stasiun Lenteng Agung

Stasiun Lenteng Agung memiliki dua jalur kereta api, dengan jalur 1 merupakan sepur lurus yang mengarah ke Stasiun Manggarai, dan jalur 2 merupakan sepur lurus yang mengarah ke Stasiun Citayam. Kedua jalur ini dilengkapi dengan peron sisi yang memudahkan penumpang untuk naik dan turun dari kereta.

Bangunan stasiun ini cukup sederhana namun fungsional. Dengan peron yang memadai, penumpang dapat dengan mudah mengakses kereta yang berhenti di stasiun ini. Selain itu, stasiun ini juga dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti loket tiket, ruang tunggu, dan fasilitas umum lainnya yang mendukung kenyamanan penumpang.

Layanan Kereta Api

Komuter

Stasiun Lenteng Agung melayani rute KRL Commuter Line dengan beberapa tujuan akhir. Berikut adalah rincian layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini:

Commuter Line Bogor

  • Tujuan Akhir: Jakarta Kota
  • Keterangan: Melayani perjalanan dari Bogor hingga Jakarta Kota

Commuter Line Bogor

  • Tujuan Akhir: Bogor
  • Keterangan: Melayani perjalanan dari Jakarta Kota hingga Bogor

Commuter Line Nambo

  • Tujuan Akhir: Nambo
  • Keterangan: Melayani perjalanan dari Jakarta Kota hingga Nambo (hanya beberapa perjalanan)

Layanan ini memastikan bahwa penumpang memiliki banyak pilihan untuk mencapai berbagai tujuan di wilayah Jabodetabek dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cilejit

Antarmoda Pendukung

Untuk mendukung mobilitas penumpang, Stasiun Lenteng Agung juga dilengkapi dengan berbagai moda transportasi pendukung yang memudahkan akses ke dan dari stasiun. Berikut adalah beberapa jenis angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun:

Bus Kota Transjakarta

  • 4B (MetroTrans)
    • Trayek: Universitas Indonesia–Stasiun Manggarai
  • 9H (MiniTrans)
    • Trayek: Stasiun Pancasila–Terminal Pasar Minggu
  • D21 (MetroTrans)
    • Trayek: Universitas Indonesia–Lebak Bulus

Mikrotrans

  • JAK-44
    • Trayek: Stasiun Universitas Pancasila–Cinere, Depok
  • JAK-64
    • Trayek: Stasiun Universitas Pancasila–Cipedak

Keberadaan berbagai moda transportasi ini memastikan bahwa penumpang dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan mereka setelah turun dari kereta, baik menuju tempat kerja, kampus, atau tujuan lainnya.

FAQ Stasiun Lenteng Agung

Halte apa yang paling dekat dengan Stasiun Lenteng Agung?

  • GANG Lebak berjarak 31 meter, dengan berjalan kaki selama 1 menit.
  • Stasiun Lenteng Agung 2 berjarak 55 meter, dengan berjalan kaki selama 1 menit.
  • Lenteng Agung berjarak 140 meter, dengan berjalan kaki selama 3 menit.
  • Jagakarsa Stasiun berjarak 155 meter, dengan berjalan kaki selama 3 menit.
  • Pasar Jaya Lenteng Agung 2 berjarak 186 meter, dengan berjalan kaki selama 3 menit.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Lenteng Agung?

Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Lenteng Agung meliputi:

  • 4B
  • JAK44
  • M03

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Lenteng Agung?

Jalur kereta yang berhenti dekat Stasiun Lenteng Agung adalah BOGOR LINE.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan adalah Lenteng Agung. Jaraknya hanya 3 menit berjalan kaki.

Di mana perhentian bis terdekat ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

Perhentian bis terdekat ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan adalah GANG Lebak dan Stasiun Lenteng Agung 2. Jaraknya hanya 1 menit berjalan kaki.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Gubeng Surabaya Terbaru

Pukul berapa kereta pertama ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

  • BOGOR LINE adalah kereta pertama yang menuju Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan. Kereta ini berhenti di dekat sini pada pukul 04.28.

Pukul berapa kereta terakhir ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

  • BOGOR LINE adalah kereta terakhir yang menuju Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan. Kereta ini berhenti di dekat sini pada pukul 00.37.

Pukul berapa bis pertama ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

  • M17 adalah bis pertama yang menuju Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan. Bis ini berhenti di dekat sini pada pukul 03.00.

Pukul berapa bis terakhir ke Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan?

  • M17 adalah bis terakhir yang menuju Stasiun Lenteng Agung di Jakarta Selatan. Bis ini berhenti di dekat sini pada pukul 03.32.

Berapa tarif kereta ke Stasiun Lenteng Agung?

  • Tarif kereta ke Stasiun Lenteng Agung berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp7.000,00.

Penutup

Stasiun Lenteng Agung adalah salah satu stasiun penting dalam jaringan KRL Commuter Line di Jakarta Selatan. Dengan berbagai fasilitas modern dan layanan transportasi yang terintegrasi, stasiun ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Stasiun ini tidak hanya menjadi titik transit bagi para pekerja dan mahasiswa, tetapi juga menjadi bagian penting dari sistem transportasi publik yang mendukung mobilitas di kawasan Jabodetabek.

Melalui peningkatan fasilitas dan layanan yang terus dilakukan, Stasiun Lenteng Agung siap untuk menghadapi tantangan kebutuhan transportasi di masa depan, menjadikannya salah satu stasiun yang dapat diandalkan oleh masyarakat Jakarta Selatan. Dengan adanya berbagai moda transportasi pendukung yang terintegrasi dengan baik, penumpang dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan di wilayah Jabodetabek.

Secara keseluruhan, Stasiun Lenteng Agung merupakan contoh baik dari upaya pemerintah dan operator kereta api dalam menyediakan layanan transportasi publik yang aman, nyaman, dan efisien bagi masyarakat. Melalui peningkatan dan inovasi yang berkelanjutan, stasiun ini diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif bagi perkembangan transportasi di Jakarta dan sekitarnya.