Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudimara

Stasiun Sudimara adalah salah satu stasiun penting di jaringan KRL Commuter Line di Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Berlokasi di Jombang, Ciputat, stasiun ini menjadi titik pemberhentian penting bagi ribuan penumpang yang setiap harinya menggunakan layanan KRL untuk berbagai keperluan, baik itu bekerja, sekolah, atau kegiatan lainnya. Posisi strategis stasiun ini, yang berada di ketinggian 40 meter, menjadikannya mudah diakses oleh penumpang dari berbagai kawasan sekitar. Stasiun ini berfungsi sebagai penghubung utama antara Tanah Abang di pusat Jakarta dan Rangkasbitung di Banten. Sebagai stasiun kelas II, Sudimara memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung kebutuhan penumpang, termasuk peron yang luas, ruang tunggu yang nyaman, serta akses mudah ke berbagai moda transportasi lainnya.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudimara Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Sudimara

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Poris

Sejarah Stasiun Sudimara

Stasiun Sudimara memiliki sejarah panjang yang berawal dari pembangunan jalur kereta api oleh perusahaan Staatsspoorwegen pada akhir abad ke-19. Jalur ini dibangun untuk menghubungkan Batavia (sekarang Jakarta) dengan Rangkasbitung dan daerah Banten, dengan tujuan meningkatkan mobilitas penumpang dan barang di wilayah tersebut. Proyek ini selesai pada tahun 1899 dan segera mulai melayani perjalanan kereta api reguler.

Sejak itu, stasiun ini telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Renovasi dan modernisasi terus dilakukan, termasuk pembangunan jalur ganda pada tahun 2007 yang menambah kapasitas dan efisiensi operasional stasiun ini.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Sudimara

Bangunan dan tata letak Stasiun Sudimara

Stasiun Sudimara memiliki tiga jalur kereta api, dengan konfigurasi sebagai berikut:

  • Jalur 1: Sepur lurus utama.
  • Jalur 2: Sepur belok yang digunakan untuk persilangan atau lalu-lalang kereta.
  • Jalur 3: Digunakan untuk penyusulan kereta api.

Sejak pengoperasian jalur ganda di jalur Green Line pada 4 Juli 2007, tata letak stasiun ini dirombak dengan penambahan jalur 2 sebagai sepur lurus baru. Bangunan lama stasiun yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen tetap dipertahankan, termasuk ruangan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) yang masih digunakan hingga saat ini.

Seiring waktu, layanan kereta api di jalur ini mengalami perubahan. Setelah layanan Kereta Api Rangkas Jaya dan Kereta Api Kalimaya dihentikan pada tahun 2017, jalur 3 stasiun ini menjadi jarang digunakan. Namun, jalur tersebut masih berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau stabling mesin pecok yang digunakan untuk perawatan rel.

Stasiun Sudimara juga memiliki underpass yang dibangun bersamaan dengan Stasiun Pondok Ranji. Fasilitas ini memungkinkan penumpang untuk menyeberang peron dengan aman tanpa harus melintasi rel secara langsung.

BACA JUGA :  Stasiun Jember – Info Jadwal Kereta Api dan Layanan

Layanan Kereta Api

Stasiun Sudimara melayani rute Commuter Line Rangkasbitung, yang menghubungkan Tanah Abang dengan Rangkasbitung. Layanan ini sangat penting bagi penumpang yang tinggal di sepanjang jalur ini, menyediakan transportasi yang efisien dan nyaman untuk perjalanan sehari-hari. Rute ini melewati berbagai stasiun penting, termasuk Jurangmangu, Rawabuntu, dan Serpong, sebelum mencapai Rangkasbitung.

Commuter Line Rangkasbitung:

  • Relasi perjalanan: Tanah Abang – Rangkasbitung
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan penumpang dari Tanah Abang hingga Rangkasbitung, melewati stasiun-stasiun penting di sepanjang jalur tersebut.

Layanan ini beroperasi dengan frekuensi tinggi, terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari, untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang bekerja atau bersekolah di Jakarta dan sekitarnya. Dengan kereta yang berangkat setiap 10-15 menit pada jam sibuk, penumpang dapat dengan mudah merencanakan perjalanan mereka.

FAQ

Sebelum Stasiun Sudimara stasiun apa?

Sebelum tiba di Stasiun Sudimara, kereta akan melewati Stasiun Jurangmangu. Ini adalah salah satu stasiun penting di jalur ini, menyediakan akses bagi penumpang dari daerah sekitar Jurangmangu.

Stasiun Sudimara berada di Daop berapa?

Stasiun Sudimara berada di Daerah Operasi (Daop) I Jakarta. Ini adalah salah satu dari beberapa daerah operasi yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang bertanggung jawab atas operasi kereta api di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Sudimara?

Beberapa lokasi terdekat dengan Stasiun Sudimara adalah:

  • Minimarket Jombang: Berjarak sekitar 50 meter atau sekitar 1 menit berjalan kaki dari stasiun.
  • Villa Bintaro Indah: Berjarak sekitar 447 meter atau sekitar 6 menit berjalan kaki.
  • Jalan Asem Jombang: Berjarak sekitar 630 meter atau sekitar 9 menit berjalan kaki.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Sudimara?

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini

Beberapa jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Sudimara meliputi:

  • C02 CILEDUG – JOMBANG
  • D08 CIPUTAT – BSD

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Sudimara?

Jalur kereta yang berhenti di Stasiun Sudimara adalah RANGKAS BITUNG LINE.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Sudimara di Jakarta adalah Sudimara, berjarak sekitar 12 menit berjalan kaki.

Di mana perhentian bis terdekat ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Perhentian bis terdekat ke Stasiun Sudimara di Jakarta adalah Minimarket Jombang, berjarak sekitar 1 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Kereta pertama ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Kereta pertama yang menuju Stasiun Sudimara di Jakarta adalah RANGKAS BITUNG LINE yang berhenti di sini pada pukul 04.25.

Pukul berapa Kereta terakhir ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Kereta terakhir yang menuju Stasiun Sudimara di Jakarta adalah RANGKAS BITUNG LINE yang berhenti di sini pada pukul 00.13.

Pukul berapa Bis pertama ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Bis pertama yang menuju Stasiun Sudimara di Jakarta adalah D06 CIPUTAT – JOMBANG yang berhenti di sini pada pukul 05.02.

Pukul berapa Bis terakhir ke Stasiun Sudimara di Jakarta?

Bis terakhir yang menuju Stasiun Sudimara di Jakarta adalah C02 CILEDUG – JOMBANG yang berhenti di sini pada pukul 22.41.

Berapa tarif kereta ke Stasiun Sudimara?

Tarif kereta ke Stasiun Sudimara berkisar antara Rp3.000,00 hingga Rp8.000,00, tergantung pada jarak tempuh perjalanan.

Berapa tarif bis ke Stasiun Sudimara?

Tarif bis ke Stasiun Sudimara sekitar Rp3.500,00.

Penutup

Stasiun Sudimara memainkan peran penting dalam jaringan transportasi KRL di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Dengan sejarah panjang yang dimulai sejak era kolonial, stasiun ini terus berkembang dan meningkatkan fasilitasnya untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang terus bertambah. Sebagai salah satu stasiun utama di jalur Commuter Line Rangkasbitung, Sudimara menyediakan layanan transportasi yang efisien dan nyaman bagi ribuan penumpang setiap harinya. Renovasi dan penambahan fasilitas, seperti underpass dan peron yang lebih tinggi, menunjukkan komitmen untuk meningkatkan pengalaman penumpang dan memastikan keselamatan mereka. Dengan tarif yang terjangkau dan akses mudah ke berbagai moda transportasi lainnya, Stasiun Sudimara tetap menjadi pilihan utama bagi banyak komuter di Jakarta dan sekitarnya.