Apa Arti Kata “Argo” pada Kereta Api Di Indonesia?

Jika Anda pernah naik kereta api di Indonesia, Anda mungkin telah melihat beberapa kereta yang memiliki kata “Argo” sebagai bagian dari nama mereka. Kata “Argo” ini memiliki makna khusus dalam konteks kereta api Indonesia, dan dalam artikel ini, kita akan menjelajahi arti dari kata tersebut serta sejarahnya dalam sistem kereta api di Indonesia.

Kata “Argo” dalam Bahasa Jawa Kuno berarti “Gunung.” Ini adalah kata yang memiliki makna penting dalam budaya Jawa dan telah diadopsi ke dalam dunia kereta api di Indonesia.

Ketika kita melihat kereta dengan nama “Argo,” biasanya nama tersebut dikombinasikan dengan nama gunung tertentu. Namun, tidak semua kereta dengan nama “Argo” memiliki rangkaiannya sendiri, dan ada berbagai jenis kereta dengan nama tersebut.

Salah satu ciri khas dari kereta dengan nama “Argo” adalah bahwa mereka sering kali memiliki fasilitas kelas eksekutif yang lebih mewah dibandingkan dengan kereta lainnya.

Ini mencakup kursi yang lebih besar dan nyaman, serta berbagai fasilitas tambahan seperti restoran di dalam kereta.

Kereta dengan nama “Argo” sering menjadi pilihan bagi penumpang yang menginginkan kenyamanan dan kelas yang lebih tinggi selama perjalanan kereta api mereka.

Selain kelas eksekutif, ada juga kereta dengan nama “Argo” yang menawarkan kelas campuran.

Ini berarti bahwa kereta tersebut memiliki campuran dari berbagai kelas, seperti ekonomi dan bisnis, yang memungkinkan penumpang dengan berbagai anggaran untuk menikmati perjalanan dengan kereta “Argo.”

Hal ini membuatnya lebih inklusif dan dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Sejarah Nama “Argo” dalam Kereta Api Indonesia

 

Sejarah penggunaan nama “Argo” dalam kereta api Indonesia bisa ditelusuri kembali ke era pemerintahan kolonial Belanda.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api Lokal Merak Terbaru

Pada saat itu, kereta api adalah salah satu sarana transportasi utama di Indonesia, dan kereta-kereta tersebut diberi nama dengan berbagai referensi budaya dan geografis.

Ketika Indonesia meraih kemerdekaannya pada tahun 1945, sistem kereta api di negara ini tetap berlanjut dan mengalami perkembangan pesat.

Pemerintah Indonesia mulai memberikan perhatian lebih pada pengembangan dan modernisasi kereta api, termasuk dalam hal memberikan nama pada berbagai jenis kereta.

Salah satu upaya modernisasi dalam sistem kereta api Indonesia adalah memperkenalkan kereta eksekutif yang lebih mewah dan nyaman untuk penumpang yang ingin menikmati perjalanan dengan kenyamanan ekstra.

Inilah saatnya kata “Argo” mulai menjadi bagian dari nama kereta-kereta eksekutif ini.

Sejarah Nama "Argo" dalam Kereta Api Indonesia

Kereta dengan nama “Argo” pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, ketika kereta api eksekutif pertama dengan nama “Argo Bromo Anggrek” mulai beroperasi.

Nama tersebut mengacu pada dua gunung terkenal di Indonesia, yaitu Gunung Bromo dan Gunung Anggrek.

Kombinasi nama gunung-gemung ini memberikan kesan kemegahan dan keindahan alam kepada penumpang.

Kereta “Argo Bromo Anggrek” pertama kali beroperasi antara Surabaya dan Jakarta, menghubungkan dua kota utama di Indonesia.

Kehadirannya dianggap sebagai tonggak penting dalam pengembangan layanan kereta api eksekutif di Indonesia.

Kereta ini menawarkan kursi eksekutif yang lebih luas, makanan berkualitas, dan berbagai fasilitas lainnya yang membuat perjalanan dengan kereta api menjadi pengalaman yang istimewa.

Kesuksesan kereta “Argo Bromo Anggrek” membuka jalan bagi pengenalan lebih banyak kereta eksekutif dengan nama “Argo.”

Seiring berjalannya waktu, nama “Argo” menjadi sinonim dengan layanan kereta api kelas eksekutif yang berkualitas tinggi.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak penumpang yang mengutamakan kenyamanan dan fasilitas mewah selama perjalanan mereka.

BACA JUGA :  Stasiun KRL Jakarta Commuterline List Terbaru

Baca Juga: Info Jadwal KRL – KA – Kereta Api Di Indonesia Terbaru

Jenis-Jenis Kereta “Argo” di Indonesia

Seiring dengan perkembangan sistem kereta api di Indonesia, ada beberapa jenis kereta dengan nama “Argo” yang beroperasi di berbagai rute.

Beberapa di antaranya mencakup:

  1. Argo Bromo Anggrek: Ini adalah salah satu kereta eksekutif pertama dengan nama “Argo” yang beroperasi antara Surabaya dan Jakarta. Kereta ini menawarkan berbagai fasilitas mewah dan kenyamanan ekstra kepada penumpangnya.
  2. Argo Dwipangga: Kereta ini menghubungkan Jakarta dengan Yogyakarta dan merupakan pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Yogyakarta, salah satu destinasi wisata budaya terkenal di Indonesia.
  3. Argo Lawu: Kereta ini menghubungkan Jakarta dengan Solo, sebuah kota yang juga memiliki banyak daya tarik wisata dan budaya. Argo Lawu menawarkan fasilitas kelas eksekutif yang nyaman.
  4. Argo Parahyangan: Kereta ini menghubungkan Jakarta dengan Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat. Kereta ini merupakan salah satu pilihan favorit bagi mereka yang ingin menikmati perjalanan antara dua kota ini.
  5. Argo Wilis: Argo Wilis menghubungkan Surabaya dengan Bandung, memberikan opsi perjalanan yang nyaman bagi penumpang yang ingin mengunjungi Bandung dari Jawa Timur.
  6. Argo Muria: Kereta ini menghubungkan Semarang dengan Jakarta, menghubungkan dua kota utama di Pulau Jawa. Argo Muria menawarkan kursi eksekutif yang nyaman bagi penumpangnya.
  7. Argo Jati: Kereta ini menghubungkan Jakarta dengan Cirebon, sebuah kota penting di Jawa Barat. Argo Jati memberikan pilihan perjalanan yang nyaman bagi penumpang yang ingin mengunjungi Cirebon.

Kereta-kereta “Argo” ini menawarkan berbagai fasilitas, termasuk kursi yang lebih besar, makanan berkualitas, wifi, dan layanan kelas eksekutif lainnya.

Mereka sering menjadi pilihan favorit bagi penumpang yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas dan menikmati perjalanan yang nyaman dalam perjalanan antara kota-kota besar di Indonesia.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Semarang Tujuan Jakarta Tegal Surabaya Solo Purwokerto Bandung

Baca Juga: Jadwal Kereta Api Lokal Merak Terbaru

Kesimpulan

Kata “Argo” dalam kereta api Indonesia memiliki makna khusus yang berasal dari Bahasa Jawa Kuno, di mana kata tersebut berarti “Gunung.”

Nama “Argo” telah diadopsi untuk digunakan dalam kereta eksekutif yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas mewah kepada penumpang.

Seiring dengan perkembangan sistem kereta api di Indonesia, nama “Argo” telah menjadi sinonim dengan layanan kelas eksekutif yang berkualitas tinggi.

Berbagai jenis kereta dengan nama “Argo” menghubungkan berbagai kota besar di Indonesia dan menawarkan pengalaman perjalanan yang istimewa bagi penumpangnya.

Dengan nama yang merujuk pada gunung-gemung terkenal di Indonesia, kereta-kereta “Argo” memberikan kesan kemegahan dan keindahan alam kepada penumpangnya.

Sebagai pilihan favorit bagi penumpang yang mengutamakan kenyamanan, kereta-kereta “Argo” terus menjadi salah satu ikon dalam sistem kereta api Indonesia.

Referensi: https://www.instagram.com/p/CzSlijiJW4C/