Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wojo

Stasiun Wojo (WJ) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang berlokasi di Dadirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Stasiun ini terletak pada ketinggian 14 meter di atas permukaan laut dan berada di bawah pengelolaan Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini hanya melayani rute Commuter Line Prameks yang menghubungkan Yogyakarta dan Kutoarjo. Dengan lokasinya yang strategis, hanya berjarak 135 meter dari jalan raya Purworejo–Wates, stasiun ini menjadi titik penting bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan akses kereta api cepat dan efisien.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wojo Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wojo

Sejarah Stasiun Wojo

Nama Wojo diambil dari Dusun Kuwojo, yang terletak di barat daya stasiun. Stasiun ini tidak hanya dikenal karena fungsinya sebagai stasiun kereta, tetapi juga karena lokasinya yang unik. Bagi para penggemar fotografi kereta api, Stasiun Wojo menawarkan spot pemotretan menarik dengan sudut pandang tinggi (high angle). Jalur kereta api di stasiun ini diapit oleh dua bukit sedang, menciptakan pemandangan yang memukau dan sempurna untuk dijadikan latar belakang foto.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuter Line Stasiun Batu Ceper

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Wojo

Bangunan dan tata letak Stasiun Wojo

Stasiun Wojo memiliki tiga jalur kereta api. Pada awalnya, jalur 1 merupakan sepur lurus. Namun, sejak beroperasinya jalur ganda di segmen Kutoarjo–Yogyakarta pada tahun 2006-2007, tata letak jalur di stasiun ini mengalami perubahan. Jalur 1 kini hanya digunakan sebagai sepur lurus untuk arah Yogyakarta, sementara jalur 2 dijadikan sepur lurus untuk arah Kutoarjo.

Bangunan stasiun Wojo memiliki gaya arsitektur yang mirip dengan beberapa stasiun lain seperti Stasiun Bantul, Palbapang, Winongo, Kedundang, Sukoharjo, dan Rewulu. Salah satu ciri khasnya adalah ventilasi bulat berterali besi kotak-kotak, yang tidak hanya berfungsi sebagai ventilasi tetapi juga menambah estetika bangunan stasiun.

Peran Stasiun Wojo dalam Transportasi Antarmoda

Seiring dengan operasional Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) dan kereta api Bandara YIA yang menghubungkan Yogyakarta dengan stasiun ini, per April 2019, Stasiun Wojo mulai melayani penumpang antarmoda. Penumpang yang hendak menuju ke YIA dapat transit di stasiun ini dan melanjutkan perjalanan menggunakan shuttle bus yang disediakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pergerakan penumpang dari dan menuju bandara, menjadikan Stasiun Wojo sebagai titik penting dalam sistem transportasi terpadu di Yogyakarta.

Untuk mendukung peran barunya ini, bangunan stasiun Wojo mengalami beberapa renovasi. Di antaranya adalah penambahan peron tinggi berkanopi di jalur 3 dan pembangunan area penyeberangan antarperon (crossing) di sisi tenggara stasiun. Namun, mulai 1 September 2021, dengan pengoperasian Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta, rute pelayanan kereta api bandara dialihkan ke stasiun bandara tersebut.

Layanan Kereta Api

Stasiun Wojo melayani berbagai layanan kereta api, terutama untuk rute aglomerasi dan komuter.

Aglomerasi

Joglosemarkerto

  • Kelas: Eksekutif-Ekonomi
  • Relasi: Solo Balapan – Semarang Tawang
  • Keterangan: Kereta ini mengelilingi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan rute berlawanan arah jarum jam mulai dari pagi hari melalui Semarang Tawang–Tegal–Purwokerto–Yogyakarta–Solo Balapan hingga berakhir di Semarang Tawang pada petang hari.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Pasar Minggu

Komuter

Commuter Line Prameks

  • Relasi: Yogyakarta – Kutoarjo
  • Keterangan: Layanan ini menghubungkan Yogyakarta dengan Kutoarjo, melayani penumpang komuter yang bepergian untuk bekerja, sekolah, atau kegiatan sehari-hari lainnya.

FAQ

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wojo Paling Pagi Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline pertama yang berangkat dari Stasiun Wojo biasanya beroperasi pada pukul 05.57 WIB. Jadwal ini memungkinkan para komuter untuk memulai perjalanan mereka lebih awal, terutama bagi mereka yang bekerja atau memiliki kegiatan di pagi hari di Yogyakarta atau daerah sekitarnya.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Wojo Paling Malam Jam Berapa?

Kereta KRL Commuterline terakhir yang berangkat dari Stasiun Wojo biasanya beroperasi sekitar pukul 18.58 WIB. Jadwal malam ini memberikan fleksibilitas bagi para penumpang yang kembali dari aktivitas di malam hari, memastikan mereka memiliki akses transportasi yang nyaman dan aman.

Stasiun Apa yang Paling Dekat dengan Stasiun Wojo?

Stasiun terdekat dengan Stasiun Wojo adalah:

  • Stasiun Wojo berjarak 91 meter, dengan berjalan kaki sekitar 2 menit.

Jalur Bis Mana yang Berhenti Dekat Stasiun Wojo?

Jalur Bis yang berhenti dekat Stasiun Wojo adalah:

  • ST. WOJO ⇌ YIA

Jalur Kereta Mana yang Berhenti Dekat Stasiun Wojo?

Jalur Kereta yang berhenti dekat Stasiun Wojo adalah:

  • PRAMEKS

Di Mana Stasiun Kereta Terdekat ke Stasiun Wojo di Yogyakarta?

Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Wojo di Yogyakarta adalah Stasiun Wojo, yang berjarak sekitar 2 menit berjalan kaki.

Pukul Berapa Kereta Pertama ke Stasiun Wojo di Yogyakarta?

PRAMEKS adalah kereta pertama yang menuju Stasiun Wojo di Yogyakarta. Kereta ini berhenti di stasiun pada pukul 05.57 WIB.

Pukul Berapa Kereta Terakhir ke Stasiun Wojo di Yogyakarta?

PRAMEKS adalah kereta terakhir yang menuju Stasiun Wojo di Yogyakarta. Kereta ini berhenti di stasiun pada pukul 18.58 WIB.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Duri Tangerang Hari Ini Terbaru

Berapa Tarif Bis ke Stasiun Wojo?

Tarif Bis ke Stasiun Wojo sekitar Rp3500.00.

Berapa Tarif Kereta ke Stasiun Wojo?

Tarif Kereta ke Stasiun Wojo sekitar Rp8000.00.

Penutup

Stasiun Wojo, meskipun kecil, memainkan peran penting dalam sistem transportasi kereta api di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Dengan lokasinya yang strategis dan fasilitas yang terus ditingkatkan, stasiun ini mampu melayani kebutuhan transportasi masyarakat dengan baik. Baik untuk perjalanan komuter harian maupun perjalanan jarak jauh, Stasiun Wojo tetap menjadi pilihan utama bagi penumpang yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam bepergian. Melalui berbagai layanan yang ditawarkan, Stasiun Wojo berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi semua penumpangnya.