Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gawok

Stasiun Gawok (GW) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Luwang, Gatak, Sukoharjo, pada ketinggian 118 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini hanya melayani rute KRL Commuter Line dan letaknya cukup strategis, tidak jauh dari Pasar Gawok dan sentra industri rotan Trangsan. Dengan fasilitas yang ada, Stasiun Gawok memainkan peran penting dalam mobilitas masyarakat sekitar dan pengangkutan barang.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gawok Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gawok

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cepu Terbaru Hari Ini

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Gawok

Bangunan dan tata letak Stasiun Gawok

Stasiun Gawok memiliki sejarah panjang dan telah mengalami berbagai perubahan signifikan dalam tata letak dan bangunannya. Bangunan stasiun yang lama, yang merupakan peninggalan DKA (Djawatan Kereta Api), awalnya berada di sisi timur rel. Namun, bangunan tersebut dibongkar pada tahun 2007 untuk proyek jalur ganda Kutoarjo-Yogyakarta-Purwosari, dan kini stasiun berada di sisi barat rel. Saat ini, tidak ada bekas bangunan lama yang tersisa, kecuali fondasi.

Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api. Pada awalnya, jalur 1 berfungsi sebagai sepur lurus. Sejak pengoperasian jalur ganda ruas Delanggu–Solo pada Januari 2007, tata letak stasiun mengalami perubahan. Jalur 2 yang lama diubah menjadi jalur 3 sebagai sepur lurus arah Yogyakarta, sementara jalur 1 yang lama diubah menjadi jalur 4 sebagai sepur lurus arah Solo.

Pada tahun 2013, sistem persinyalan elektrik buatan PT Len Industri (Persero) mulai dipasang untuk menggantikan sistem persinyalan mekanik. Sistem baru ini dioperasikan pada Desember 2015, yang menyebabkan perubahan tata letak jalur di stasiun ini. Jalur 2 yang sebelumnya merupakan jalur 3 lama dibongkar dan digantikan oleh satu jalur belok baru di sisi tenggara stasiun. Dengan demikian, jalur 3 kini menjadi jalur 2 baru, jalur 4 lama menjadi jalur 3 baru, dan jalur baru tersebut menjadi jalur 4 baru. Akhirnya, stasiun ini memiliki sepur lurus di jalur 2 dan 3.

Untuk melayani penumpang KRL, pada tahun 2021 stasiun ini telah menyelesaikan pembangunan peron tinggi yang dilengkapi dengan kanopi di antara jalur 1 dan jalur 2 serta di samping jalur 4.

Layanan Kereta Api di Stasiun Gawok

Sejak 10 Februari 2021, bersamaan dengan diberlakukannya grafik perjalanan kereta api tahun 2021, Stasiun Gawok mulai melayani penumpang KRL Commuter Line Yogyakarta. Stasiun ini, bersama dengan tiga stasiun lainnya (Stasiun Delanggu, Stasiun Ceper, dan Stasiun Srowot), kini melayani rute KRL Commuter Line Yogyakarta-Palur.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Commuterline Stasiun Bekasi Hari Ini

Layanan Penumpang

  • Y Lin Yogyakarta: Rute perjalanan dari Yogyakarta ke Palur, dengan beberapa pemberhentian di stasiun-stasiun penting sepanjang jalur tersebut.

Tidak Ada Layanan Kereta Api Antarkota dan Aglomerasi

Stasiun Gawok tidak melayani kereta api antarkota dan aglomerasi. Stasiun ini hanya digunakan untuk penyusulan kereta api antarkota dan aglomerasi yang memerlukan tempat berhenti sementara jika emplasemen di stasiun kereta api terminal Kota Surakarta seperti Purwosari dan Solo Balapan penuh.

FAQ tentang Stasiun Gawok

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gawok Paling Pagi Jam Berapa?

Jadwal kereta KRL Commuterline paling pagi yang berangkat dari Stasiun Gawok biasanya dimulai sekitar pukul 05.20 WIB. Namun, untuk jadwal yang lebih akurat, penumpang disarankan untuk memeriksa jadwal terbaru yang tersedia di aplikasi resmi KAI Commuter atau melalui situs web resmi PT KAI.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Gawok Paling Malam Jam Berapa?

Jadwal kereta KRL Commuterline paling malam yang berhenti di Stasiun Gawok biasanya sekitar pukul 23.36 WIB. Untuk memastikan jadwal yang tepat, penumpang sebaiknya memeriksa jadwal terbaru yang tersedia di aplikasi resmi KAI Commuter atau situs web resmi PT KAI.

Penutup

Stasiun Gawok adalah salah satu stasiun penting di Kabupaten Sukoharjo yang memainkan peran vital dalam menghubungkan daerah tersebut dengan kota-kota besar lainnya melalui jalur KRL Commuter Line. Dengan sejarah panjang yang dimulai sejak zaman kolonial Belanda, stasiun ini telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Bangunan stasiun yang dilengkapi dengan sistem persinyalan elektrik modern memastikan efisiensi dan keamanan operasional kereta api yang lebih baik. Selain melayani penumpang KRL Commuter Line, stasiun ini juga berfungsi sebagai jalur distribusi barang dari dan ke berbagai pabrik di wilayah sekitarnya.

BACA JUGA :  Harga Tiket Dan Cara Naik KRL Jogja-Solo

Dengan layanan yang semakin baik dan fasilitas yang terus ditingkatkan, Stasiun Gawok siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat setempat dan berkontribusi dalam mendukung mobilitas dan perekonomian daerah. Bagi penumpang yang sering bepergian menggunakan KRL, mengetahui jadwal kereta dan layanan yang tersedia di stasiun ini sangatlah penting untuk memastikan perjalanan yang lancar dan nyaman.