Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ceper

Stasiun Ceper (CE) adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Stasiun Ceper, Desa Jambu Kulon, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Stasiun ini berada pada ketinggian 133 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta. Saat ini, Stasiun Ceper hanya melayani rute KRL Commuter Line, menjadikannya salah satu stasiun penting dalam jaringan transportasi kereta api di wilayah Klaten.

Stasiun ini memiliki nilai strategis karena posisinya yang menghubungkan berbagai kota besar di sekitarnya. Sebelum Stasiun Klaten, ke arah barat dari Stasiun Ceper, terdapat Stasiun Ketandan yang sudah tidak aktif sejak beroperasinya jalur ganda lintas Kutoarjo–Solo. Selain itu, dari stasiun ini dahulu terdapat percabangan jalur menuju Pabrik Gula Ceper Baru yang kini juga sudah dinonaktifkan.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ceper Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Ceper

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kramat

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Ceper

Bangunan dan tata letak Stasiun Ceper

Stasiun Ceper memiliki lima jalur kereta api, dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lurus, dan jalur 5 sebagai jalur parkir untuk kereta barang. Tata letak ini mulai diterapkan sejak pengoperasian jalur ganda Yogyakarta–Solo, dengan ruas Srowot–Ketandan yang selesai pada tahun 2001 dan ruas Brambanan–Delanggu yang selesai pada 15 Desember 2003. Meski mengalami beberapa renovasi dan penyesuaian, bangunan lama stasiun tetap dipertahankan sebagai bagian dari sejarah perkeretaapian di wilayah ini. Peron stasiun juga dibuat lebih tinggi untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kereta.

Untuk mendukung operasional jalur ganda, sistem persinyalan di Stasiun Ceper telah diperbarui dari mekanik menjadi elektrik. Sistem persinyalan elektrik buatan PT Len Industri (Persero) ini dipasang sejak tahun 2013 dan mulai dioperasikan pada 12 Februari 2019. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional kereta api yang melintasi stasiun ini.

Layanan Kereta Api di Stasiun Ceper

Layanan Penumpang

Sejak 10 Februari 2021, bertepatan dengan diberlakukannya grafik perjalanan kereta api tahun 2021, Stasiun Ceper bersama dengan tiga stasiun lainnya (Stasiun Gawok, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Srowot) mulai melayani penumpang KRL Lin Yogyakarta. Berikut adalah layanan kereta api komuter yang tersedia di Stasiun Ceper:

Komuter (Commuter Line)

  • Lin Yogyakarta: Rute perjalanan dari Yogyakarta ke Palur dengan beberapa pemberhentian di stasiun-stasiun penting sepanjang jalur tersebut.

Layanan Barang

Selain melayani penumpang, Stasiun Ceper juga melayani kereta api barang. Berikut adalah layanan barang yang tersedia:

Lintas Selatan Jawa

  • Angkutan Pupuk Indonesia: Rute pengangkutan pupuk dari Ceper ke Cilacap. Layanan ini mendukung distribusi pupuk ke berbagai daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya, memastikan ketersediaan pupuk untuk sektor pertanian.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Pasar Senen

FAQ tentang Stasiun Ceper

Stasiun Ceper apakah masih beroperasi?

Ya, Stasiun Ceper masih beroperasi hingga saat ini. Berada di Kecamatan Ceper, stasiun ini adalah salah satu stasiun kereta api terpenting di Klaten yang memiliki peran strategis dalam menghubungkan Klaten dengan kota-kota besar lainnya. Stasiun ini kembali beroperasi pada tahun 2021 setelah sempat ditutup pada tahun 2011.

Apa yang membuat Stasiun Ceper penting?

Stasiun Ceper memiliki nilai strategis karena posisinya yang menghubungkan berbagai kota besar di sekitarnya dan melayani rute KRL Commuter Line yang vital bagi mobilitas harian masyarakat. Selain itu, stasiun ini juga melayani kereta barang, khususnya angkutan pupuk, yang mendukung sektor pertanian di wilayah Jawa Tengah.

Jalur Kereta mana yang berhenti di Stasiun Ceper?

Jalur kereta yang berhenti di Stasiun Ceper adalah KRL Lin Yogyakarta yang menghubungkan Yogyakarta dengan Palur, dengan beberapa pemberhentian di stasiun-stasiun penting sepanjang jalur tersebut.

Bagaimana kondisi bangunan Stasiun Ceper saat ini?

Bangunan Stasiun Ceper saat ini masih mempertahankan bangunan lama yang bersejarah, meski telah mengalami beberapa renovasi untuk penyesuaian dengan kebutuhan operasional modern. Peron stasiun telah dibuat lebih tinggi dan sistem persinyalan telah ditingkatkan menjadi elektrik untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional kereta api.

Apa saja fasilitas yang tersedia di Stasiun Ceper?

Stasiun Ceper dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti ruang tunggu penumpang, loket tiket, serta sistem persinyalan elektrik yang modern. Peron stasiun yang tinggi memudahkan akses naik turun penumpang dari kereta. Selain itu, terdapat jalur parkir untuk kereta barang yang digunakan untuk layanan angkutan pupuk.

Kesimpulan

Stasiun Ceper adalah salah satu stasiun kereta api penting di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dengan posisinya yang strategis dan layanan yang terus ditingkatkan, stasiun ini memainkan peran vital dalam menghubungkan Klaten dengan kota-kota besar di sekitarnya. Layanan KRL Commuter Line yang tersedia memudahkan mobilitas harian masyarakat, sementara layanan kereta barang mendukung sektor pertanian melalui angkutan pupuk.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cikini

Meski telah mengalami beberapa renovasi, Stasiun Ceper tetap mempertahankan bangunan lamanya yang bersejarah, mencerminkan perjalanan panjang dalam sejarah perkeretaapian di wilayah ini. Dengan sistem persinyalan elektrik yang modern dan fasilitas peron yang memadai, stasiun ini siap melayani penumpang dan barang dengan efisiensi dan keamanan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, Stasiun Ceper bukan hanya sekadar tempat naik turun penumpang, tetapi juga merupakan bagian penting dari infrastruktur transportasi di Kabupaten Klaten yang mendukung perkembangan ekonomi dan mobilitas masyarakat setempat.