Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Brambanan

Stasiun Brambanan, yang lebih dikenal dengan nama Stasiun Prambanan, merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten, dengan ketinggian 146 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini melayani rute KRL Commuter Line serta KA angkutan semen, dan dikenal sebagai stasiun paling barat dan selatan di Kabupaten Klaten. Stasiun ini memiliki akses yang dekat dan strategis, terhubung dengan jalan raya Solo—Yogyakarta melalui Jalan Stasiun.

Stasiun Brambanan tidak hanya penting sebagai pusat transportasi tetapi juga sebagai titik akses terdekat ke berbagai situs bersejarah. Daerah sekitar stasiun ini dikenal dengan berbagai bangunan kuno dan candi-candi seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Kompleks Ratu Boko, Candi Sojiwan, dan Candi Plaosan. Keberadaan candi-candi ini menjadikan stasiun Brambanan sebagai titik penting bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.

Meskipun daerah sekitarnya dikenal sebagai Prambanan, stasiun ini tetap mempertahankan nama Brambanan sebagaimana yang tercatat dalam data Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Brambanan Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Brambanan

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Kalideres

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Brambanan

Bangunan dan tata letak Stasiun Brambanan
Bangunan dan tata letak Stasiun Brambanan

Stasiun Brambanan awalnya kemungkinan memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 1 sebagai sepur lurus. Sejak pengoperasian jalur ganda Yogyakarta—Solo, tata letak stasiun ini mengalami perubahan signifikan. Pada tahun 2001, jalur 2 dijadikan sebagai sepur lurus arah Solo, dan pada tahun 2007, jalur 1 sepenuhnya dijadikan sepur lurus arah Yogyakarta. Selain itu, jalur 4 digunakan sebagai sepur simpan untuk parkir KA barang.

Bangunan lama stasiun yang memiliki kemiripan dengan Stasiun Srowot mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi Yogyakarta pada tahun 2006. Sebagai penggantinya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian membangun bangunan baru yang lebih modern. Sistem persinyalan di stasiun ini juga telah ditingkatkan dari mekanik menjadi elektrik buatan PT Len Industri sejak tahun 2013, dan mulai dioperasikan pada 1 Oktober 2018.

Sejak tahun 2020, stasiun ini juga telah dilengkapi dengan listrik aliran atas (LAA) sebagai bagian dari elektrifikasi jalur Yogyakarta—Solo Balapan, yang semakin meningkatkan efisiensi dan kenyamanan layanan kereta api di jalur ini.

Layanan Kereta Api di Stasiun Brambanan

Stasiun Brambanan melayani dua jenis layanan kereta api utama, yaitu komuter (Commuter Line) dan barang. Berikut adalah detail layanan yang tersedia:

Layanan Penumpang

  1. Komuter (Commuter Line)
    • Lin Yogyakarta: Rute perjalanan dari Yogyakarta ke Palur dengan pemberhentian di beberapa stasiun penting sepanjang jalur tersebut.

Layanan Barang

  1. Lintas Selatan Jawa
    • Angkutan semen Solusi Bangun Indonesia: Mengangkut semen dari Brambanan ke Karangtalun.
  2. Lintas Utara Jawa
    • Angkutan semen Indocement: Mengangkut semen dari Brambanan ke Arjawinangun melalui Semarang Poncol dan ke Nambo melalui Kampung Bandan—Semarang Poncol.
    • Angkutan semen Solusi Bangun Indonesia: Mengangkut semen dari Brambanan ke Brumbung melalui Gundih—Solo Balapan.
BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon Kejaksaan Terbaru

FAQ tentang Stasiun Brambanan

Stasiun apa yang paling dekat dengan Stasiun Brambanan?

Stasiun terdekat dengan Stasiun Brambanan adalah Brambanan itu sendiri, yang berjarak sekitar 10 meter, atau sekitar 1 menit berjalan kaki.

Jalur Bis mana yang berhenti dekat Stasiun Brambanan?

Jalur bis yang berhenti dekat Stasiun Brambanan adalah jalur 1A, yang menyediakan akses mudah bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan dengan bus.

Jalur Kereta mana yang berhenti dekat Stasiun Brambanan?

Jalur kereta yang berhenti dekat Stasiun Brambanan adalah KRL Commuter Line, yang menghubungkan stasiun ini dengan berbagai stasiun penting lainnya di jalur Yogyakarta—Solo.

Di mana stasiun kereta terdekat ke Stasiun Brambanan di Klaten?

Stasiun kereta terdekat ke Stasiun Brambanan di Klaten adalah Stasiun Brambanan itu sendiri, yang dapat dijangkau dalam waktu 1 menit berjalan kaki.

Pukul berapa Kereta pertama ke Stasiun Brambanan di Klaten?

Kereta pertama yang menuju Stasiun Brambanan di Klaten adalah KRL Commuter Line, yang tiba pada pukul 04.46.

Pukul berapa Kereta terakhir ke Stasiun Brambanan di Klaten?

Kereta terakhir yang menuju Stasiun Brambanan di Klaten adalah KRL Commuter Line, yang tiba pada pukul 21.30.

Berapa tarif Kereta ke Stasiun Brambanan?

Tarif kereta ke Stasiun Brambanan sekitar Rp8.000,00, menjadikannya pilihan transportasi yang terjangkau bagi masyarakat.

Kesimpulan

Stasiun Brambanan merupakan salah satu stasiun kereta api yang sangat penting di Kabupaten Klaten. Dengan lokasi strategis yang berdekatan dengan situs-situs bersejarah, stasiun ini tidak hanya melayani kebutuhan transportasi masyarakat lokal tetapi juga para wisatawan yang datang untuk mengunjungi berbagai candi dan situs bersejarah di sekitar Prambanan.

Infrastruktur yang terus ditingkatkan, termasuk perubahan tata letak jalur, pengenalan sistem persinyalan elektrik, dan elektrifikasi jalur, menunjukkan komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Layanan komuter dan barang yang terintegrasi dengan baik juga memastikan bahwa stasiun ini berfungsi secara optimal untuk berbagai kebutuhan transportasi.

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api KRL Tanah Abang Serpong Hari Ini Terbaru

Sebagai salah satu stasiun tertua dengan nilai sejarah yang tinggi, Stasiun Brambanan tidak hanya menjadi saksi bisu perjalanan waktu tetapi juga terus berkembang mengikuti tuntutan zaman. Dengan segala fasilitas dan layanan yang tersedia, stasiun ini terus berkontribusi dalam memudahkan mobilitas masyarakat serta mendukung pengembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah Klaten dan sekitarnya.