Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cisauk

Stasiun Cisauk (CSK) adalah stasiun kereta api kelas III yang terletak di perbatasan antara Desa Sampora, Cisauk, dan Desa Cibogo, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Stasiun ini berada pada ketinggian +48 meter dan terletak sekitar 26 km sebelah barat dari Tanah Abang. Stasiun ini merupakan stasiun yang lokasinya paling tenggara di Kabupaten Tangerang dan hanya melayani perjalanan KRL Commuter Line.

Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cisauk Hari Ini June Tahun 2024

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cisauk

BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api Stasiun Jatinegara Terbaru

Sejarah dan Perkembangan Stasiun Cisauk

Stasiun Cisauk adalah salah satu stasiun penting di Kabupaten Tangerang yang telah mengalami beberapa kali renovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang. Awalnya, stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api yang digunakan untuk lalu-lalang serta persilangan kereta api. Dengan adanya proyek jalur ganda yang selesai dibangun pada tahun 2012, jalur 2 diubah menjadi sepur lurus untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Selain jalur utama, stasiun ini juga memiliki sepur badug yang digunakan untuk bongkar muat dan penyimpanan gerbong angkutan kricak. Namun, layanan kereta barang ini dihentikan pada tahun 2015, dan jalur badug tersebut dibongkar.

Pada tahun 2019, Stasiun Cisauk mengalami renovasi besar-besaran yang mengubahnya menjadi stasiun yang megah dan luas dengan fasilitas modern yang lengkap. Renovasi ini bertujuan untuk mengakomodasi rangkaian KRL dengan 12 kereta serta memenuhi standar internasional dalam hal fasilitas dan kenyamanan.

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cisauk

Bangunan dan Tata Letak Stasiun Cisauk

Bangunan baru Stasiun Cisauk dirancang dengan gaya arsitektur minimalis futuristik. Fasilitas yang tersedia di stasiun ini meliputi ruang tunggu yang nyaman, toilet, fasilitas difabel, skybridge, serta ruang khusus untuk wanita menyusui. Bangunan ini didesain untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi penumpang, dengan fasilitas modern yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meskipun bangunan baru telah dibangun, bangunan lama yang merupakan peninggalan Staatspoorwegen (SS) tetap dipertahankan. Ruangan PPKA yang merupakan bagian dari bangunan lama stasiun ini masih digunakan hingga sekarang. Selain itu, sisa peron rendah lama yang terletak di antara jalur 1 dan jalur 2 juga tetap dipertahankan, memberikan sentuhan sejarah pada stasiun yang telah direnovasi.

Layanan Kereta Api di Stasiun Cisauk

Stasiun Cisauk melayani satu rute utama KRL Commuter Line, yaitu rute Tanah Abang–Rangkasbitung. Layanan ini sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun, terutama bagi mereka yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta. Berikut adalah rincian layanan kereta api di Stasiun Cisauk:

  • Commuter Line Rangkasbitung: Relasi perjalanan dari Tanah Abang ke Rangkasbitung. Rute ini menghubungkan wilayah Tangerang dengan pusat kota Jakarta, menawarkan kenyamanan dan kecepatan bagi penumpang.
BACA JUGA :  Jadwal Kereta Api Stasiun Merak Cilegon Serang Rangkas Terbaru

Layanan KRL Commuter Line di rute ini menawarkan kenyamanan dan kecepatan bagi penumpang, dengan fasilitas yang memadai di setiap kereta. Penumpang dapat menikmati perjalanan yang cepat dan bebas dari kemacetan, membuat rute ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas.

Antarmoda Pendukung di Stasiun Cisauk

Stasiun Cisauk juga terhubung dengan berbagai moda transportasi umum lainnya, memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai tujuan. Beberapa layanan angkutan umum yang tersedia di sekitar Stasiun Cisauk antara lain:

BSD Link

  • Avani Club House—Terminal Intermoda BSD—The Icon—Terminal Sektor 1.3
  • Terminal Intermoda BSD—Greenwich Park (via AEON Mall BSD City, berlawanan jarum jam)
  • Terminal Intermoda BSD—Greenwich Park (via Foresta, searah jarum jam)
  • Terminal Intermoda BSD—Edutown—Vanya Park

Layanan angkutan umum ini memberikan kemudahan bagi penumpang untuk mencapai stasiun dari berbagai lokasi di sekitar Kabupaten Tangerang. Selain itu, angkutan umum ini juga memudahkan penumpang yang tiba di Stasiun Cisauk untuk melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan akhir dengan mudah.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan KRL Commuter Line

Menggunakan KRL Commuter Line memiliki berbagai manfaat dan keuntungan bagi penumpang. Selain menawarkan perjalanan yang cepat dan bebas dari kemacetan, layanan KRL Commuter Line juga menyediakan kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Kereta api yang digunakan dalam layanan ini dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pendingin udara, tempat duduk yang nyaman, dan kebersihan yang terjaga.

Selain itu, frekuensi keberangkatan yang tinggi memungkinkan penumpang untuk memiliki fleksibilitas dalam memilih waktu keberangkatan. Hal ini sangat penting bagi mereka yang memiliki jadwal yang ketat atau yang sering berpergian pada jam-jam sibuk. Dengan adanya KRL Commuter Line, mobilitas penduduk di kawasan Tangerang dan sekitarnya menjadi lebih mudah dan efisien.

BACA JUGA :  Info Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Cibinong

Kesimpulan

Stasiun Cisauk adalah stasiun kereta api yang penting di Kabupaten Tangerang. Meskipun ukurannya kecil, stasiun ini memainkan peran besar dalam menyediakan akses transportasi yang nyaman dan efisien bagi masyarakat sekitar. Dengan bangunan yang telah direnovasi dan fasilitas yang memadai, Stasiun Cisauk terus berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas penumpang di wilayah tersebut. Akses yang baik ke berbagai moda transportasi lainnya juga membuat stasiun ini menjadi pilihan utama bagi banyak penumpang.